Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

DISC Personality Test: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

DISC Personality

Lister for company – Sebuah tes kepribadian diadakan untuk mengetahui tipe kepribadian apa yang dimiliki seseorang. Sebab, mendapatkan pengetahuan ini akan sangat membantu dalam menjalani kehidupan maupun membuat berbagai pilihan hidup seperti bidang karir.

Baca juga: Yuk Kenali Kepribadian Unik Kamu

Pengertian DISC Personality Test

DiSC adalah alat penilaian pribadi yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja, kerja tim, kepemimpinan, penjualan, dan komunikasi.

DISC mengukur kepribadian dan gaya perilaku kita. Itu tidak mengukur kecerdasan, bakat, kesehatan mental atau nilai-nilai. Profil DISC menggambarkan perilaku manusia dalam berbagai situasi, misalnya bagaimana kamu menanggapi tantangan, bagaimana kamu memengaruhi orang lain, kecepatan yang kamu pilih, dan bagaimana kamu menanggapi aturan dan prosedur.

Tujuan DISC Personality Test

Tujuan penilaian DISC adalah untuk membantu Anda memahami perilaku terkait pekerjaan kamu, perilaku orang lain, dan cara mengelola perilaku kamu secara efektif di tempat kerja untuk hasil yang sukses.

Tujuan DISC adalah untuk membantu pengguna membangun dan memaksimalkan hubungan yang produktif. Pengguna tidak perlu mengubah ciri kepribadian mereka; mereka perlu mengenali apa yang mendorong dan memotivasi orang lain dan menentukan cara terbaik untuk berinteraksi secara efektif dengan mereka.

Fungsi & Manfaat DISC Personality Test

Tes kepribadian DISC adalah untuk siapa saja yang ingin mendapatkan wawasan tentang diri mereka sendiri. Ini meningkatkan pengetahuan diri dan dapat mengungkap keyakinan yang membatasi yang menahan kamu untuk mencapai tujuan kamu. Ini juga dapat membantu kamu mengembangkan strategi untuk menciptakan terobosan di bidang mana pun dalam hidup kamu.

Dalam kebanyakan kasus, penilaian DISC digunakan dalam pengaturan berbasis tim. Mengidentifikasi kebutuhan komunikasi individu dalam tim memfasilitasi resolusi konflik yang lebih baik dan kekompakan yang lebih kuat secara keseluruhan. Penilaian ini juga berguna dalam lingkungan penjualan, melatih anggota tim penjualan untuk mengenali dan menanggapi gaya unik prospek atau pelanggan mereka.

Jenis DISC Personality Test

Model DISC membahas empat poin referensi:

Dominasi–langsung, berkemauan keras dan kuat
Pengaruh-mudah bergaul, banyak bicara, dan lincah
Kemantapan–lembut, akomodatif, dan berhati lembut
Kesadaran–pribadi, analitis dan logis

Contoh Implementasi DISC Personality Test

Tes DiSC memiliki berbagai peran di penerapan tempat kerjakarena hasilnya berguna saat komunikasi dan kolaborasi perlu ditingkatkan.

DiSC biasanya diterapkan kepada karyawan baru; misalnya di divisi apa sebaiknya ia ditempatkan? Bisa juga diterapkan pada sesi interview karyawan baru untuk melihat potensi kepribadiannya bisa cocok dengan tim atau tidak?

DiSC bahkan bisa diterapkan pada skema pelatihan manajemen, kegiatan penjualan, dan di situasi konflik sebagai alat identifikasi.

Penilaian DiSC ini tidak hanya menjelaskan karakteristik mana yang membentuk tipe tertentu, tetapi juga memberikan informasi rinci dan praktis untuk diterapkan dalam kehidupan kerja sehari-hari. Misalnya, DiSC bisa menjelaskan:

  • Dalam kondisi kerja X, jenis D/i/S/C adalah yang paling produktif
  • Dengan gaya kerja seperti apa yang cocok dengan orang jenis D/i/S/C untuk mencapai hasil terbaik?
  • Gaya komunikasi mana yang lebih disukai oleh tipe D/i/S/C?
  • Kekuatan dan kelemahan tipe DiSC
  • Bagaimana rekan kerja harus bertindak saat bekerja dengan tipe D/i/S/C
  • Konflik macam apa yang ditakdirkan untuk tipe D/i/S/C dan bagaimana menghindarinya?