Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Kaidah 5 Nada dalam Bahasa Mandarin, Pernah Dengar?

Nada bahasa Mandarin

Seperti pembahasan sebelumnya, bahasa Mandarin adalah bahasa yang menyimpan sejuta fakta menarik bagi pecintanya. Termasuk tentang pentingnya nada dalam berbahasa Mandarin. Pernah dengar adanya kaidah 5 nada dalam bahasa Mandarin? Apa saja 5 nada itu?

Kaidah 5 nada adalah aturan pelafalan nada dalam bahasa Mandarin yang berguna untuk menandai karakter berbeda yang suku katanya sama.

Lalu, mengapa memperhatikan nada dalam berbahasa Mandarin begitu penting?

Hal ini karena bahasa Mandarin adalah bahasa tonal yang membuat pelafalan nada menjadi penting kedudukannya.

Mandarin memiliki lima nada (empat nada utama dan nada netral). Beberapa kata terlihat sama dan dieja sama, namun nada pada huruf-huruf kuncilah yang membedakannya.

Language Learning Call GIF by Izispik

5 Nada dalam Bahasa Mandarin

  1. Nada pertama, tinggi dan datar. Nada suara tetap (monoton) di seluruh suku kata saat mengucapkan nada pertama. Ia diwakili oleh garis horizontal lurus (¯) di atas huruf Pinyin (atau kadang-kadang dengan angka “1” yang ditulis setelah suku kata).
  2. Nada kedua atau nada naik. Nadanya sama dengan nada saat bertanya. Nada kedua diwakili oleh garis yang naik (´) di atas huruf Pinyin (atau kadang-kadang oleh angka “2” tertulis setelah suku kata).
  3. Nada ketiga atau nada turun naik dengan lambang ˇ . Saat diucapkan dengan cepat, nada ini terdengar rendah dan datar.
  4. Nada keempat atau nada turun dengan lambang . Terdengar tegas saat diucapkan.
  5. Nada kelima atau nada netral tanpa lambang apapun.

Lambang pelafalan nada ini hanya nampak di Pinyin (romanisasi aksara Cina). Di aksara Cina-nya sendiri tidak ada penanda nada, sehingga harus dihafal.

Contoh

  1. 妈 (mā/ma1) artinya mama/ibu
  2. 麻 (má/ma2) artinya rami
  3. 马 (mǎ/ma3) artinya kuda
  4. 骂 (mà/ma4) artinya marah
  5. 吗 (ma) artinya apakah (kata tanya untuk pertanyaan ya dan tidak)

Itulah penjelasan tentang kaidah 5 nada dalam bahasa Mandarin yang bisa menambah referensi dalam belajar. Semoga membantu!