Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Interrogative Sentence: Pengertian, Tipe, dan Contoh Kalimat

lister blog juni tipe dan contoh interrogative sentence

Tahukah kamu?

Secara umum, jenis kalimat terdiri dari 3 yakni kalimat pernyataan, kalimat tanya, dan kalimat seru. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai kalimat tanya atau interrogative sentence dalam bahasa Inggris.

Siap? Yuk simak di bawah ini yaa!

Pengertian Interrogative sentence

Menurut laman masterclass.com, yang dimaksud dengan interrogative sentence adalah “a sentence that asks a question. Interrogative sentences can be direct or indirect, begin with or without pronouns, and feature yes/no interrogatives, alternative questions, or tag questions. Interrogative sentences often start with interrogative pronouns and end with a question mark.”

Hal ini artinya kalimat tanya adalah kalimat untuk bertanya yang bisa langsung atau tidak langsung, dengan atau tanpa kata ganti, dan ya/tidak, pertanyaan alternatif, dan pertanyaan untuk meminta klarifikasi seseorang. Kalimat ini biasanya diawali dengan kata ganti tanya dan diakhiri dengan tanda tanya (?).

Tipe Interrogative sentence

Yes No Question

Tipe yang pertama dan sering digunakan dalam percakapan adalah yes no questions. Biasanya, jenis kalimat ini dibentuk dengan cara mengganti posisi subject dan auxiliary (will, may, shall, can, must, do) atau linking verb “be” (is, am, are).

Namun jika menggunakan main verb, maka awal kalimatnya adalah do/does/did.

Jawaban dari yes-no question sesuai namanya yaitu ya atau tidak. Jenis kalimat ini cocok untuk kamu yang membutuhkan jawaban singkat, jelas, dan tertutup dari lawan bicara.

Contoh: May I ask your help? (Bolehkah saya meminta bantuanmu?)

Alternative Question

Pada jenis kalimat tanya yang kedua, Alternative question menggunakan coordinate conjunction “or” untuk menghubungkan berbagai pilihan jawabannya.

Umumnya diawali dengan auxiliary verb atau linking verb “be”, namun bisa juga dengan wh-word, terutama“which”.

Contoh: Would you like a glass of lemon tea or water? (Apakah kamu suka segelas es teh lemon atau air?)

WH Question

Wh- questions adalah what, where, why, when, which, who, whom, whose, dan how. Dalam bahasa Indonesia, sering dikenal dengan sebuatn 5W+IH. Biasanya kalimat ini digunakan untuk mencari informasi yang runut dan lengkap dari lawan bicaranya.

Contoh: Who is the main character in Ikatan Cinta movie? (Siapa tokoh utama dari film Ikatan Cinta?)

Tag Question

Tag question adalah kalimat pertanyaan pendek berupa linking verb “be”  atau auxiliary +/- not + pronoun yang ditambahkan pada akhir kalimat.

Jenis kalimat ini bisa untuk meminta ketegasan lawan bicara ataupun mengklarifikasi. Ciri khasnya adalah mencantumkan tanda koma setelah kalimat utamanya.

Contoh: Lita likes chocolates, doesn’t she? (Lita suka coklat, iya kan?)

Baca juga: Yuk Cari Tahu Lebih Lengkap Tentang Tag Questions!

Ternyata ada banyak variasi kalimat pertanyaan dalam bahasa Inggris yang mesti kamu pahami, fellas. Informasi ini sangat penting untuk menunjang kemampuan kamu dalam berkomunikasi secara lebih baik.

Yuk pelajari lebih detail melalui Program General English, belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Materi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kamu lho. Daftar sekarang!