Cara Membuat Puisi Bahasa Inggris, Gampang Banget!

lister blog mei 2022 cara membuat puisi bahasa inggris

Apakah kamu penggemar puisi berbahasa Inggris? Yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat puisi versi kamu sendiri!

Untuk membuat puisi bahasa Inggris memang tidak ada aturan puisi yang disetujui secara resmi. Namun, seperti halnya semua penulisan kreatif, memiliki beberapa tingkat struktur dapat membantu kamu menguasai ide-ide kamu dan bekerja secara produktif.

Simak beberapa cara membuat puisi bahasa Inggris, gampang banget!

Banyak Baca Puisi

Jika kamu ingin menulis puisi, mulailah dengan banyak membaca puisi. Setelah selesai membaca, kamu bisa melakukan analisis puisinya juga untuk melatih kepekaan emosi. Karya syair dari Robert Frost, Walt Whitman, Edward Hirsch, Emily Dickinson, dan William Shakespeare adalah penyair-penyair yang bisa menjadi referensi.

Sering Mendengar Pembacaan Puisi

Ketika kamu sering mendengar pameran pembacaan puisi secara berkala, kamu akan lebih peka tentang bagaimana cara menulis puisi yang baik dan menggugah dalam bahasa Inggris itu seperti apa. Banyak toko buku dan kedai kopi memiliki pembacaan puisi, dan ini bisa menyenangkan sekaligus instruktif bagi calon penyair.

Mulai dari yang Kecil

Puisi pendek seperti haiku atau puisi berima sederhana mungkin lebih bisa dicapai daripada menyelami epik naratif. Puisi berima sederhana bisa menjadi pintu masuk yang tidak mengintimidasi untuk menulis puisi. Jangan salah mengira kuantitas dengan kualitas; puisi syair bebas tujuh baris murni lebih mengesankan daripada epik pentameter iambik syair kosong yang ceroboh dan bertele-tele, meskipun mungkin butuh waktu jauh lebih sedikit untuk menulis.

Terus Menulis

Jangan terlalu terobsesi dan perfeksionis dengan baris pertama puisi kamu. Jika kamu merasa tidak maksimal, jangan menyerah. Teruslah menulis dan kembali saat kamu siap. Baris pembuka hanyalah salah satu komponen dari keseluruhan karya seni. Jangan memberikannya lebih penting daripada yang dibutuhkan (yang merupakan kesalahan umum di antara penyair pemula).

Gunakan Diksi yang Indah

Ketika seorang penyair melukis dengan kata-kata, mereka menggunakan pilihan kata untuk secara kiasan “melukis” gambaran konkret di benak pembaca. Dalam bidang seni rupa, lukisan gambar tentu saja mengacu pada tindakan merepresentasikan orang, objek, dan pemandangan untuk dilihat oleh pemirsa dengan mata kepala sendiri. Dalam penulisan kreatif, lukisan gambar juga mengacu pada menghasilkan gambaran yang jelas tentang orang, objek, dan pemandangan, tetapi media seniman adalah kata-kata tertulis.

Itulah beberapa cara membuat puisi yang bahasa Inggris, selamat mencoba ya. Jangan lupa gabung di Kelas Bahasa Inggris dulu untuk mendapatkan arahan dari tutor-tutor ahli sebelum menghasilkan karya sastra puisi kamu ya!

Source: https://www.masterclass.com/articles/how-to-write-poetry#11-rules-for-writing-good-poetry

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.