Contoh Study Plan Beasiswa: Outline dan Tips Membuatnya

Study plan adalah salah satu dokumen penting yang diminta untuk aplikasi beasiswa di luar negeri. Dokumen ini bertujuan menunjukkan keseriusan dan rencana kamu dalam menjalankan studi akademik.

Membuat study plan awalnya bisa jadi membingungkan jika kamu belum mempunyai bayangan rencana yang jelas. Begini tips membuat study plan agar membantu kamu mendapatkan beasiswa.

Apa itu Study Plan?

Study plan beasiswa adalah dokumen yang menunjukkan tujuan kandidat dalam kegiatan akademiknya. Kandidat wajib menjelaskan cara-cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Rincian rencana tersebut disampaikan dalam urutan waktu yang tertera di timetable. Hal ini akan menunjukkan kemampuan kandidat memanajemen waktu, prioritas, dan rencana secara realistis.

Study plan nantinya dapat diperbarui sesuai kebutuhan. Dokumen tersebut menjadi pengingat agar kandidat menjalankan rencana secara disiplin.

Isi Study Plan

Study plan yang baik harus memuat sembilan poin ini.

  • Nama lengkap
  • Pendidikan terakhir
  • Pencapaian
  • Garis besar tujuan pembelajaran dan jadwal tugas (jika ada)
  • Hasil yang diharapkan dari penelitian
  • Tujuan akademik di masa depan
  • Kebiasaan belajar
  • Kelebihan
  • Kelemahan dan cara mengatasinya

5 Tips Membuat Study Plan

Masih bingung memulai study plan dari mana? Ikuti tips mudah ini.

Tujuan

Tetapkan tujuan kamu membuat study plan. Apakah untuk melamar beasiswa? Apakah untuk keperluan pribadi?

Study plan untuk beasiswa membutuhkan penjelasan yang lebih rinci dan tujuan yang terukur.

Jadwal

Buatlah jadwal sehari-hari yang meliputi semua kegiatan yang kamu lakukan. Kemudian tetapkan waktu khusus untuk belajar di antara kegiatan sehari-hari. Pastikan kamu mematuhi jadwal ini.

Kamu juga dapat membuat jadwal dalam jangka panjang. Misalnya menjelang ujian, kamu dapat menyediakan waktu lebih untuk belajar.

Perbarui jadwal

Setelah membuat jadwal, kamu dapat memperbaruinya sesuai kenyataan yang ada. Misalnya kamu membutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar materi tertentu. Atau justru kamu dapat menguasai suatu materi dengan cepat.

Hal ini akan memengaruhi jadwal dalam meraih tujuan akademik.

Realistis

Selalu bersikap realistis terhadap jadwal yang sudah dibuat. Jadwal tersebut memang membantu kamu bersikap disiplin, tetapi jangan sampai kewalahan karena tidak sempat istirahat.

Tenggat waktu

Buat tenggat waktu bagi setiap tujuan pembelajaran dengan jelas. Hal ini akan melatih kamu bekerja di bawah tekanan.

studi 2

Contoh Outline Study Plan

Untuk mempermudah membuat study plan, kamu dapat mengikuti contoh outline (garis besar) study plan ini.

Latar belakang pendidikan

Awali dengan menjelaskan nama lengkap, pendidikan terakhir, gelar pendidikan terakhir, pencapaian selama pendidikan, tujuan studi, dan rencana masa depan terkait pendidikan.

Tujuan studi

Jelaskan alasan kamu ingin belajar di kampus yang dituju, alasan memilih program studi, alasan kamu tertarik dengan bidang tersebut, dan rencana subjek yang ingin dipelajari.

Buat jadwal

Kamu dapat membuat jadwal dalam bentuk tabel. Sampaikan waktu yang kamu alokasikan untuk belajar setiap hari atau setiap minggu. Jadwal ini bergantung kemampuan kamu menguasai suatu materi.

Jangan lupa memasukkan jadwal kegiatan lain yang berkaitan dengan pekerjaan, kegiatan akademik, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu dapat melakukan manajemen waktu sesuai kebutuhan.

Tujuan jarak dekat dan jauh

Tujuan studi tidak hanya dalam waktu dekat, misalnya lulus ujian semester. Kamu juga wajib menetapkan tujuan jarak jauh, misalnya rencana karier yang berkaitan dengan studi.

Kelebihan dan kekurangan

Manfaatkan kelebihan untuk membentuk kebiasaan belajar yang baik. Sebaliknya, temukan cara mengatasi kekurangan.

Belajar Bahasa Asing: Bekal Tinggal di Luar Negeri

Impian kuliah, bekerja, hingga tinggal di luar negeri dapat diwujudkan sekarang juga. Sebagai bekal, ikutilah Kursus Bahasa Asing di Lister. Temukan Program Lister yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapat modul yang mendukung proses belajar. Kamu juga dapat menentukan jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!