Apa itu Pengertian & Perbedaan Countable and Uncountable Noun?

countable and uncountable noun

Kursus Business English –  Bagi kamu yang sedang atau pernah belajar Bahasa Inggris, istilah countable and uncountable noun pastinya sudah pernah didengar. 

Saat kamu menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris dan menggunakan kata benda di dalamnya, sangat penting untuk mengidentifikasi terlebih dahulu, apakah kata benda tersebut termasuk dalam kategori countable and uncountable noun. Dengan demikian kalimat tersebut akan menjadi tepat baik secara makna gramatikal.

Sebelum lebih lanjut mempelajari 10 contoh kalimat countable and uncountable noun, kamu perlu mengetahui pengertian dari masing-masing jenis noun atau kerja ini. Berikut inilah penjelasan selengkapnya dari Lister.

Countable Noun

Pertama akan kamu pelajari adalah countable noun. Countable noun merupakan jenis noun atau kata benda yang bisa dihitung secara pasti dengan angka. 

Terdapat lebih dari 100 uncountable nouns dalam Inggris yang dapat kamu temukan di sekitarmu. Beberapa contohnya adalah apple, duck, animal, desk, doll, house, car, dan lain sebagainya.

Aturan Penulisan Countable Noun

Jika kamu perhatikan kata-kata benda di atas, maka kamu akan dengan mudah menghitung jumlahnya. Misalnya terdapat 2 buah apel, maka kamu bisa mengatakan two apples. Demikian pula, jika terdapat 3 ekor ayam di kandang, maka, cukup katakan three chickens.

Dalam pengucapan dan penulisan countable nouns, terdapat aturan baku yang perlu diketahui. 

Jika hanya terdapat 1 benda saja, maka wajib menambahkan kata a atau an sebelum kata benda sebagai pengganti kata one. Contohnya adalah an apple, a chicken, a duck, a car, a baby, an orange, dan sebagainya. 

Awalan a untuk kata benda dimulai dengan huruf konsonan dan an untuk kata benda dimulai dengan huruf vokal.

Ciri-ciri countable noun lainnya adalah penggunaan akhiran s untuk kata benda yang berjumlah lebih dari 1. Contohnya adalah two apples, three pencils, four babies, few coins, some tables, many buildings, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Apa Arti Strict Parents: Pahami Ciri-ciri dan Cara Menghadapinya

Irregular Countable Nouns 

Selain yang sudah disebutkan di atas, terdapat beberapa kata benda yang istilah jamaknya menggunakan kata berbeda atau tidak diakhiri dengan huruf s. misalnya kata person, untuk menunjukkan jumlahnya hanya satu, maka Bahasa Inggrisnya adalah a person atau one person.

Namun, untuk penyebutan jamak, person berubah menjadi people. Contohnya adalah two people, four people, many people, dan sebagainya. 

Kata-kata lain yang termasuk dalam irregular countable nouns dalam 50 contoh countable noun adalah tooth menjadi teeth, foot menjadi feet, wife menjadi wives, curriculum menjadi curricula, man menjadi men, woman menjadi women, dan masih banyak lagi.

Ada pula beberapa kata yang tidak berubah sama sekali ataupun tidak berakhiran s meskipun berjumlah lebih dari 1. Beberapa contohnya adalah trout, deer,  dan tuna.

Contoh Kalimat dengan Countable Nouns

Selanjutnya, ada contoh kalimat yang menggunakan countable noun: 1) There were only three people in the classroom yesterday, 2) Some girls go to boutiques only for window shopping, 3) My father has only few cows in the barn, 4) Do you like those cookies? 5) There are so many rats in the farm and they are very dangerous.

Baca juga: 21 Contoh Iklan Bahasa Inggris dan Artinya, Jadi Inspirasi Jualan

Uncountable Noun

Sebelum menjelaskan lebih lanjut dengan contoh countable and uncountable noun, mari kita pelajari dahulu pengertian dari uncountable noun

Uncountable noun sering pula disebut dengan istilah mass nouns, istilah ini merujuk pada kata benda yang tidak dapat dihitung. Jika kamu perhatikan di sekelilingmu, pastinya ada benda-benda yang tidak bisa atau sulit dihitung jumlahnya persatuan, misalnya air, tanah, minyak, udara, angin, hujan, bahkan beras dan tepung.

Selain countable and uncountable noun, 10 contoh uncountable noun dalam Bahasa Inggris misalnya adalah water, oil, soil, air, wind, flour, oxygen, rice, rain, heat, dan masih banyak lagi. Dalam menyebutkan benda-benda di atas, tentunya kamu tidak bisa menyebutkan jumlahnya misalnya a water atau three winds. 

Dengan demikian dibutuhkan awalan atau articles lain untuk menunjukkan seberapa banyak benda-benda tersebut.

Uncountable noun juga sering digunakan untuk menyebut benda yang tidak bisa dilihat seperti emosi. Contohnya adalah love, knowledge, happiness, sadness, joy, anger, dan masih banyak lagi.

Aturan Penulisan Uncountable Noun

Karena tidak bisa menggunakan jumlah satuan angka, maka kita harus menggunakan istilah banyak atau sedikit untuk menunjukkan kuantitas uncountable nouns. Nah, awalan yang digunakan adalah much (banyak), some (beberapa), amount (sejumlah), dan little (sedikit). 

Contohnya adalah much water, some coffee, amount of money, little sugar, dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa terdapat articles  serupa dengan arti yang sama di dalam Bahasa Inggris untuk menjelaskan countable noun. Contohnya dalam countable adalah many (banyak), some (beberapa), number (sejumlah), dan few (sedikit).

Penggunaan articles di atas tidak boleh tertukar. Serta untuk countable noun, tetap harus menggunakan aturan baku grammar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga: 5 Kerangka Body Email Lamaran Kerja, Ikuti agar Cepat Dilirik HRD

Contoh Kalimat Dengan Uncountable Nouns

Ada 50 contoh kalimat uncountable noun atau lebih yang bisa kamu temukan. Tentunya, kamu juga harus belajar merangkai sendiri kalimat-kalimat baik dan tepat, setelah mempelajari penjelasan yang sudah diberikan.

Berikut ini, ada beberapa contoh kalimat dengan uncountable noun beserta awalan atau artikel yang tepat, antara lain: 1) Do you have some coffee? 2) My grandma is suffered from diabetes so that he only wants to eat cakes with less sugar, 3) The police gained much information from her about the murder last night, 4) He puts big amount  of chili sauce to the sandwich 5) She only has a little time to save her father.

Apakah kamu sudah memahami penjelasan dan sekitar 50 contoh kalimat countable and uncountable noun di atas?

Jika sudah, artinya kamu sudah siap untuk mengerjakan soal countable and uncountable noun dalam Bahasa Inggris.

Secara kesimpulan, countable noun adalah kata benda yang dapat dihitung secara individual dan memiliki bentuk jamak, sedangkan uncountable noun adalah kata benda yang tidak dapat dihitung secara individual dan tidak memiliki bentuk jamak. 

Pentingnya memahami countable and uncountable noun adalah untuk mengetahui perbedaan antara countable and uncountable noun membantu kita menggunakan kata benda yang tepat dalam kalimat.

Memahami perbedaan ini membantu kita menggunakan kata penunjuk yang sesuai untuk menggambarkan benda secara tepat.

Pemahaman tentang countable and uncountable noun penting untuk membangun dasar yang kuat dalam tata bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan komunikasi secara keseluruhan.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Business English, Langkah Sukses untuk Karier Global

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari, seperti contoh countable and uncountable noun. Kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Terutama pada beberapa materi utama seperti countable and uncountable noun. Cari tahu pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang melalui WhatsApp!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts