fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Tips
contoh resolusi

Program Lister – Menjelang akhir tahun, resolusi tahun baru sering menjadi topik yang dibicarakan untuk membuat pencapaian baru dalam kehidupan. Apa saja contoh resolusi yang dapat kamu lakukan di tahun yang akan datang?

Pengertian Resolusi

Resolusi adalah janji pada diri sendiri untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.  Resolusi tahun baru biasanya dibuat untuk mencapai hal yang positif dalam hidup.

Tahun baru sering dianggap sebagai momen yang tepat untuk merencanakan pencapaian yang akan diusahakan, seperti dalam hal gaya hidup, pekerjaan, hubungan, studi, dan lain-lain.

25 Contoh Resolusi Tahun Baru

Jika kamu ingin membuat resolusi untuk tahun baru ini, berikut contoh-contoh umum resolusi yang dapat mengubah hidup menjadi lebih baik.

1.  Membangun kebiasaan konsumsi makanan sehat

Menghindari konsumsi junk food (makanan cepat saji) dan mulai makan makanan yang sehat dapat membuat metabolisme tubuh lebih baik.

2. Melakukan olahraga rutin agar badan fit dan segar

Rajin berolahraga dapat memberikan efek positif terhadap mental dan fisik tubuh. Olahraga dapat membangun mood dan semangat untuk menghadapi hari.

3. Membatasi waktu penggunaan media sosial pada gadget

Menghabiskan waktu dengan scrolling media sosial dapat menimbulkan ketergantungan. Dengan membatasi akses media sosial hanya 1-2 jam saja per hari akan memberikan efek positif bagi fisik dan psikis.

4. Mempelajari bahasa asing untuk meningkatkan skill dan kesempatan baru

Belajar hal yang baru, termasuk bahasa asing dapat menambah skill set yang penting untuk studi, karier, interaksi sosial, maupun aspek kehidupan lainnya.

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

5. Banyak membaca minimal satu buku setiap bulannya

Buku adalah jendela dunia. Membaca buku dapat memberikan perspektif dan ilmu yang baru. Hal ini juga dapat menjadi solusi untuk mengurangi konsumsi media sosial dan penggunaan gadget.

6. Bertemu dengan orang baru 

Berani untuk bersosialisasi dan bertemu orang-orang baru dapat membangun kepercayaan diri. Kamu juga dapat membangun network baru dalam lingkup bisnis dan relasi profesional.

7. Tidur lebih awal dan berkualitas

Apakah kamu memiliki kebiasaan tidur larut malam atau bahkan begadang? Saatnya kamu berupaya membangun kebiasaan tidur yang sehat. Tidur yang berkualitas dapat membantu tubuh beristirahat dengan optimal dan pikiran menjadi segar di pagi hari.

8. Memiliki rumah atau mobil pribadi

Memiliki sesuatu barang atau materi yang diimpikan dapat menjadi resolusi untuk tahun yang akan datang. Apalagi jika barang ini mempunyai bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas hidup.

9. Mengasah kreativitas

Mengasah kreativitas dapat membuat pikiran lebih tajam dan mental lebih sehat. Kamu dapat mencoba kegiatan yang berkaitan dengan seni, misalnya melukis, menari, atau les musik.

10. Belajar mengontrol emosi

Kemampuan mengelola emosi akan berdampak baik untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Dengan begitu, kamu dapat menghindari konflik dan berpikir lebih jernih saat menghadapi masalah.

Tahukah kamu, keterampilan mengelola emosi bisa jadi lebih penting daripada IQ? Berikut penjelasan selengkapnya dalam artikel Emotional Intelligence adalah: Tingkat dan Manfaatnya.

11. Menjalani karier sesuai hobi

Tidak semua orang memahami passion atau minat diri sendiri. Saatnya kamu mencari tahu kegiatan yang menjadi hobimu. Tak hanya itu, jika hobi tersebut berpotensi menjadi penghasilan, kamu dapat menjalaninya sebagai pilihan karier.

12. Belajar memasak

Memasak adalah salah satu kemampuan bertahan hidup yang akan bermanfaat di kemudian hari. Skill memasak dapat dilakukan untuk laki-laki maupun perempuan.

13. Melakukan traveling atau mengunjungi tempat yang baru setiap bulannya

Mengunjungi atau berlibur ke tempat yang masuk dalam wishlist bisa menjadi resolusi di tahun baru. Tidak harus ke tempat yang jauh atau membutuhkan banyak biaya, kamu dapat mulai dari lokasi terdekat dari rumahmu.

14. Mencoba melakukan volunteering

Melakukan hal baik untuk orang lain dapat memberikan kebahagiaan terhadap diri sendiri. Kamu dapat mendaftarkan diri sebagai sebagai sukarelawan di bidang yang kamu sukai.

Tak hanya sebagai kesibukan di waktu luang, kegiatan volunteering dapat meningkatkan kepuasan batin dan membuat diri merasa bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

15. Rutin menabung setiap bulannya

Menabung adalah salah satu langkah untuk mengendalikan penghasilan dan pengeluaranmu. Hasil menabung ini dapat digunakan untuk mewujudkan impian atau resolusi yang lain.

16. Lebih banyak menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih

Menghabiskan lebih banyak waktu untuk keluarga atau orang-orang tercinta akan menjadi kebahagiaan tersendiri. Kebersamaan tersebut akan menjadi momen berharga untuk dikenang seumur hidup.

17. Membangun kebiasaan untuk lebih rapi

Segala sesuatu yang disusun rapi dapat memudahkan kamu untuk melakukan sesuatu. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan misalnya membereskan dokumen, ruang kerja, atau lemari pakaian agar tertata rapi.

18. Berhenti menunda-nunda pekerjaan

Tidak menunda-nunda pekerjaan akan menghasilkan kebiasaan lebih fokus dan konsentrasi dalam bekerja. Jika kamu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, kamu akan memiliki waktu luang lebih banyak untuk melakukan kegiatan lainnya.

19. Membangun kepercayaan diri

Lebih percaya diri dapat mengubah situasi dan meningkatkan peluang dalam hidup. Kamu akan memandang diri secara lebih positif dan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

20. Menambah penghasilan dari pekerjaan sampingan

Mendapat penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan akan meningkatkan kualitas hidup. Kamu melakukan pekerjaan freelance, menjual makanan, membuka jasa sesuai skill yang dimiliki, dan lain-lain.

21. Mengurangi berat badan

Badan yang fit dapat membuat kualitas hidup lebih baik, sehingga dapat beraktivitas dengan nyaman. Salah satu cara meraihnya adalah dengan melakukan diet yang sehat dan rutin berolahraga.

22. Mengadopsi hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan terbukti dapat meningkatkan kesehatan psikis. Kamu dapat mengadopsi hewan yang terlantar di jalanan atau yang ditinggalkan pemiliknya.

23. Membangun kebiasaan tepat waktu

Jika kamu masih sering memiliki kebiasaan terlambat bangun pagi atau datang ke suatu acara, kini saatnya mencoba berkomitmen untuk tepat waktu. Kebiasaan ini baik untuk dimiliki, terutama dalam kehidupan profesional.

24. Menulis catatan harian atau journaling

Journaling atau menulis buku catatan harian mengenai peristiwa yang terjadi, hal yang dirasakan, hingga harapan di masa depan akan membantu kamu lebih memahami diri sendiri. Kebiasaan menulis jurnal pribadi juga dapat mengasah kemampuan otak.

25. Belajar untuk tidak mudah mengeluh dengan keadaan

Mengupayakan diri untuk tidak mudah mengeluh terhadap situasi akan membuatmu lebih fokus dalam menghadapi masalah. Kamu akan lebih berorientasi pada solusi, bukan masalah dan dampaknya. Resolusi  ini juga dapat menjadi pembelajaran untuk lebih mudah memaafkan.

5 Tips Mencapai Resolusi Tahun Baru

contoh resolusi

Menurut Journal Clinical Psychology, tingkat keberhasilan orang yang membuat resolusi dan berhasil mencapainya adalah 46%. Sebaliknya, hanya 4% orang yang berhasil mencapai tujuan tanpa membuat resolusi tahun baru.

Bukan hanya tentang penting atau tidaknya membuat resolusi, upaya untuk mencapai resolusi tersebut adalah yang membedakan keberhasilan atau kegagalan seseorang. Dikutip dari Vox, Katy Milkman, seorang Profesor dari Wharton School of the University of Pennsylvania, mengatakan bahwa cara manusia melakukan pendekatan terhadap resolusi itulah yang menciptakan hasil yang berbeda.

Berikut ini tips agar resolusi tahun baru dapat sukses tercapai.

1. Membuat resolusi sesuai prioritas dan secara bertahap

Menyusun resolusi akan lebih mudah jika selaras dengan prioritas hidup. Refleksikan ulang hal-hal yang memiliki nilai penting dalam hidupmu.

Misalnya, kamu ingin lebih banyak me-time di tahun yang baru, alias menghabiskan waktu untuk diri sendiri. Akan tetapi saat mencoba melakukannya, kamu merasa kurang nyaman. Sebagai contoh, kamu mencoba me-time dengan traveling sendirian. Ternyata kamu belum siap untuk melakukannya sendiri.

Kamu dapat mencoba melakukannya secara bertahap. Misalnya pergi ke kafe sendirian, menonton bioskop sendirian, atau jalan-jalan di sekitar kota sendirian. Jika kamu sudah mulai merasa lebih nyaman, kamu dapat mulai traveling ke tempat yang lebih jauh secara bertahap.

2. Menyusun resolusi yang spesifik

Hal yang sering membuat resolusi tidak tercapai adalah karena terlalu abstrak. Solusinya adalah membuat goals yang spesifik dengan rincian detail untuk mencapainya.

Sebagai contoh, jika resolusimu ingin lebih banyak menabung, maka susun rencana untuk mewujudkannya. Contohnya nominal yang akan ditabung, cara agar dapat menabung dengan nominal tersebut, tujuan menabung, dan lain-lain.

Target yang jelas dapat memotivasi seseorang untuk membangun kebiasaan. Sebuah jurnal pada Researchgate menyebutkan orang yang memang berniat untuk mengubah sesuatu, akan cenderung lebih berhasil mencapai tujuannya.

3. Memilih target yang lebih sederhana atau mini-goals

Membuat resolusi dengan tujuan besar akan cenderung lebih sulit untuk dicapai. Akan tetapi, jika resolusi tersebut disusun dengan tahapan-tahapan sederhana, maka akan terasa lebih ringan untuk dilakukan.

Contohnya, jika kamu memiliki resolusi untuk hidup lebih sehat, maka tahapan kecil yang dapat dilakukan adalah membeli sayur dan buah-buahan. Kemudian, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan tersebut secara rutin dalam tiga kali seminggu. Selanjutnya, kamu dapat meningkatkan frekuensi menjadi setiap hari. Dengan strategi ini, kamu akan lebih mudah menjalankan resolusinya dengan baik.

4. Memberikan reward pada setiap pencapaian resolusi dan mini-goals

Melakukan sesuatu yang baru atau yang jarang dilakukan sebelumnya sering membuat frustasi bahkan tidak nyaman. Akibatnya, kamu akan lebih mudah menyerah.

Akan tetapi, jika mini-goals dari resolusimu berhasil tercapai, memberikan reward tertentu terhadap diri sendiri akan menimbulkan semangat yang baru.

Apa itu reward dan bagaimana menerapkannya untuk diri sendiri? Baca ulasannya pada artikel Reward Artinya, ini Tipsnya dalam Pekerjaan dan Diri Sendiri.

5. Mempersiapkan diri jika gagal atau berhenti

Tidak berhasil mencapai resolusi bukan berarti gagal. Seseorang yang melihat kegagalan atau kesalahan sebagai kesempatan untuk bertumbuh akan dapat melangkah maju di dalam hidupnya.

Hadapi setiap kegagalan atau kesalahan sebagai pelajaran, karena kunci untuk mencapai sesuatu adalah kegigihan, bukan kesempurnaan. Berdasarkan studi dalam European Journal of Social Psychology, faktanya melewatkan beberapa hal dalam melakukan sesuatu yang baru, tidak berdampak signifikan terhadap proses membangun kebiasaan.

Refleksikan hal-hal yang membuatmu menetapkan resolusi tersebut. Apa alasan membuat resolusi ini? Apa yang sebenarnya ingin diraih? Dengan merefleksikan ulang komitmen dan kemampuan diri sendiri dapat membantumu mencapainya dengan memuaskan.

Wujudkan Resolusi Belajar Bahasa Asing Bersama Lister!

Kemampuan berbahasa asing adalah langkah awal menggapai cita-cita ke luar negeri, seperti untuk tujuan studi, kerja, atau tinggal. Siapkan dirimu dengan mengikuti dengan berbagai Program Lister.

Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?