[Cerita Tutor] Business English itu Tidak Sulit, Annisa Putri Arini Ungkap Faktanya di Dunia Kerja

Kursus Business English – Berbekal pengalaman sebagai tutor bahasa Inggris untuk perusahaan ekspatriat asal Korea Selatan, Annisa Putri Arini memutuskan bergabung dengan Lister.

Simak lika-liku Tutor Annisa mengajar program Business English di Lister, termasuk rahasia sukses belajar bahasa Inggris di dunia kerja!

Profil Tutor Annisa

Annisa Putri Arini adalah Tutor Business English dengan pribadi yang ramah dan pekerja keras. Ia kini berdomisili di Jambi.

Setelah menyelesaikan studi S-2 Pendidikan Bahasa Inggris, Tutor Annisa bekerja sebagai penerjemah, interpreter, dan trainer Business English di sejumlah perusahaan swasta. Tak hanya itu, Tutor Annisa sempat berkecimpung di bidang HR.

Sedari awal, Tutor Annisa memiliki minat tinggi untuk mempelajari Business English. Dalam pengalamannya bekerja selama lima tahun, ia terus mengasah keterampilan berbahasa Inggris. Bagi dirinya, mempraktikkan bahasa Inggris di lingkungan kerja membuatnya termotivasi untuk terus berkembang dan semakin profesional.

Jadi Tutor di Lister Lebih Fleksibel dan Praktis

Tutor Annisa bergabung dengan Lister pada tahun 2021 sebagai pengajar program Business English. Program ini ditujukan bagi students yang ingin menguasai bahasa Inggris di tingkat profesional untuk keperluan kerja atau bisnis.

Satu hal yang menarik minat Tutor Annisa mengajar di Lister adalah waktu dan tempat mengajar yang fleksibel. Dibandingkan dengan pekerjaan sebelumnya, Tutor Annisa merasa saat ini dapat bekerja dengan lebih efisien. Hal ini membuatnya betah menjadi tutor di Lister, hingga saat ini masa kerjanya terhitung dua tahun.

Fasilitas utama yang dirasa sangat menguntungkan di Lister adalah sistem belajar-mengajar secara online yang praktis.

“Suka (menjadi tutor di Lister karena) waktu fleksibel, bekerja dari rumah, merasa lebih efisien saja daripada kerja kantoran yang harus ke kantor,” jelas Tutor Annisa.

Ungkap Rahasia Belajar Business English

Bagi student yang baru atau belum bergabung, belajar Business English bisa menjadi momok menakutkan. Pasalnya, materi bahasa Inggris di tingkat profesional dan formal lebih rumit daripada bahasa Inggris sehari-hari.

Namun, Tutor Annisa menampik stigma tersebut. Menurutnya, bahasa Inggris secara formal itu tidak sulit. Ia menjelaskan mayoritas situasi bisnis di tempat kerja menggunakan bahasa Inggris yang sederhana dan cukup mudah dipahami.   

“Tentang Business English, banyak orang berpikir bahwa kita harus menggunakan bahasa yang elit, high-level English, begitu. Padahal, itu normalnya hanya berlaku di written text saja atau saat menghadiri acara yang official dan formal,” terang Tutor Annisa.

“Nyatanya, dalam keseharian saat bertemu klien dan dalam situasi informal di kantor, English yang digunakan itu sederhana, yang penting mudah dipahami,” sambungnya. 

Tutor Annisa menambahkan, poin penting dalam Business English adalah komunikasi harus to-the-point dan sesuai dengan budaya kantor yang berlaku.

“Perlu diingat di dunia bisnis, orang sangat menghargai waktu, jadi komunikasi harus straight-to-the-point dan tidak bertele-tele. Namun tentunya perlu diingat juga cross culture understanding-nya,” katanya.

Pesan Tutor Annisa ke Rekan Pengajar: Be Kind!

Akhir kata, Tutor Annisa pun berpesan kepada student kursus Business English dan calon tutor di luar sana agar terus belajar dan belajar demi menggapai impian.

Untuk tutor secara umum, Annisa mengingatkan agar selalu bersikap baik terhadap student, karena baginya student yang menunjukkan kemauan belajar yang tinggi pun sudah sangat luar biasa.

“Untuk tutor secara umum, be kind to the student,” ucap Tutor Annisa. “Apalagi untuk yang dapat murid (yang merupakan) pekerja, setelah seharian bekerja dan harus belajar lagi itu sudah luar biasa, so be kind while you’re teaching them.”

Dengan menjadi Tutor Lister, kamu berkesempatan membantu students meraih impian studi atau karier mereka. Seperti kisah salah satu alumni Lister yang berhasil diterima di kampus impiannya dalam artikel [Success Story] Berbekal Kursus TOEFL ITP Lister, Yenny Lolos Seleksi Program Magister Manajemen di Universitas Indonesia.

Mengapa bergabung dengan Lister?

Pengalaman dan pengetahuan adalah hal yang berharga. Kamu bisa membantu students Lister meraih prestasi terbaik mereka di masa depan. 

Saatnya bergabung dengan tim Tutor Lister dan dapatkan pengalaman profesional. Berikut kelebihan yang akan kamu dapatkan sebagai Tutor Lister.

  • Kesempatan karier luas
  • Pengalaman karier
  • Koneksi (networking) luas
  • Meningkatkan skill mengajar dan berkomunikasi

Bergabunglah Sebagai Tutor Lister, Raih Pengalaman Profesional!

Tertarik mengikuti jejak Tutor Annisa? Saatnya bergabung sebagai Tutor Lister!

Kamu dapat berkreasi, berinteraksi, menambah skill komunikasi, dan sejumlah benefit lainnya yang kompetitif. Cari tahu kisah dan pengalaman sesama rekan pengajar di Profil Tutor. Daftar sekarang!

Share:

Muhammad Thoriq Anwar
Muhammad Thoriq Anwar
Brand specialist Lister.co.id yang tertarik dengan jurnalistik, bisnis, dan teknologi digital. Memiliki hobi membaca novel, menulis artikel ringan, gaming & esport dan kini sedang menyelami dunia perkopian dan budaya Indonesia.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo Ramadan 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.