Cek 11 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran dan Permintaan

faktor yang mempengaruhi penawaran

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Apakah kamu ingin memahami dinamika pasar yang kompleks? Inilah panduan lengkap untuk mengerti faktor yang mempengaruhi penawaran dan permintaan yang akan membantu kamu menggali lebih dalam tentang prinsip-prinsip ekonomi ini. Catat, ya!

Dalam dunia ekonomi, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi penawaran dan permintaan yang sangat penting untuk dipahami. Bukan hanya vital bagi ekonom, memahami faktor-faktor ini juga penting bagi siapa pun yang ingin memahami dinamika harga barang dan jasa.

Pengertian Hukum Penawaran

Sebelum beranjak ke pembahasan apa saja faktor yang mempengaruhi penawaran, ada baiknya mengerti apa itu hukum penawaran.

Hukum penawaran adalah salah satu prinsip fundamental dalam ilmu ekonomi. Hal ini menggambarkan hubungan antara harga sebuah produk dan jumlah produk yang ingin ditawarkan oleh produsen.

Konsep ini mengatakan bahwa, jika semua faktor lainnya tetap, peningkatan harga akan mendorong produsen untuk menawarkan lebih banyak produk tersebut di pasar. Sebaliknya, penurunan harga akan menyebabkan penawaran berkurang.

Hukum penawaran berfungsi sebagai salah satu pilar dalam teori ekonomi pasar, berinteraksi dengan hukum permintaan untuk membentuk harga ekuilibrium di pasar.

Baca Juga: Mau Bisnis Ekspor? Ini 7 Ciri-ciri Perdagangan Internasional

Bunyi Hukum Penawaran

Bunyi hukum penawaran menggambarkan hubungan langsung antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen. Dalam kata lain, semakin tinggi harga, semakin banyak barang yang akan ditawarkan, dan sebaliknya.

Hal ini berarti jika harga suatu barang meningkat, produsen akan terdorong untuk menawarkan lebih banyak barang tersebut di pasar. Sebab, mereka akan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Sebaliknya, jika harga turun, produsen akan cenderung menurunkan jumlah penawaran karena margin keuntungan yang lebih rendah.

Contohnya, jika harga gandum meningkat, petani akan cenderung menanam lebih banyak gandum. Hal ini untuk memanfaatkan harga yang lebih tinggi, sehingga meningkatkan penawaran gandum di pasar.

Bunyi Hukum Permintaan

Bunyi hukum permintaan adalah prinsip yang menggambarkan hubungan terbalik antara harga dan jumlah barang yang diminta oleh konsumen. Ini berarti semakin tinggi harga, semakin sedikit jumlah barang yang akan diminta, dan sebaliknya.

Permintaan akan barang atau jasa tertentu akan menurun jika harga naik, karena konsumen cenderung mencari alternatif yang lebih murah atau mengurangi konsumsi.

Contohnya, jika harga bensin naik, orang mungkin akan cenderung mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi publik atau berjalan kaki. Ini akan menyebabkan permintaan bensin berkurang.

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Penawaran barang dan jasa di pasar tidak hanya dipengaruhi oleh harga, tetapi juga oleh berbagai faktor lain. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut empat faktor yang mempengaruhi penawaran:

  1. Biaya Produksi: Biaya produksi mencakup semua biaya yang terkait dengan pembuatan produk, termasuk bahan baku, tenaga kerja, dan overhead. Penurunan biaya produksi biasanya menghasilkan peningkatan penawaran, karena produksi menjadi lebih menguntungkan, dan sebaliknya.

    Contoh faktor yang mempengaruhi penawaran karena biaya produksi: Kenaikan harga kedelai telah beberapa kali terjadi di Indonesia. Situasi ini menyebabkan biaya produksi tempe, yang merupakan produk olahan dari kedelai, melonjak secara signifikan.

    Akibatnya, banyak produsen kedelai merasa kesulitan menjual tempe dengan harga yang terjangkau. Bahkan, sebagian dari mereka terpaksa menghentikan produksinya. Hal ini berdampak langsung pada penurunan angka penawaran tempe di pasar.
  2. Teknologi: Inovasi dan kemajuan teknologi juga merupakan faktor yang mempengaruhi penawaran. Ini membuat proses produksi lebih efisien, memungkinkan produsen untuk menghasilkan lebih banyak dengan biaya yang sama atau bahkan lebih rendah. Teknologi canggih bisa meningkatkan penawaran.
  3. Harapan Mendapatkan Laba: Jika produsen berharap mendapatkan laba yang lebih besar di masa depan (misalnya, karena prediksi kenaikan harga), mereka mungkin akan meningkatkan penawaran. Sebaliknya, ekspektasi laba yang lebih rendah dapat menurunkan penawaran.
  4. Faktor Non-ekonomi: Faktor yang Mempengaruhi Penawaran terakhir yaitu non-ekonomi. Ini termasuk aspek-aspek seperti iklim politik, bencana alam, dan kondisi sosial yang mungkin tidak langsung terkait dengan ekonomi, tetapi bisa berdampak pada keputusan produsen untuk menawarkan produk.

    Contoh faktor yang mempengaruhi penawaran karena aspek non-ekonomi: Bencana alam seperti banjir bandang dapat menyebabkan gagal panen padi, yang berakibat pada penurunan penawaran beras di pasar.

    Sementara itu, gempa bumi yang meruntuhkan banyak gedung pabrik dapat menghentikan produksi barang. Jika situasi seperti ini terjadi, proses produksi menjadi terganggu, dan angka penawaran di pasar pun akan mengalami penurunan.

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Setelah mengetahui faktor yang mempengaruhi permintaan, selanjutnya apa saja yang mempengaruhi permintaan?

  1. Harga Barang atau Jasa: Ini adalah faktor utama yang mempengaruhi permintaan. Permintaan cenderung bergerak berlawanan arah dengan harga: jika harga naik, permintaan turun, dan sebaliknya.
  2. Pendapatan Masyarakat: Peningkatan pendapatan masyarakat biasanya meningkatkan permintaan barang dan jasa, karena daya beli meningkat.
  3. Selera Masyarakat: Perubahan dalam preferensi atau selera masyarakat dapat meningkatkan atau menurunkan permintaan untuk produk tertentu.
  4. Kualitas Barang: Barang atau jasa dengan kualitas yang lebih baik cenderung memiliki permintaan yang lebih tinggi.
  5. Harga Barang Lain: Harga barang lain yang terkait, seperti barang substitusi atau komplementer, dapat mempengaruhi permintaan. Misalnya, kenaikan harga teh dapat meningkatkan permintaan kopi sebagai substitusi.
  6. Jumlah Penduduk: Peningkatan jumlah penduduk dapat meningkatkan permintaan secara keseluruhan dalam ekonomi.
  7. Prediksi Masa Depan: Jika konsumen mengharapkan kenaikan harga atau kelangkaan suatu barang di masa depan, permintaan untuk barang tersebut mungkin akan meningkat saat ini.

Dengan memahami ragam faktor yang mempengaruhi penawaran dan permintaan, maka perusahaan, pemerintah, dan individu dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan strategis. Ini adalah komponen penting dalam analisis ekonomi dan perencanaan bisnis.

Baca Juga: 8 Ciri-ciri Pasar Oligopoli, Definisi & Contoh di Indonesia

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.