7 Jenis Metode Pembelajaran, Bekal untuk Mengajar

metode pembelajaran

Kursus Speaking Local – Dalam pendidikan, metode pembelajaran dapat bervariasi mulai dari pembelajaran konvensional hingga interaktif. 

Dari segi pengajarannya, sedikitnya ada tujuh metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk menyampaikan hingga memotivasi siswa dalam kelas. 

Apa itu metode pembelajaran?

Masih bingung dengan arti dari metode pembelajaran? Bagi pengajar, cara mengajar menjadi salah satu hal penting dan tidak boleh dilewatkan untuk disiapkan.

Menurut definisinya, metode pembelajaran merupakan strategi atau cara yang digunakan oleh pengajar, pendidik, atau guru dalam mengajar untuk membantu siswa memahami dan menguasai materi pelajaran secara efektif dan efisien.

Adapun dilihat dari tujuan utama dari penggunaan metode pembelajaran adalah menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman siswa.

Dalam setiap prakteknya, pengajar bisa saja mengganti metode pembelajaran yang direncanakan guna mencapai target pemahaman dari setiap siswa di kelas. 

Namun, tidak boleh sembarangan dalam menerapkan learning methods. Perlu adanya persiapan waktu untuk bisa mendapatkan pilihan metode pengajaran yang tepat. 

Mengapa adanya metode pembelajaran yang berbeda-beda?

Diketahui ada banyak sekali learning methods yang biasa digunakan oleh para pengajar di seluruh dunia. Hal tersebut, didapatkan dari adanya cara untuk mendukung visi misi dalam mencapai tujuan. 

Terutama bagi siswa yang ingin melakukan pembelajaran secara mandiri atau kelompok. Tentu saja, pengajar lebih dihadapkan pada metodologi pemelajaran yang bervariasi. 

Selain itu, dengan adanya metodologi pembelajaran yang banyak dan luas, bisa membuat para pendidik memiliki banyak pengalaman belajar yang menarik dan pengembangan keterampilan dan kompetensi setiap siswa.

Jenis metode pembelajaran

Mengenal metode pembelajaran lebih spesifik. Pasalnya, itu adalah salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan yang memiliki dampak besar terhadap proses pembelajaran dan pemahaman siswa.

Metode pembelajaran mengacu pada pendekatan, teknik, atau strategi yang digunakan oleh guru atau instruktur untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada siswa.

Oleh karena itu, simak pembelajarannya berikut ini.

Metode diskusi

Macam metode pembelajaran yang pertama ini, metode diskusi adalah cara mengajar yang bersifat terbuka dan kolaboratif antara guru dan siswa. 

Para peserta atau siswa akan dihadapkan dengan berbagai sudut pandang, gagasan orang lain, hingga bagaimana caranya dalam mengekspresikan diri.

Metode ceramah

Metode ceramah atau dalam bahasa Inggrisnya adalah lecture method. Metode ini menerapkan guru yang lebih banyak berbicara dan aktif menjelaskan di dalam kelas. 

Metode ini juga biasa disebut dengan konvensional. Konsepnya, guru aktif sementara siswa pasif. Setiap pengajar wajib menerapkan strategi yang berbeda untuk meningkatkatkan pemahaman siswa.

Metode kerja kelompok

Selanjutnya ada metode pembelajaran jenis kerja kelompok. Cara ini mengacu pada pengalaman siswa dalam bekerja dan belajar secara bersama. 

Tentu saja, cara mengajar ini bisa mendorong interaksi antar teman sehingga menciptakan suasana kelas yang lebih aktif. 

Metode resitasi

Metode pembelajaran yang satu ini berupa hafalan. Jadi, siswa atau peserta didorong untuk mengulang sesuatu dengan tujuan yang positif. 

Peserta akan mendengarkan guru atau pengajar kemudian mengulang apa yang telah disampaikan. Metode ini melibatkan banyak skill yaitu membaca, mendengarkan, dan berbicara dengan baik dan runtut.

Metode tanya jawab

Metode pembelajaran tanya jawab lebih fokus pada siswa untuk merangkai pertanyaan. 

Pertanyaan yang dirancang memiliki tujuan untuk mendorong dan menantang siswa dalam memperbaiki

pemahaman dari teori yang diberikan. Siswa diminta untuk mengekspresikan dan mendiskusikan ide-ide mereka sendiri dengan siswa lain dan instruktur.

Metode eksperimen atau percobaan

Metode yang sering muncul dalam kelas kimia, metode eksperimental melibatkan sikap atau perubahan pada peserta dalam meneliti sebuah hopotesis. 

Pengajaran ini juga memberikan siswa pada beberapa hal seperti dengan menunjukkan adanya perbandingan.

Metode eksperimen memiliki beberapa keunggulan, termasuk kemampuan untuk mengendalikan variabel yang memengaruhi hasil, mengukur secara objektif efek perlakuan, dan mengidentifikasi sebab-akibat dengan lebih jelas.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Speaking Local di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Max Fischer di Pexels.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.

Click Here

Thank you!

Kode Diskon akan segera dikirimkan Tim Student Success ke Nomor WhatsApp Anda.