Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Fakta Iklim Negara Inggris: Pahami Sebelum Kunjungi

Kursus Academic English  – Apakah kamu memiliki impian berkunjung ke negara Inggris suatu hari nanti? Tahukah kamu, negara Inggris adalah salah satu destinasi wisata favorit untuk turis mancanegara lho. Selain itu, Inggris juga menjadi tempat studi favorit mahasiswa internasional.

Beberapa orang menyukai Inggris, tetapi tidak mengetahui cuacanya yang sering hujan dan basah. Nah, ini bisa menjadi pertanyaan, mengapa iklim negara Inggris selalu sejuk dan basah sepanjang tahun?

Baca juga: Trick or Treat: Pengertian dan Sejarah Saat Halloween

Iklim Negara Inggris 

Ternyata banyak sumber menyebutkan bahwa iklim negara Inggris yang basah dan cenderung sejuk itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Adapun letak astronomis dan geografisnya pun sangat berpengaruh.

a. Lokasi

  • Letak astronomis Inggris: 50°LU-60°LU dan 8°BB-2°BT.
  • Letak geografis Inggris: Batas Utara Lautan Atlantik, Batas Timur Laut Utara, Batas Selatan Selat English Channel, Batas Barat Irlandia dan Samudra Atlantik wilayah Inggris meliputi wilayah England, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara, dan sejumlah wilayah kecil disekitarnya.

b. Iklim

Berdasarkan garis lintang, Inggris memiliki iklim sedang. Negara ini juga dikelilingi lautan, sehingga beriklim laut dengan ciri sejuk dan basah.

Pantai barat bagian utara Inggris lebih hangat dibandingkan wilayah lainnya. Pantai barat mendapat hujan lebih tinggi daripada pantai timur, akan tetapi curah hujan paling tinggi berada di pegunungan.

c. Bentuk Muka Bumi

Relief wilayah Inggris dibagi menjadi dua wilayah yaitu bagian utara dan barat bergunung-gunung yang memiliki batuan lebih tua. Sementara, bagian timur dan selatan adalah dataran rendah yang bergelombang dengan batuan lebih muda.

d. Geologi

Dari aspek geologi, Inggris memiliki sumber daya alam (SDA) batu bara, minyak bumi, dan gas yang sangat mendukung Revolusi Industri. Energi panas bumi juga dimiliki Inggris dalam jumlah terbatas. Ada beberapa sumber daya mineral lain seperti pasir kerikil, logam, dan lempung.

e. Flora dan Fauna

Sementara dari sisi flora dan fauna di Inggris, populasinya semakin berkurang. Contoh flora khas Inggris adalah pohon ek dan elm, horse chestnut, spruce Norwegia, larch Jepang, dan fir Douglas. Contoh faunanya adalah rusa merah Skotlandia dan sekitar 400 jenis burung termasuk rajawali emas dari Skotlandia serta belibis merah khas Inggris.

f. Kondisi Penduduk

Berbicara mengenai kondisi penduduk di Inggris, pada tahun 2015 mencapai 65,1 juta jiwa (WPDS, 2015). Meskipun begitu, angka pertumbuhan penduduknya cenderung rendah yaitu hanya 0,4% dan 80%-nya tinggal di daerah perkotaan. 

London adalah ibukota negara yang dihuni sekitar 12% penduduk Inggris. Sementara itu sejumlah bagian utara jarang dihuni.

Perlu kamu ketahui, penduduk asli Inggris terdiri atas dua kelompok, yaitu Bangsa Kelt (Skotlandia, Irlandia, Wales) dan Bangsa Jerman (Anglo, Saxon, Jute, Denmark, Norman).

Sebagian besar (87,2 %) penduduk di sana berkulit putih. Sisanya berkulit hitam dan Asia. 

Kursus Academic English, Suksesmu Dimulai dari Sini 

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Academic English di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!