HSE adalah Prosedur Keamanan di Tempat Kerja, Seperti Apa?

HSE adalah

Kursus Business English  – Tahukah kamu? HSE adalah bagian yang sangat melekat dengan dunia perusahaan, industri, hingga institusi yang fungsinya sebagai penanggung jawab untuk urusan kesehatan, keselamatan kerja, dan pengelolaan lingkungan di tempat kerja. Namun, seperti apa tugas, tanggung jawab, dan penerapannya?

HSE adalah

HSE adalah singkatan dari health, safety, dan environment yang merupakan serangkaian proses dan prosedur yang mengidentifikasi potensi bahaya pada lingkungan kerja tertentu. Pengembangan praktik HSE dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan bahaya serta melatih karyawan untuk pencegahan kecelakaan atau respons terhadap sesuatu yang mengancam.

Di Indonesia sendiri, HSE disebut K3 atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Dalam perkembangannya, HSE menjadi bagian atau divisi khusus yang ada dalam struktur internal suatu perusahaan.

Secara singkat, fungsinya untuk memastikan pengelolaan keselamatan, kesehatan, dan lingkungan kerja secara general. HSE berada di bawah departemen sumber daya manusia (SDM) karena berkaitan dengan keselamatan karyawan di tempat kerja.

Tujuan HSE

Adapun tujuan HSE adalah sebagai berikut;

  • Mencegah kecelakaan yang menyebabkan cedera fisik
  • Mencegah penurunan atau hilangnya penghasilan
  • Mengurangi risiko tuntutan hukum
  • Tuntutan kompensasi
  • Meningkatkan kepercayaan karyawan

Cara Menerapkan HSE

Berikut ini cara menerapkan HSE sesuai aturan UU Tenaga Kerja yang diimplementasikan oleh pemilik usaha atau perusahaan yang menerapkan K3 secara terstruktur adalah:

  • Memberi pelatihan K3 dasar kepada seluruh karyawan secara berkala
  • Menyediakan fasilitas kesehatan dan tanggap darurat di perusahaan
  • Membuat arahan atau manajemen keselamatan diri di kantor (poster, tanda jalan)
  • Menyediakan alat-alat keselamatan seperti pemadam api dalam ruangan (fire sprinkle, hydrant, APAR) dan penjelasan cara kerjanya
  • Membuat dan mensosialisasikan proses evakuasi darurat kepada seluruh karyawan perusahaan
  • Memberikan penanganan kesehatan darurat terhadap kecelakaan secara tanggap

Kursus Business English, Saatnya Raih Peluang Karier Lebih Luas 

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Cari tahu pengalaman mereka di Testimoni Alumni.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo Ramadan 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.