Jurusan Antropologi: Pengertian, Materi, hingga Prospek Kerja

Jurusan Antropologi

Kursus bahasa Inggris untuk remaja – Jurusan antropologi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang mendalami kajian tentang manusia, budaya, dan masyarakat. 

Ilmu yang akan dipelajari memungkinkan kamu untuk memahami lebih banyak tentang beragam aspek kehidupan manusia, seperti sejarah, bahasa, kepercayaan, nilai-nilai, struktur sosial, dan perubahan sosial dalam berbagai konteks budaya. 

Simak penjelasan seputar jurusan antrologi yang meliputi materi yang akan diajarkan hingga prospek kerja. 

Ilmu antropologi

Sebelum mengenal lebih jauh seputar jurusan antropologi, ada baiknya untuk mendalami dulu ilmu antropologi. 

Dilansir dari beberapa sumber, salah satunya dalam buku The Study of Antropology yang terbit pada tahun 1975 oleh David E. Hunter. Menurutnya, antropologi merupakan suatu ilmu yang lahir dari adanya keingintahuan tak terbatas seputar umat manusia. 

Ditambahkan dari laman Britannica, ilmu antropologi merupakan ilmu pengetahuan tentang manusia mulai dari biologi hingga ciri atau kebiasaan manusia dengan budaya. 

Adanya keberagaman pada manusia membuatnya berbeda dengan makhluk lainnya di dunia. Sejak pertengahan abad ke-20, ada banyak sekali bidang yang terspesialisasi termasuk antropologi. 

Secara kelompok, ilmu antropologi memiliki banyak cabang dari konstruksi sosial dan budaya, seperti antropologi budaya, antropologi sosial, antropologi linguistik, dan antropologi psikologis. 

Ilmu antropologi pada tahun 1950an berkembang pesat dan menjadi salah satu fokus sebuah lembaga sebagai ilmu disiplin daerah Eropa Barat dan Amerika Utara. 

Di abad ke 20 inilah, dimana para peneliti mempelajari dan mendapatkan rincian informasi detail seputar keadaan sosial, budaya, sejarah, dan material seseorang. 

Ada pun untuk metode penelitian atau penyelidikan, ilmu antropologi memuat prinsip analsisi ilmiah dengan mengedepankan ekspresif dan simbolik dari tindakan yang dilakukan oleh manusia. 

Daftar jurusan antropologi di Indonesia

Kamu bisa menemukan jurusan antropologi di beberapa universitas negeri di Indonesia. Studi yang mempelajari tentang ciri dan kesamaan suatu masyarakat dan budaya kemudian diteliti mulai dari etika, budaya, dan pola pikirnya. 

Jika kamu berniat untuk mengambil konsentrasi atau tertarik pada penelitian yang berkaitan seperti itu. Kamu bisa coba mendaftar jurusan antropologi yang ada di beberapa universitas berikut ini. 

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Sumatera Utara

Beberapa universitas terbaik Indonesia tersebut sudah terakreditasi dengan baik oleh BAN-PT. Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk materi pembelajaran, kualitas dosen, hingg fasilitas yang diberikan.

Mata kuliah jurusan antropologi

Jurusan antropologi menawarkan berbagai mata kuliah yang membantu mahasiswa menjelajahi aspek penting tentang manusia, budaya, dan masyarakat. 

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan diajak untuk memahami sejarah, bahasa, ritual, dan struktur sosial yang menjadi ciri khas berbagai kelompok manusia di seluruh dunia. 

Dilansir dari laman Antropologi FIB UGM, mata kuliah muatan jurusan antropologi untuk sarjana di antaranya ada, 

  • Memperkenalkan perkembangan antropologi
  • Menunjukkan kekhasan antropologi di Indonesia
  • Pengantar antropologi ragawi
  • Pengantar historiografi

Tak hanya seputar materi kuliah jurusan saja, tetapi mahasiswa juga akn diberikan mata kuliah universitas, fakultas, departemen, hingga prodi. 

Prospek kerja jurusan antropologi

Prospek kerja dalam bidang antropologi menawarkan peluang yang menarik dan beragam bagi lulusan. 

Jurusan antropologi mempersiapkan individu untuk menjadi pemaham budaya yang sangat berharga dalam berbagai sektor, termasuk riset, pengembangan komunitas, pelestarian budaya, dan sektor non-pemerintahan. 

Lister rangkum, beberapa prospek kerja jurusan antropologi berikut ini.

Bekerja di lembaga penelitian

Jurusan antropologi sangat bisa mendapatkan peluang untuk berkarier di lembaga penelitian. 

Dalam era informasi dan globalisasi seperti saat ini, lembaga penelitian sangat membutuhkan ahli antropologi yang mampu mendalami berbagai aspek budaya dan masyarakat di berbagai konteks.

Lulusan dari jurusan antropologi memiliki kemampuan untuk melakukan riset lapangan yang mendalam, analisis kualitatif, serta pemahaman yang kuat tentang perbedaan budaya dan struktur sosial.

Bekerja di lembaga pendidikan 

Seorang lulusan jurusan antropologi juga bisa mendapatkan kesempatan untuk berkarier di lembaga pendidikan sebagai dosen. 

Dalam lingkungan pendidikan, para ahli antropologi memainkan peran penting dalam memahami dan merangsang minat siswa dalam memahami keanekaragaman budaya dan masyarakat. 

Keahlian mereka dalam analisis sosial dan pemahaman mendalam tentang keragaman manusia membuat mereka menjadi aset berharga dalam membantu siswa memahami dan menghargai budaya-budaya di dunia. 

Mengapa perlu memilih dan mengambil jurusan antropologi

Ada banyak alasan mengapa memilih jurusan antropologi yaitu ilmu antropologi mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan analisis kualitatif, pemahaman interkultural, dan kemampuan berpikir kritis yang sangat berharga dalam berbagai bidang pekerjaan.

Selain itu, lulusan antropologi juga dapat berkontribusi dalam memecahkan masalah sosial dan budaya yang kompleks, serta merumuskan solusi yang berkelanjutan.

Melihat dari apa yang dipersiapkan oleh jurusan antropologi membuat setiap individu akan dengan siap menghadapi tantangan dalam dunia bekerja.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus bahasa Inggris untuk remaja di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Zen Chung di Pexels.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 50% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.