Definisi, Rumus & Contoh Kalimat Prohibition Bahasa Inggris

Kalimat Prohibition Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Pada waktu pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dulu, kamu tentunya pernah diajarkan mengenai materi kalimat prohibition bahasa Inggris atau kalimat larangan, bukan? 

Kalimat tersebut biasanya sering kali menggunakan kata – kata don’t ataupun mustn’t. Namun, jika kamu sendiri mungkin saja masih bingung mengenai kalimat larangan dalam bahasa Inggris, maka bisa menyimak penjelasan lengkap dari Lister di artikel berikut ini. 

Sekilas definisi tentang prohibition

Jika ditanya mengenai apakah itu kalimat prohibition bahasa Inggris, maka bisa diartikan sebagai sebuah kata atau kalimat yang sering kali dipakai dalam kehidupan sehari – hari untuk menyatakan larangan dalam bahasa Inggris. 

Di dalam kalimat larangan ini, biasanya berisikan mengenai suatu perintah atau aturan khusus yang melarang seseorang untuk melakukan tindakan. Baik itu karena memang adanya alasan tersendiri ataupun tidak ada alasan di dalamnya. 

Kita ambil contoh di sini, jika suatu waktu kamu melihat ada orang yang ingin meminum minuman kepunyaanmu di meja, kemudian kamu langsung melontarkan kalimat “Jangan minum minumanku di meja itu!. Kalimat yang kamu ucapkan tersebut dinamakan sebagai kalimat larangan atau kalimat prohibition bahasa Inggris. 

Baca juga: 8 Bagian Tubuh Manusia dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Rumus kalimat prohibition bahasa Inggris

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa dalam expression of prohibition biasanya terdapat beberapa rumus pembentuk kalimat larangan dalam bahasa Inggris tersebut. Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir lantaran mengenai rumus – rumus yang digunakan di sini sangat gampang untuk dihafal. 

Hal ini dikarenakan, rumus yang digunakan tersebut terbilang sangat sederhana dan singkat. Terlebih lagi, sebagian besar pembentuk kalimat larangan dalam bahasa Inggris sendiri hanya menggunakan modal verbs seperti halnya can, may dan must serta disertai frasa larangan.

Sehingga meskipun modal verbs yang digunakan dengan frasa larangannya terbilang cukup berbeda, akan tetapi disini masih dapat menggunakan rumus command and prohibition yang sama. 

Baca juga: 15 Contoh Kalimat Will dan Going To, Lengkap Dengan Rumusnya!

Kamu lebih paham mengenai rumus dari kalimat larangan dalam bahasa Inggris satu ini, maka bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

  • Rumus don’t / do not + verb 1 
  • Rumus menggunakan subject + can / may / must (ditambah not) + verb 1
  • Rumus menggunakan subject + to be + kata – kata larangan + to + verb 1
  • Rumus menggunakan subject + to be + (not) Allowed / Permitted + to + verb 1 

Modal verbs dan frasa serta contoh kalimat prohibition bahasa Inggris

Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam bahasa Indonesia biasanya akan menggunakan kata – kata seperti halnya jangan, dilarang, tidak boleh dan lain sebagainya dalam menyatakan kalimat larangan. 

Hal itulah juga yang digunakan dalam kalimat prohibition bahasa Inggris. Yang mana, di dalam kalimat ini biasanya berisikan sekumpulan frasa yang dapat dipakai untuk mengekspresikan larangan yang dilengkapi dengan rumus pembentuk kalimatnya.

Lantas apa saja contoh modal verbs dan frasa serta contoh kalimat larangan dalam bahasa Inggris yang bisa dipahami dan sering digunakan dalam percakapan sehari – hari? 

Kamu yang ingin lebih mengenal dan memahami contoh kalimat prohibition bahasa Inggris di rumah maupun di tempat – tempat umum lainnya, bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

1. Penggunaan do not / don’t

Modal penggunaan do not atau sering disingkat menjadi don’t satu ini sering kali menjadi salah satu jenis frasa contoh kalimat prohibition bahasa Inggris di tempat umum. Dalam membuat kalimat larangan bahasa Inggris menggunakan frasa satu ini, kamu disini hanya perlu menambahkan verb 1 setelah penggunaan kata do not / don’t. 

Contoh kalimat penggunaan don’t dalam percakapan sehari – hari :

  • Don’t sing in this room! (Jangan menyanyi di ruangan ini!).
  • Don’t touch my book! (Jangan menyentuh buku punyaku!).
  • Don’t be lazy! (Jangan malas!) sebagai contoh nominal prohibition.

2. Penggunaan can, must, may (not) 

Jika tadi merupakan modal verb dengan menggunakan kata do not / don’t, maka selanjutnya ada penggunaan modal verbs dengan can, must, may (not) yang dipakai untuk menciptakan kalimat larangan dalam bahasa Inggris. 

Adapun dari ketiga modal verbs tersebut, penggunaan kata can yang dikatakan sebagai kata yang paling informal. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk menggunakan ketiga verbs tersebut, menggunakan rumus subject + can / must / may (not) + verbs 1. 

Contoh kalimat dari penggunaan verbs ini, yakni sebagai berikut :

  • You can not drink in the library! (Kamu tidak diperbolehkan minum di perpustakaan!).
  • Childrens must not bring must not sharp weapons in this school! (Anak – anak tidak diperbolehkan membawa senjata tajam di sekolah!). 

3. Penggunaan be forbidden / be prohibited 

Selanjutnya jika kamu ingin menyatakan kalimat larangan bahasa Inggris dalam bentuk formal, maka bisa menggunakan kata – kata forbidden dan juga prohibited. Yang mana dalam menyajikan kalimatnya, kamu perlu menggunakan rumus subject + to be + forbidden / prohibited + to + verb. 

Adapun untuk contoh kalimat verbal prohibition dengan verb forbidden / prohibited, yakni sebagai berikut :

  • He is forbidden to swim in this area! (Dia tidak diizinkan untuk berenang di area ini!).
  • Children are prohibited to enter this room! (Anak – anak dilarang memasuki ruangan ini!). 

4. Penggunaan not allowed / not permitted 

Terakhir, ada frasa not allowed / not permitted yang sering digunakan dalam melarang sesuatu dalam bentuk lisan maupun tulisan. Untuk menggunakannya, kamu bisa menyimak beberapa contoh penggunaan kedua frasa tersebut dalam kalimat berikut ini.

  • Participants are not allowed to bring cameras in this class! (Para peserta tidak diizinkan untuk membawa kamera di dalam kelas ini!).
  • She is not permitted to play doll! (Dia tidak diizinkan bermain boneka!). 

Selain dalam bentuk kalimat yang singkat tersebut, kalimat prohibition bahasa Inggris biasanya juga sering digunakan dalam berbagai percakapan sehari – hari. Oleh karena itulah, kamu bisa menggunakan kalimat larangan bahasa Inggris ini untuk menambah kosakata bahasa Inggrismu.

Kalimat prohibition bahasa Inggris, juga dikenal sebagai “negative imperatives,” adalah jenis kalimat yang digunakan untuk melarang atau mengecam sesuatu.

Jenis kalimat bahasa Inggris tersebut menunjukkan pernyataan larangan atau pantangan untuk suatu tindakan. Dalam artian, kata kerja utama ini digunakan tanpa disertai subjek. 

Dengan mengetahui penjelasan seputar kalimat prohibition bahasa Inggris, kamu bisa mengetahui lebih banyak seputar penggunaannya dan arti dibalik kalimat tersebut. 

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.