[Cerita Tutor] 4 Tips Kunci Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri ala Tutor Hengki Agus Rifa’i

Mentoring Beasiswa – Sedang mencari tips mendapatkan beasiswa luar negeri yang diinginkan? Tutor Mentoring Beasiswa di Lister, Hengki Agus Rifa’i menyebutkan empat tips kunci yang harus diketahui students sebelum terjun dalam persaingan beasiswa yang sesungguhnya.

Profil Hengki Agus Rifa’i

Hengki Agus Rifa’i adalah Tutor Lister yang berasal dari Bengkulu dan kini menetap di Padang, Sumatera Barat. Tutor Hengki merupakan lulusan S-1 Universitas Negeri Padang (UNP) dengan sejumlah prestasi yang membanggakan.

Tutor Hengki pernah menjadi Mahasiswa Berprestasi UNP di tahun 2016. Selain itu, ia juga sukses menjadi penerima beasiswa pelatihan Camp EPIC US Embassy di tahun 2017.

Atas prestasinya tersebut, Tutor Hengki bisa mendapatkan beasiswa LPDP program S-2 di Cardiff University, Inggris.

Setelah itu, Tutor Hengki menjadi penerima beasiswa Kemdikbud untuk program S-3 di University of Glasgow, Skotlandia.

Melihat rekam jejaknya, Tutor Hengki dapat disebut sebagai sosok mentor yang sudah berpengalaman di bidang akademik dan beasiswa, baik dalam maupun luar negeri.

Prestasi tersebut menjadi bekal dirinya memantapkan diri berkarier di dunia mentoring beasiswa.

Bimbing Puluhan Students Lolos Beasiswa

Tutor Hengki sudah menjadi Tutor Mentoring Beasiswa di Lister selama tiga tahun sejak 2020. 

Selama kariernya di Lister, Tutor Hengki telah membantu puluhan students mendapatkan beasiswa fully-funded dari berbagai negara, seperti beasiswa LPDP, Fulbright, Chevening, AAS, GKS dan program beasiswa lainnya.

Tutor Hengki pertama kali mengetahui Lister dari media sosial Instagram. Ia mendaftar sebagai tutor agar dapat menyalurkan pengalamannya di bidang akademik kepada students yang berkeinginan melanjutkan pendidikan tinggi melalui jalur beasiswa.

Apa saja yang harus dikuasai Tutor Mentoring Beasiswa?

Menurut Tutor Hengki, seorang Tutor Mentoring Beasiswa harus memiliki pengetahuan yang luas tentang sistem pendidikan luar negeri. Pengetahuan tersebut juga harus di-update secara berkala.

“Sebelum membimbing students, kita harus paham dulu sebelumnya sistem pendidikan di tempat beasiswa yang ingin dituju. Bagaimana jalur masuknya, apa saja yang harus disiapkan calon mahasiswa dari luar, dan semua itu harus up-to-date juga,” papar Tutor Hengki.

Selain itu, Tutor Mentoring Beasiswa juga harus memiliki critical thinking yang memadai agar dapat melihat kelemahan sekaligus kelebihan students. Dengan begitu, tutor dapat memetakan kebutuhan yang harus diprioritaskan terlebih dahulu terkait persiapan seleksi beasiswa pada jalur tertentu.

Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Bagi yang tengah memburu beasiswa di luar negeri, Tutor Hengki membeberkan sejumlah tips yang bermanfaat agar students bisa mendapatkan beasiswa yang diinginkan.

1. Mencoba berbagai beasiswa sekaligus

Pertama, jangan terpaku pada satu jalur beasiswa. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai platform media lalu petakan sesuai dengan minat dan kemampuan.

“Coba berbagai skema beasiswa, karena kita tidak tahu akan dapat beasiswa yang mana. Rezeki kadang datangnya tidak terduga, seperti pengalaman saya sendiri,” kata Tutor Hengki.

2. Menguasai bahasa Inggris dan mengikuti official test

Kedua, kuasai bahasa Inggris sejak dini sehingga bisa mendapatkan sertifikasi resmi dari berbagai jenis tes keterampilan berbahasa Inggris seperti IELTS, TOEFL iBT, ITP, SAT, atau official test lainnya.

“Wajib belajar bahasa Inggris dari sekarang, karena ini bagian tersulit dari syarat pendaftaran beasiswa dan kampus luar negeri,” terang Tutor Hengki.

3. Aktif mencari informasi beasiswa

Ketiga, bersikap mandiri dan berusaha seaktif mungkin dalam mencari informasi beasiswa yang tersedia. Menurut Tutor Hengki, peran tutor atau mentor beasiswa hanya sampai menunjukkan jalan saja, sementara pada akhirnya yang bisa merealisasikannya hanyalah students itu sendiri.

4. Berdoa

Terakhir, jangan lupa berdoa dan meminta jalan kepada Yang Maha Kuasa jika usaha yang dilakukan sudah maksimal.

Ingin tahu cerita Tutor Lister lainnya? Kamu bisa membaca kisah inspiratif dari pengajar lainnya dalam artikel [Cerita Tutor] Bersama Lister, Bernadia Branitamahisi Mengajar TPA Bappenas untuk Students dari Sumatera Hingga Papua.

Mengapa bergabung dengan Lister?

Pengalaman dan pengetahuan adalah hal yang berharga. Kamu bisa membantu students Lister meraih prestasi terbaik mereka di masa depan.

Saatnya bergabung dengan tim Tutor Lister dan dapatkan pengalaman profesional. Berikut kelebihan yang akan kamu dapatkan sebagai Tutor Lister.

  • Kesempatan karier luas
  • Pengalaman karier
  • Koneksi (networking) luas
  • Meningkatkan skill mengajar dan berkomunikasi

Bergabunglah Sebagai Tutor Lister, Raih Pengalaman Profesional!

Tertarik mengikuti jejak Tutor Hengki? Saatnya bergabung sebagai Tutor Lister!

Kamu dapat berkreasi, berinteraksi, menambah skill komunikasi, dan sejumlah benefit lainnya yang kompetitif.

Cari tahu kisah dan pengalaman sesama rekan pengajar di Cerita Tutor. Daftar sekarang!

Share:

Muhammad Thoriq Anwar
Muhammad Thoriq Anwar
Brand specialist Lister.co.id yang tertarik dengan jurnalistik, bisnis, dan teknologi digital. Memiliki hobi membaca novel, menulis artikel ringan, gaming & esport dan kini sedang menyelami dunia perkopian dan budaya Indonesia.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.

Open chat
Tertarik bergabung menjadi tutor Lister?