Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Geschiedenis, Istilah Sejarah dari Bahasa Belanda

Sejarah dalam bahasa Belanda, Lister

Berbicara mengenai sejarah hakikatnya ia mengandung makna yang dalam dan luas. Namun jika meniliki definisinya, menurut J.V. Bryce sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia. Lalu, bagaimana sejarah yang berasal Bahasa Belanda.

istilah sejarah dari bahasa Belanda

Istilah Sejarah dalam Bahasa Belanda

Sejarah adalah kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Sejarah memiliki beragam penyebutan dalam berbagai bahasa di dunia. Masyarakat tanah Arab menyebut sejarah dengan sebutan Tarikh yang berarti ilmu yang mempelajari kisah-kisah yang sudah terjadi. Dalam bahasa Inggris, sejarah dikenal dengan History yang berarti masa lampu umat manusia.

Dalam bahasa Yunani, sejarah dikenal dengan Istoria atau Historia artinya ilmu yang mempelajari kejadian di masa lampau. Dalam bahasa Jerman, sejarah disebut Geschichte yang berarti sesuatu yang telah terjadi. Sedangkan dalam bahasa Belanda, sejarah disebut dengan Geschiedenis yang memiliki makna yaitu peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu.

Menurut makna yang paling umum, kata historia berarti sesuatu yang telah terjadi. Sedangkan menurut bahasa Jerman untuk sejarah, yaitu “Geschichte”, yang berasal dari kata “geschehen” artinya terjadi.

Geschichte adalah sesuatu yang telah terjadi. Dalam bahasa Belanda “geschiedenis” berasal dar kata kerja “geschieden” yang berarti terjadi.