Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Cara Terbaik Belajar Speaking Bahasa Inggris, Ikuti Tipsnya

belajar speaking bahasa inggris

Ingin fasih berbahasa Inggris, tetapi masih kurang percaya diri? Latih kemampuanmu dengan mengikuti Les Speaking Bahasa Inggris sekarang juga.

Banyak orang kini menyadari mempelajari suatu bahasa harus dipraktikkan, tidak hanya dipelajari secara teori. Hal yang sering menjadi momok adalah saat diminta berbicara menggunakan bahasa asing, termasuk bahasa Inggris.

Jika kamu masih ragu-ragu, terapkan tips berikut untuk membantu kamu belajar speaking bahasa Inggris.

Bicara dengan tempo pelan

Seringkali siswa berbicara terlalu cepat, padahal masih dalam proses belajar bahasa tersebut. Berbicara dengan terburu-buru justru dapat menimbulkan kebingungan dan miskomunikasi.

Daripada berbicara terlalu cepat, cobalah berbicara pelan-pelan dan sampaikan sesederhana mungkin. Awalnya mungkin terdengar kaku. Namun jika kamu ingin bisa berkomunikasi secara jelas, hal ini akan sangat membantu.

Seiring berjalannya waktu kamu akan menjadi lebih familiar dengan bahasa tersebut. Cobalah mulai berbicara dengan tempo yang lebih cepat sampai terkesan alami.

Percaya diri

Banyak orang malu-malu saat pertama kali berbicara dengan bahasa Inggris. Hindari sikap ini.

Bersikaplah seolah-olah kamu dalam kondisi paling percaya diri. Dengan begitu, kamu menstimulasi otak untuk menciptakan kondisi kepercayaan diri yang tinggi.

Gunakan penekanan

Cobalah menggunakan penekanan yang berbeda pada kalimat yang sama. Kamu akan merasakan perbedaan maknanya.

Contohnya pada kalimat I didn’t say she stole my money. Kalimat ini mungkin terasa cukup jelas maknanya. Namun jika kita menambahkan penekanan pada kata yang berbeda, maknanya berubah drastis.

I didn’t say she stole my money – someone else said it.

I didn’t say she stole my money – I didn’t say it.

I didn’t say she stole my money – I only implied it.

I didn’t say she stole my money – I said someone did, not necessarily her.

I didn’t say she stole my money – I considered it borrowed, even though she didn’t ask.

I didn’t say she stole my money – only that she stole money.

I didn’t say she stole my money she stole my things, not my money.

Latihan

Ingat peribahasa Practice makes perfect. Jika kamu ingin menjadi yang terbaik, kamu harus berusaha keras dan terus belajar.

Gunakan Google Translate di ponsel. Coba ucapkan sesuatu dalam bahasa Inggris dan lihat apakah Google mengetik dengan tepat sesuai yang kamu ucapkan. Jika ya, berarti pelafalanmu sudah tepat.

Jangan menyerah

Meskipun kamu melakukan kesalahan, jangan menyerah. Pahamilah bahwa hanya sedikit sekali, bahkan penutur asli, yang dapat menggunakan bahasa Inggris dengan sempurna.

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Selain itu, belum tentu orang lain memperhatikan kesalahan yang kamu buat.