Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

English for Accounting: Saatnya Akuntan Mahir Bahasa Inggris!

English for accounting

Lister for company – Apakah kamu seorang akuntan pro yang ingin belajar English for accounting? Sebagai pengusaha Amerika dan penulis Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki pernah berkata: “Financial education is more powerful than money”. 

Meningkatkan keterampilan keuangan adalah langkah yang sangat cerdas untuk kemajuan karir, karena keahlian akuntansi dibutuhkan di setiap bisnis dan industri. Meningkatkan literasi keuangan itu seperti mempelajari bahasa lain yaitu bahasa bisnis.

blogpost inggris beasiswa

Dalam dunia bisnis saat ini, kamu harus tahu bahwa untuk menjadi seorang akuntan yang profesional tak hanya membutuhkan keahlian matematika, namun juga bahasa. Meskipun bahasa Mandarin semakin dilirik di sektor bisnis, bahasa Inggris tetap menjadi bahasa yang paling umum digunakan. Di bawah ini adalah ulasan pentingnya mempelajari English for accounting bagi akuntan profesional dan contoh beberapa istilahnya. Simak ya!

Baca juga: Pentingnya Pelatihan Bahasa Asing Untuk Accounting

Manfaat Belajar English for Accounting

Berbicara mengenai manfaat mempelajari English for accounting ini mencakup berbagai aspek terutama dalam hal perkembangan karir akuntan sendiri.

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi yang digunakan lebih dari 60 negara. Profesional akuntan juga membutuhkan kemampuan bahasa Inggris untuk mengikuti perubahan standar internasional seperti IFRS (International Financial Reporting) atau US GAAP (Generally Accepted Accounting Principles).

Komunikasi yang jelas sangat penting dalam layanan keuangan, sehingga kemampuan untuk mengekspresikan diri dengan percaya diri dan kemudahan sangat penting. Untuk alasan ini, meningkatkan keterampilan bahasa Inggris finansial kamu akan memberi kamu suasana profesionalisme dan kedewasaan.

Akuntansi adalah salah satu ilmu bisnis di mana kamu harus bersikap sangat akurat. Sebab, ini tentang mencatat, melaporkan, dan menganalisis uang dari bisnis kamu sendiri dan orang lain. Jumlah klien adalah mata pencaharian yang harus kamu jaga. Sehingga sebagai akuntan profesional, kamu tidak boleh melakukan kesalahan dengan kata-kata yang digunakan untuk menggambarkan situasi keuangan mereka, ataupun membuat kesalahan dengan angka-angkanya!

Kosakata Bahasa Inggris Akuntansi (English for Accounting)

  1. Hutang Usaha – Accounts Payable
    “Saat ini kami memiliki daftar hutang dagang yang besar kepada pemasok kami.”

Uang yang terutang oleh bisnis kepada pemasoknya. Ini ditampilkan sebagai kewajiban di neraca.

  1. Piutang Usaha – Accounts Receivable
    “Anda harus selalu menyadari bagaimana inflasi dapat mendiskontokan piutang Anda.”

Uang yang terutang kepada bisnis oleh pelanggannya. Ini untuk barang atau jasa yang sudah diserahkan tetapi belum dibayar.

  1. Aset – Assets
    “Dia memiliki aset berupa saham, reksa dana, dan properti.”

Barang yang dimiliki oleh perusahaan atau orang yang memiliki nilai moneter. Ini datang dalam bentuk aset berwujud (biasanya aset fisik yang dimiliki oleh perusahaan, seperti properti, peralatan, dan tanah) dan aset tidak berwujud (aset yang tidak bersifat fisik, seperti paten, hak cipta, niat baik, dan merek dagang).

  1. Nilai Buku – Book Value
    “Harga pembelian yang diusulkan kira-kira dua kali lipat dari nilai buku.”

Nilai total aset bisnis yang ditemukan di neraca. Angka ini mewakili nilai total semua aset yang dimiliki perusahaan jika dilikuidasi (dijual untuk menghasilkan uang).

  1. Ekuitas – Equity
    “Ketika perusahaan runtuh, ekuitasnya musnah.”

Nilai sisa perusahaan setelah semua kewajiban telah dihapus. Ekuitas adalah bagian dari perusahaan yang dimiliki oleh investor dan pemegang sahamnya. Itu dapat dihitung sebagai Aset – Kewajiban.

  1. Persediaan – Inventory
    “Perusahaan mengelola untuk memasarkan dan menjual produknya, menjaga persediaan tetap rendah.”

Persediaan mewakili barang-barang perusahaan yang tetap tidak terjual kepada pelanggannya. Manajemen persediaan biasanya dihitung dalam tiga tahap produksi: barang mentah, barang dalam proses, dan barang yang siap dijual.

  1. Kewajiban – Liabilities
    “Perusahaan memiliki cukup uang untuk menutupi kewajiban yang ada.”

Setiap hutang yang belum dibayar perusahaan. Sementara hutang usaha adalah uang yang hanya terutang kepada pemasok, kewajiban dapat mencakup uang yang juga menjadi hutang bisnis kepada staf, serta pinjaman, hipotek, dan obligasi.

  1. Harga Pokok Penjualan – Cost of Goods Sold
    “Harga pokok penjualan Ikea turun 3% pada kuartal terakhir.”

Biaya produksi untuk barang yang dijual oleh perusahaan. Jumlah ini termasuk biaya tenaga kerja dan bahan baku yang digunakan untuk membuat barang. Pengeluaran tidak langsung seperti pengangkutan barang tidak termasuk dalam biaya ini.

  1. Depresiasi – Depreciation
    “Perusahaan dirugikan oleh biaya depresiasi yang tinggi.”

Penyusutan adalah ketika aset kehilangan nilai seiring waktu. Penyusutan biasanya terjadi ketika aset fisik rusak atau aus, seperti saat komputer kantor rusak, mesin rusak, atau bangunan mulai rusak. Tanah adalah satu-satunya aset fisik yang terapresiasi (meningkat nilainya) dari waktu ke waktu.

Demikian ulasan mengenai bahasa Inggris akuntansi yang penting dikuasai seorang akuntan atau ahli keuangan agar semakin profesional di bidangnya. Tertarik mendalaminya? Daftar di Lister sekarang!