Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Code of Conduct adalah Etika Bisnis, Apa Pengertiannya?

code of conduct adalah

Mempelajari bahasa asing untuk memperoleh prospek karier yang lebih luas tidak ada ruginya. Kamu bisa mengembangkan kemampuan ini melalui kursus bahasa asing untuk karyawan di Lister for Company.

Sebagai karyawan maupun pemilik perusahaan, salah satu hal yang perlu kamu ketahui adalah code of conduct.

Secara sederhana, code of conduct adalah etika bisnis. Seperti apa penjelasan lebih lengkapnya?

Apa itu Code of Conduct?

Code of conduct dapat diartikan sebagai kode etik atau etika bisnis. Code of conduct menjadi aturan tertulis dalam organisasi.

Hal-hal yang tercantum dalam aturan tertulis ini antara lain norma, nilai, prinsip, serta kebiasaan. Aturan-aturan tersebut menjadi acuan setiap individu berperilaku dalam organisasi.

Beberapa contoh code of conduct yaitu tidak mempekerjakan anak-anak, memberikan hak dan kesempatan yang sama kepada calon karyawan dari berbagai latar belakang etnis, memerhatikan isu lingkungan dalam praktik bisnis, dan lain-lain.

Tujuan Dibuatnya Code of Conduct

Pembuatan aturan etika tersebut disesuaikan dengan ruang lingkup masing-masing organisasi. Misalnya code of conduct perusahaan, code of conduct firma hukum, code of conduct lembaga pendidikan, dan lain-lain.

Peraturan dalam code of conduct bisa berbeda-beda. Namun umumnya berkaitan dengan perilaku setiap anggota organisasi.

Contohnya bagaimana perilaku yang sepantasnya, bagaimana mengatasi dan menghindari masalah, dan lain-lain. Code of conduct merupakan upaya preventif terhadap pelanggaran hukum.

Umumnya code of conduct dibuat berdasarkan masalah yang pernah terjadi di organisasi. Masalah yang muncul tentu akan menghabiskan waktu dan tenaga dalam mengatasinya, sehingga dibutuhkan pedoman bersama agar tidak perlu terjadi masalah.

Selain itu, code of conduct menjadi gambaran standar perilaku yang akan membangun citra positif perusahaan.

Penerapan Code of Conduct

Materi yang terdapat dalam code of conduct umumnya bersifat universal, tidak terlalu teknis, tidak butuh banyak penjelasan, serta mudah dipahami.

Biasanya aturan ini dipajang di tempat yang mudah terlihat, tujuannya untuk mengingatkan setiap anggota organisasi.

Code of conduct merupakan produk bersama. Sehingga subjek dan objek dari aturan tersebut adalah setiap anggota organisasi.

Code of conduct merupakan kesepakatan bersama dan ditujukan untuk semua pihak, sehingga tidak boleh ada diskriminasi.

Mereka yang melaksanakannya dengan patuh akan memperoleh imbalan (reward). Sebaliknya, mereka yang melanggar akan diberi sanksi.