Contoh Congratulation Card, Definisi, dan Kiat Menulisnya

Contoh Congratulation Card

Kursus Academic Writing – Salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan rasa bahagia dan bangga kepada seseorang adalah dengan memberikan sebuah congratulation card. Contoh congratulation card tidak hanya memberikan inspirasi dalam penulisan tetapi juga memberi kita gambaran tentang bagaimana mengungkapkan perasaan dengan kata-kata yang tulus dan menyentuh.

Pengertian Congratulation Card

Sebuah congratulation card, atau kartu ucapan selamat dalam Bahasa Indonesia, adalah bentuk komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan rasa gembira, bangga, atau memberikan pengakuan terhadap seseorang atas pencapaian atau peristiwa penting dalam hidupnya.

Dalam berbagai budaya dan tradisi, kartu ucapan selamat ini menjadi simbol perhatian, kepedulian, dan bentuk apresiasi yang mendalam.

Berbeda dengan pesan singkat atau ucapan lisan, contoh congratulation card memberikan kesempatan untuk mengekspresikan perasaan dengan lebih mendalam dan personal. Selain itu, keberadaan kartu fisik memberikan kesan keabadian, sebagai tanda bahwa momen tersebut cukup berharga untuk dirayakan dengan sesuatu yang bisa disimpan dan dikenang.

Struktur Congratulation Card

Dalam menulis sebuah contoh congratulation card, ada struktur tertentu yang bisa kamu ikuti untuk membuat pesanmu lebih teratur dan berkesan:

  1. Salutation (Sapaan): Ini merupakan bagian awal dari kartu. Sapaan membantu menciptakan hubungan personal dengan penerima. Misalnya, “Hai Rama!” atau “Teruntuk Siti,”.
  2. Body (Isi): Di bagian ini, penulis mengungkapkan perasaannya. Ini adalah bagian terpenting dari kartu, di mana penulis menuliskan ucapan selamat, alasan perayaan, atau bahkan cerita singkat yang relevan dengan momen tersebut. Sebuah pesan yang tulus dan ikhlas akan meninggalkan kesan mendalam bagi penerima.
  3. Closing (Penutup): Ini adalah frasa atau kalimat yang mendahului tanda tangan. Penutup ini harus sesuai dengan nuansa keseluruhan pesan dan sifat hubungan antara penulis dan penerima. Contohnya, “Dengan segala kasih sayang,” atau “Bangga padamu,”.
  4. Signature (Tanda Tangan): Ini adalah identifikasi dari si penulis. Sebuah tanda tangan, nama lengkap, atau bahkan nama panggilan dapat digunakan di sini. Ini memberikan sentuhan personal dan autentik pada kartu.

Dengan memahami struktur di atas, penulisan contoh congratulation card akan lebih terorganisir dan efektif dalam menyampaikan perasaan dan pesan yang diinginkan.

Kaidah Kebahasaan Congratulation Card

Sebuah contoh congratulation card sejatinya adalah media komunikasi yang efektif, oleh karena itu, memahami kaidah kebahasaan yang tepat adalah kunci untuk membuat pesan lebih berarti.

  1. Bahasa Yang Sopan dan Menghargai: Gunakan kata-kata yang menunjukkan rasa hormat, apresiasi, dan penghargaan kepada penerima.
  2. Kesederhanaan: Meskipun singkat, pesan yang sederhana seringkali lebih mudah diingat dan lebih menyentuh. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu rumit atau istilah asing yang mungkin tidak dimengerti oleh penerima.
  3. Penulisan yang Benar: Pastikan penggunaan tata bahasa, ejaan, dan pungtuasi yang tepat. Hal ini menunjukkan bahwa kamu benar-benar memperhatikan detail dan menghargai penerima.
  4. Personalisasi: Sesuaikan pesan dengan karakter dan situasi penerima. Hal ini menunjukkan bahwa kamu benar-benar mengenal dan memahami penerima.
  5. Konsistensi Tonalitas: Pastikan tonalitas pesan kamu konsisten dari awal hingga akhir. Jika kamu memulai dengan nada formal, pertahankan hingga akhir. Demikian pula dengan nada informal.

Contoh Congratulation Card Bahasa Inggris

Contoh Congratulation Card 1: Kelulusan

🎓 Congratulations on Your Graduation! 🎓

Dear [Nama],

You’ve worked hard, faced challenges, and achieved so much! Today is the day to celebrate all your accomplishments. We’re so proud of you. May your future be as bright as your dreams!

Warm wishes,
[Nama Anda]

Contoh Congratulation Card 2: Pernikahan

💍 Cheers to Your New Journey! 💍

Dear [Nama Pengantin],

Congratulations on finding your forever love! Wishing you both endless happiness, laughter, and countless memories. May every day be a chapter of love in the story of your life.

Best wishes,
[Nama Anda]

Contoh Congratulation Card 3: Kelahiran Anak

👶 Welcome to the World, Little One! 👶

Dear [Nama Orangtua],

Congratulations on the arrival of your bundle of joy! May this journey of parenthood bring you endless adventures, smiles, and unforgettable moments. Here’s to new beginnings and precious memories!

Warmest regards,
[Nama Anda]

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Academic Writing di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.