Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Hwaiting: Istilah Bahasa Korea yang Booming di Kalangan Anak Muda

Sebagai anak muda yang hitz di zaman ini, kamu pasti tidak asing dengan tren seperti demam K-Pop, drama Korea, ataupun istilah gaul bahasa Korea, bukan? Sebenarnya dari mengenal istilah-istilah gaul bahasa Korea dan mengenal budayanya juga sebagai salah satu upaya dalam belajar bahasa Korea.

Tapi bagaimana dengan istilah “Hwaiting”? Ucapan Hwaiting sering terdengar di banyak series Korean Drama juga lho. Kira-kira apa ya maknanya?

Arti Hwaiting

Berasal dari bahasa Korea hwaiting bisa ditulis hwaiting (화이팅) atau fighting (파이팅). Meskipun mereka berbeda cara penulisannya, namun keduanya memiliki arti yang sama.

Asal katanya dari ‘fighting’ yang dalam bahasa Inggris artinya berkelahi. Sedangkan dalam bahasa Korea, hwaiting tidak berhubungan dengan perkelahian.

Dalam bahasa Indonesia hwaiting bisa diartikan sebagai sebuah ucapan “semangat!”. Kata ini memang digunakan untuk memberi semangat dan dukungan buat orang lain.

Selain itu, kata ini juga bisa digunakan untuk menyemangati atau bahkan menghibur terman terdekat.

Contoh Kalimat Hwaiting dalam Bahasa Korea dan Artinya

Kamu sedang mencari inspirasi untuk memberi semangat menggunakan bahasa Korea? Pakai saja istilah Hwaiting! Di bawah ini adalah contoh-contoh kalimat hwaiting dan artinya yang bisa menjadi referensi!

내가 응원할게, 화이팅! (naega eungwonhalge, hwaiting!)

Aku mendukungmu, semangat!

잘해보자 화이팅 (jalhaeboja hwaiting)

Ayo lakukan yang terbaik, fighting!

넌 할 수 있어 화이팅 (noen hal su isseo hwaiting!

Kamu pasti bisa, ayo semangat!

화이팅 포기하지마! (hwaiting pogihajima!)

Semangat jangan menyerah!

Dari contoh kalimat di atas, mana kalimat bernada semangat yang ingin kamu pakai?