Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kamu Pemula? Begini Cara Belajar A Level yang Mudah Dipahami

A Level lister

Kuliah ke luar negeri masih menjadi impian bagi sebagian banyak orang. Tapi untuk mewujudkannya, pintar saja tidak cukup, kamu perlu mengetahui persyaratan, tata cara, dan biaya pendidikan di luar negeri. Salah satu persyaratan yang wajib kamu penuhi adalah mengikuti program A Level.

Apa itu A Level?

Cambridge International Advanced Levels (A Level) adalah sebuah kualifikasi berbasis mata pelajaran yang biasanya diambil dalam 2 tahun terakhir pada tingkat sekolah menengah atas. Diadakan sejak tahun 1951, kualifikasi ini diselenggarakan oleh Cambridge Assessment International Education, sebagai bagian dari University of Cambridge.

Menguasai A-Level membutuhkan proses yang panjang. Kamu bisa mempelajarinya secara mandiri ataupun bersama seorang tutor atau guru yang berpengalaman. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak suka belajar secara mandiri tanpa guru, kamu bisa bergabung di Lister pada program persiapan A-Level Online.

Program Persiapan tes A level (Advanced Level) ditujukan bagi siswa yang berusia 16-19 tahun sebelum berkuliah di universitas atau perguruan tinggi dengan tujuan berkuliah pada jurusan tertentu di kampus ternama seluruh dunia seperti Harvard University, Oxford University, Cambridge University, National University of Singapore dan beberapa kampus ternama yang menggunakan A Level sebagai syaratan pendaftarannya.

Ayo, perdalam materi A Level kamu dengan ikut Kursus Online Persiapan A Level di Lister! Program belajar A Level yang ramah untuk berbagai subject/minat siap membantu kamu lolos di kampus impian!

Alasan Perlu Belajar A Level

Alevel dapat membantu kamu mendapatkan tempat di perguruan tinggi atau universitas di dalam atau di luar negeri. Memulai karir yang kamu inginkan.

Mencari tahu lebih lanjut subyek yang kamu sukai.

Program ini diakui secara internasional dan dibutuhkan untuk masuk ke beberapa program universitas. Rencana pembelajaran yang disusun berwawasan internasional namun mempertahankan kearifan lokal.

Silabus dibuat secara spesifik untuk siswa internasional yang isinya disesuaikan dengan berbagai macam jenis sekolah dan menghindari bias budaya.

Konteks atau contoh yang digunakan dalam silabus dan pertanyaan ujian memiliki kepekaan budaya dalam konteks internasional.

Selain di Inggris, sertifikat ujian A Level juga banyak diakui di sejumlah universitas lainnya di seluruh dunia.

Cara Belajar A Level Otodidak Secara Mandiri

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, A Level adalah ujian kualifikasi internasional bagi para calon mahasiswa yang akan masuk ke berbagai universitas ternama di luar negeri, khususnya Inggris. Dilihat dari jenis soalnya, materi A Level cukup kompleks dan sulit sehingga perlu persiapan yang matang!   

Tips belajar A-Level secara otodidak

  • Kenali jenis A-Level test yang kamu butuhkan (subjek materinya)
  • Pahami format atau struktur tes pada A-Level
  • Membiasakan diri berlatih soal-soal A-Level sebelumnya dan memahami cara menjawabnya
  • Membiasakan diri membaca, menulis, mendengar materi/konten bahasa Inggris pada subjek seperti Business and EconomicsComputingEnglishHumanitiesMathematicsScience dan Social Sciences.
  • Sudah mahir di kemampuan Academic English, karena akan sangat membantu dalam pengerjaan A-Level nantinya.

Jika kamu merasa masih pada level dasar dan belum mahir pada kemampuan bahasa Inggris A-Level, kamu bisa belajar atau mengambil program Academic English terlebih dahulu.