fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Fakta, Mandarin
dekorasi imlek

Kursus Bahasa Mandarin – Menjelang Tahun Baru Imlek, dekorasi bernuansa merah dan emas banyak menghiasi dan menambah kehangatan suasana perayaan pergantian tahun kalender lunar. Di balik dekorasi Imlek yang indah tersebut, terdapat makna keberuntungan dan kebahagiaan.

8 Dekorasi Imlek dan Maknanya

Setiap dekorasi dalam perayaan Tahun Baru Imlek ternyata memiliki simbol dengan makna-makna yang baik. Berikut pernak-pernik Imlek yang harus kamu ketahui beserta maknanya.

1. Lampion 

dekorasi imlek

Lampion merah paling sering digunakan sebagai dekorasi Imlek. Biasanya lampion digantung sebagai hiasan pada pintu masuk rumah, tempat ibadah, toko, hingga restoran.

Lampion merah yang dipasang saat Imlek merupakan simbol kebahagiaan dan untuk mengusir bala. Setiap warna lampion memiliki makna dan penggunaan yang berbeda. Temukan ulasannya pada artikel Mengenal Lampion Imlek, Punya Makna Berbeda di Setiap Warna.

2.  Kuplet pintu

dekorasi imlek

Kuplet biasanya ditulis menggunakan tinta emas atau hitam di kertas berwarna merah. Bait sajak pendek tersebut memiliki makna keberuntungan dan kemakmuran.

Kuplet biasanya ditempelkan di ambang pintu masuk atau di dalam ruang tamu. Berdasarkan China Highlights, kuplet diambil dari bahasa Mandarin 对联 (duìlián) yang bertujuan mengungkapkan harapan dan pernyataan baik.

Dalam tradisi, kuplet biasanya ditempelkan berpasangan, karena angka genap melambangkan keberuntungan dalam budaya Tionghoa.

3. Ukiran Kertas

dekorasi imlek

Ukiran kertas yang digunakan sebagai dekorasi pada perayaan Imlek biasanya berupa desain unik yang dipotong dari kertas merah, kemudian direkatkan pada jendela atau permukaan bening lainnya.

Desain ukiran kertas ini bermacam-macam, umumnya berupa gambar atau karakter yang membawa keberuntungan. Misalnya buah persik yang melambangkan umur panjang, buah delima yang melambangkan kesuburan, bebek mandarin yang melambangkan cinta, pohon pinus yang melambangkan awet muda, bunga peony yang melambangkan kehormatan dan kekayaan, dan burung murai di dahan pohon plum yang melambangkan keberuntungan yang akan segera terjadi.

4. Karakter fu terbalik

Hampir sama dengan kuplet pintu, karakter fu (福) biasanya dituliskan pada selembar kertas merah, kemudian ditempelkan pada pintu masuk. Makna karakter fu terbalik adalah harapan akan bernasib baik atau mendapatkan keberuntungan. 

5. Lukisan tahun baru

Lukisan tahun baru (年画/niánhuà) umumnya ditempelkan di pintu atau dinding. Selain sebagai simbol ucapan selamat Tahun Baru Imlek, biasanya lukisan ini menggambarkan tokoh atau tanaman yang bermakna keberuntungan.

6. Pohon Kumquat

dekorasi imlek

Diambil dari bahasa Kanton, kumquat berasal dari kata 金 (gam) yang berarti emas.  Kumquat disebut juga gam gat sue yang melambangkan keberuntungan, kekayaan, dan kemakmuran.

7. Bunga mekar

dekorasi imlek

Tahun Baru Imlek sering disebut juga sebagai Festival Musim Semi. Oleh karena itu, bunga mekar menjadi simbol kedatangan musim semi yang bermakna pembaharuan hidup, awal yang baru, dan harapan untuk tahun baru yang sejahtera. Selain itu, bunga memiliki cabang panjang yang melambangkan umur panjang.

Beberapa bunga yang sering digunakan sebagai hiasan musim semi adalah bunga plum, anggrek, persik, dan peony.

8. Amplop merah

dekorasi imlek

Amplop merah (利是/lai si) umumnya digunakan sebagai hiasan yang digantung pada pohon kumquat, jeruk, atau jeruk mandarin sebagai simbol kekayaan yang semakin banyak.

Selain itu, amplop merah disebut juga sebagai angpao, yakni amplop dipakai untuk menyimpan uang dan diberikan kepada saudara atau kerabat yang masih muda atau pasangan yang baru menikah.

Pemberian angpao ini menyimbolkan harapan akan datangnya keberuntungan dan kemakmuran. Ingin tahu lebih dalam mengenai angpao Imlek? Pelajari ulasannya dalam Asal-usul Tradisi Angpao Imlek dan Maknanya, Cari Tahu Yuk!

Kursus Bahasa Mandarin, Lebih Dekat dengan Budayanya!

Memahami budaya China dapat dimulai dengan menguasai bahasa Mandarin. Kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Mandarin Lister.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu).

Need Help?