5 Kerangka Body Email Lamaran Kerja, Ikuti agar Cepat Dilirik HRD

Body Email Lamaran Kerja

Kursus Business EnglishBody email lamaran kerja merupakan satu hal yang wajib kamu tulis atau sertakan saat mengirim lamaran kerja via email. 

Mungkin ini belum banyak orang yang tahu bahwa contoh body email lamaran kerja, baik yang berbahasa Indonesia maupun bahasa inggris turut andil dalam membangun kesan pertama yang baik dan memudahkan HRD mengenal kamu.   

Menulis body email bahasa Indonesia tentunya lebih mudah, tapi bagaimana jika perusahaan atau instansi tempat kamu melamar kerja meminta body email lamaran kerja bahasa inggris? 

Tidak perlu khawatir karena melalui artikel ini, Lister akan membahas detail lamaran kerja via email.

Kerangka Body Email Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

Pada dasarnya kerangka isi contoh body email lamaran kerja bahasa inggris tidak jauh berbeda dari yang berbahasa Indonesia. Ada beberapa hal yang sebaiknya tercantum dalam body email lamaran kerja kamu, yaitu: 

  1. Alasan menulis lamaran kerja
  2. Jenis pekerjaan
  3. Kualifikasi yang dimiliki untuk pekerjaan yang dipilih
  4. Sesuatu yang bisa ditawarkan kepada perusahaan 
  5. Kontak yang bisa dihubungi 

Baca juga: Job Interview Preparation Bahasa Inggris, Apa yang Ditanyakan?

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengirim Lamaran Kerja via E-mail

Tidak hanya menulis body email lamaran kerja, perhatikan juga hal ini saat mengirim lamaran kerja via email, antara lain:

1. Alamat email

Meskipun terlihat sepele namun alamat email yang kamu gunakan masuk dalam aspek penilaian perusahaan. Pastikan kamu menggunakan alamat email atau nama yang jelas, tidak aneh, seperti patahhati@gmail.com. Atau HRD akan mengira email tersebut sifatnya tidak serius dan semacam penipuan. 

Bukan suatu yang tidak mungkin email kamu akan dihapus atau diarahkan sebagai spam sebelum dibuka. Contoh body email random, oleh karena itu, gunakan alamat email yang jelas dan formal dengan nama kamu, contoh hasnanada@gmail.com

2. Subjek email

Selain body email lamaran kerja, subjek email juga kerap dipandang remeh oleh para pelamar kerja. Ini dibuktikan dengan masih banyak pelamar yang mengosongkan subjek email lamaran kerja. 

Padahal sangat mungkin HRD menerima puluhan, ratusan hingga ribuan email dari pelamar lain. Agar email kamu dilirik, pada contoh body email lamaran kerja crew store cobalah tulis subject yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Misal, tulis dengan format “nama kamu-Posisi yang dilamar”.

3. Lampiran file

Di samping body email lamaran kerja, faktanya  masih banyak pelamar yang asal ketika melampirkan file. Bagaimana cara melampirkan file yang benar untuk contoh body email lamaran kerja kasir? 

Usahakan beri nama yang jelas pada file, seperti Hasna Nada Portofolio atau Hasna Nada CV. Dengan begitu, pihak HRD akan lebih mudah dalam mengidentifikasi lamaran yang kamu kirim.

Selanjutnya, contoh body email lamaran kerja part time kirim file lampiran dengan format yang mudah dibuka, misalnya PDF. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran file. Hindari ukuran file yang terlalu besar karena akan memakan waktu lama dalam men-download.

Baca juga: 3 Cara Jawab Future Plan di Job Interview dan Contohnya

Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Indonesia

Body email lamaran kerja bisa diisi dengan kalimat yang menerangkan siapa kamu dan tujuan kamu mengirim email. Menulis body email tidak harus panjang yang penting rinci dan mengandung informasi yang diperlukan HRD.

Masih bingung bagaimana menulis body email? Dibawah ini contoh isi email lamaran kerja yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Body Email Lamaran Kerja Simple 

Berikut contoh body email lamaran kerja simple yang dapat kamu gunakan:

Subject email: Hasna Nada- Application Job for Freelance Writer

Dear Mrs. Angel

I saw your posting on social media and am interested in applying for the freelance writer position. In this email, I attached a CV and cover letter for your consideration.

Thank You

Hasna Nada 

Terjemahan:

Subjek email: Hasna Nada-Lamaran untuk Penulis Lepas

Ibu Angel yang terhormat

Saya telah melihat postingan anda di media sosial xx dan tertarik untuk melamar di posisi penulis lepas. Melalui email ini, saya lampirkan CV dan surat lamaran untuk bahan pertimbangan anda.

Terima kasih

Hasna Nada

Baca juga: Job Interview adalah: Pengertian, Jenis, dan Pertanyaan

2. Body Email Lamaran Kerja Profesional 

Body email lamaran kerja, adapun contoh body email lamaran kerja yang profesional terutama, untuk kamu yang sudah berpengalaman kerja:

Subject email: Hasna Nada – Freelance Writer

Dear HRD of Dunia Mimpi,

I saw your posting on social media and am interested in applying for the freelance writer position. My experience is a strong match to this role, and I am pleased to submit my application for the position. 

I have 2 years working experience as a freelance writer in the publishing house. I have attached my CV to this letter, and I hope you will learn about my education, background, and achievements.

I look forward to hearing from you about good opportunity,

Sincerely,

Hasna Nada

083476519081

Terjemahan:

Subjek email: Hasna nada-Penulis Lepas

HRD Dunia Mimpi yang terhormat,

Saya telah melihat postingan anda di media sosial xx dan tertarik untuk melamar di posisi penulis lepas. Pengalaman saya sangat cocok dengan posisi ini, dan saya dengan senang hati mengirim lamaran kerja untuk posisi tersebut.

Saya memiliki 2 tahun pengalaman kerja sebagai penulis lepas di rumah penerbitan. Saya lampirkan CV pada surat ini, dan saya harap anda berkenan mempelajari pentitikan, latar belakang dan prestasi saya.

Saya berharap dapat mendengar dari anda tentang kesempatan yang baik,

Hormat saya,

Hasna Nada

083476519081

Perlu diketahui kalau body email lamaran kerja adalah bagian penting yang harus ada dalam setiap lamaran. 

Cara menyusun body email lamaran kerja tidak boleh asal. Pastikan untuk bisa membangun tampilan hingga tata bahasa yang bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan perhatian. 

Salah satu yang utama adalah dengan menyebutkan tujuan dari email yang akan dikirim di awal paragraf. Pastikan untuk menuliskan setiap kata dengan sopan dan baku. 

Hal ini agar tujuan dan maksud mengirimkan body email bisa tersampaikan dan bisa diterima dengan baik oleh HRD. 

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Business English, Langkah Sukses untuk Karier Global

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Cari tahu pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang melalui WhatsApp!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.

Click Here

Thank you!

Kode Diskon akan segera dikirimkan Tim Student Success ke Nomor WhatsApp Anda.