Kaidah Kebahasaan Teks Biografi, Catat 6 Hal Penting Ini!

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Menciptakan teks biografi yang berkualitas membutuhkan pemahaman tentang berbagai aspek. Salah satu yang terpenting adalah kaidah kebahasaan teks biografi.

Membaca atau menulis teks biografi bisa menjadi cara yang bagus untuk mengenal lebih dalam tentang seseorang. Namun, apakah kamu tahu bagaimana cara menulis kaidah kebahasaan teks biografi dengan benar?

Pengertian Teks Biografi

Sebelum beranjak ke inti pembahasan kaidah kebahasaan teks biografi, pelajari terlebih dahulu apa itu teks biografi. Dilansir dari berbagai sumber, teks biografi adalah sebuah genre penulisan yang menyajikan kisah hidup seseorang yang nyata.

Teks biografi ini bukanlah hasil rekaan, melainkan berdasarkan fakta dan penelitian mendalam tentang individu yang bersangkutan. Tujuan dari teks biografi, yakni memberikan gambaran menyeluruh tentang kehidupan seseorang.

Hal ini bisa mencakup detail tentang latar belakang keluarga, pendidikan, karir, prestasi, tantangan, dan pengaruhnya terhadap masyarakat atau bidang yang ditekuninya. Pengumpulan informasi dalam teks biografi harus dilakukan secara cermat.

Pun sumber informasi bisa berasal dari wawancara langsung, buku, artikel, surat, dan dokumen resmi lainnya. Kredibilitas sumber informasi sangat penting untuk menghasilkan teks biografi yang akurat dan dapat dipercaya.

Baca Juga: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Deskripsi

Jenis Teks Biografi

Salain unsur kaidah kebahasaan teks biografi, ada beberapa jenis teks ini yang perlu kamu ketahui. Pengetahuan ini berguna agar teks biografi yang akan kamu tulis tepat dengan sasaran atau tujuan yang hendak dicapai.

Diketahui setidaknya ada dua jenis teks biografi yang umumnya dipakai:

  • Biografi: Biografi adalah cerita tentang kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain. Penulis biografi harus melakukan penelitian mendalam untuk menggambarkan subjek dengan akurat.
  • Autobiografi: Autobiografi adalah cerita tentang kehidupan seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri. Hal ini memberi sudut pandang pribadi dan wawasan yang unik tentang pengalaman subjek.

Struktur Teks Biografi

Dalam penulisan teks biografi, ada struktur khusus yang biasanya diikuti untuk memastikan bahwa informasi disajikan secara logis dan koheren. Struktur ini terdiri dari tiga bagian utama: Orientasi, Kejadian Penting, dan Reorientasi.

1. Orientasi

Orientasi adalah bagian pendahuluan dari teks biografi. Ini adalah tahap di mana pembaca diperkenalkan dengan subjek biografi.

Orientasi biasanya mencakup: (1) Identitas Subjek: Nama lengkap, julukan, atau gelar yang dikenal. (2) Latar Belakang: Asal, pendidikan, keluarga, dan konteks sosial lainnya. (3) Pengantar Karier atau Kontribusi: Ringkasan awal tentang apa yang membuat subjek terkenal atau penting.

2. Kejadian Penting

Bagian ini adalah inti dari teks biografi dan mencakup peristiwa-peristiwa signifikan dalam kehidupan subjek. Kejadian Penting biasanya disusun secara kronologis dan dapat mencakup: Pendidikan dan Pembelajaran: Sekolah, perguruan tinggi, mentor, dan pengalaman belajar lainnya.

  • Karier dan Prestasi: Pekerjaan, promosi, penghargaan, dan pencapaian lain dalam bidang profesional.
  • Kehidupan Pribadi: Perkawinan, anak, hobi, dan aspek pribadi lainnya.
  • Tantangan dan Konflik: Hambatan, kegagalan, krisis, dan bagaimana subjek mengatasi mereka.
  • Pengaruh dan Warisan: Bagaimana subjek telah mempengaruhi orang lain, bidangnya, atau dunia secara umum.

3. Reorientasi

Reorientasi adalah bagian penutup dari teks biografi. Ini adalah kesimpulan yang merangkum peristiwa-peristiwa penting dan mungkin mencakup (1) Refleksi: Analisis atau interpretasi tentang arti dan dampak kehidupan subjek.

(2) Warisan dan Pengaruh Lanjutan: Bagaimana kisah subjek terus berdampak setelah meninggal atau pensiun. (3) Komentar atau Kutipan dari Orang Lain: Pandangan dari teman, keluarga, kolega, atau ahli tentang subjek.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Teks biografi adalah jenis teks yang menceritakan kehidupan seseorang. Menurut buku Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia untuk Kelas 11 yang dirilis oleh Kemendikbud, ada beberapa aturan bahasa khas yang perlu diperhatikan dalam penulisan teks biografi, antara lain:

1. Penggunaan Kata Ganti Orang Ketiga yang Bersifat Tunggal

Kaidah kebahasaan teks teks biografi pertama, yaitu umumnya menggunakan kata ganti orang ketiga seperti “ia,” “dia,” atau “beliau.” Hal ini dilakukan untuk menjaga objektivitas dan menjauhkan penulis dari subjek yang diceritakan.

2. Penerapan Kata Kerja yang Menggambarkan Aksi atau Perbuatan Fisik

Selanjutnya, penerapan kata kerja yang menggambarkan aksi atau perbuahan fisik juga penting dalam kaidah kebahasaan teks biografi. Kata-kata seperti “belajar,” “membaca,” “berjalan,” atau “melempar” digunakan untuk menggambarkan perbuatan fisik yang dijalankan oleh tokoh.

3. Penempatan Kata-Kata Deskriptif

Kaidah kebahasaan teks biografi ketiga, sangat krusial saat menempatkan kata-kata yang memuat unsur deskriptif. Kata-kata yang menggambarkan sifat-sifat individu, seperti “genius,” “rajin,” atau “ulet,” membantu pembaca dalam memahami karakteristik dari tokoh yang diceritakan.

4. Penggunaan Kata Kerja dalam Bentuk Pasif

Bentuk pasif seperti “diberi,” “ditugaskan,” atau “dipilih” membantu untuk menekankan bahwa tokoh adalah subjek dari peristiwa yang diceritakan, bukan pelaku aktif. Kaidah kebahasaan teks biografi penggunaan kata kerja dalam bentuk pasir ini sering kali diabaikan oleh penulis.

5. Penerapan Kata Kerja Esmosional

Kata kerja mental seperti “memahami,” “menyetujui,” “menginspirasi,” atau “mencintai” mengilustrasikan peran dari tokoh dalam situasi tertentu, misalnya peran mental atau emosional. Kaidah kebahasaan teks biografi ini berguna supaya penggambaran tokoh yang diceritakan menjadi lebih hidup dan menarik untuk dibaca.

6. Penempatan Kata Penghubung

Penempatan kata hubung, kata depan, atau nomina yang berhubungan dengan urutan waktu juga penting diperhatikan dalam kaidah kebahasaan teks biografi. Pemakaian kata-kata seperti “sebelum,” “sudah,” atau “pada saat” penting untuk menggambarkan urutan waktu dalam narasi, sehingga pembaca dapat mengikuti alur cerita dengan lebih mudah.

Secara keseluruhan, penulisan teks biografi memerlukan pemahaman yang mendalam tentang aturan-aturan dan kaidah kebahasaan teks biografi yang spesifik. Hal ini penting untuk menyajikan gambaran yang akurat dan objektif tentang kehidupan seseorang.

Enam hal kaidah kebahasaan teks biografi ini bukan hanya menunjang estetika penulisan, tetapi juga fungsi komunikasi teks biografi itu sendiri. Dengannya membantu pembaca dalam memahami dan menyelami cerita kehidupan yang diceritakan.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Bahasa Inggris untuk Belajar Speaking

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.