Aneka Makanan Jerman yang Menarik Dicoba, Sudah Tahu?

makanan jerman

Kuliner Jerman adalah salah satu budaya yang sangat menarik untuk diulas dan diketahui. Terlebih saat kamu mempelajari bahasanya, kamu akan semakin bersemangat setelah mengetahui makanan khas Jerman berikut.

Masakan tradisional Jerman itu kaya rasa. Walaupun berlemak, justru hal itu yang menjadikan makanan Jerman menjadi enak. Masakan Jerman juga sangat berbeda sepanjang tahun. Jamur, daging, dan sayuran disajikan tergantung musimnya masing-masing. Masyarakat Jerman juga memasak dengan bahan-bahan lokal yang segar.

makanan Jerman

Menu Makanan Jerman

Berbicara mengenai sejarahnya, selama ratusan tahun Kekaisaran Jerman terbagi atas wilayah-wilayah yang lebih kecil. Masyarakat masing-masing daerah memiliki budaya, adat istiadat, dan makanan khas mereka masing-masing. Akibatnya Jerman masih memiliki berbagai macam makanan dan kebiasaan tradisional yang sangat berbeda satu daerah dengan daerah lain.

Rheinischer Sauerbraten, Thuringian Bratwurst, dan Handkäs mit Musik (Hessen) terkenal di negara bagian tengah Jerman.

Di negara bagian utara makanan laut berlimpah, tetapi ada juga hidangan daging yang terkenal seperti Königsberger Klopse dan Grünkohl mit Pinkel. Labskaus terdiri dari daging kornet, kentang, bit dan herring.

Baca juga: Contoh Percakapan Bahasa Jerman yang Bisa Kamu Coba

Sarapan (Frühstück)

Orang Jerman yang berangkat kerja biasanya hanya sarapan ringan. Sereal, sepotong roti dengan selai, keju, atau potongan daging dingin.

Sekolah menyediakan waktu istirahat untuk sarapan sekitar pukul 10 pagi. Sementera itu orang yang bekerja seringkali memiliki kesempatan untuk makan camilan pada waktu istirahat.

Makan Siang (Mittagessen)

Tahukah kamu, orang Jerman senang menikmati makanan utama saat makan siang. Hal ini menjadi kebiasaan umum, terutama bagi wanita yang tidak bekerja.

Mittagessen Jerman tradisional terdiri dari sup bening, daging, sayuran, dan kentang atau nasi sebagai hidangan utama. Lalu diikuti dengan hidangan penutup yang lezat.

Di banyak restoran, kamu akan menemukan Stammessen atau Tagesgericht pada menu makan siang, yaitu tiga hidangan dengan harga khusus yang berubah setiap hari.

Coffee Break (Kaffee)

Kaffee mirip dengan waktu minum teh Inggris. Masyarakat Jerman gemar istirahat di waktu antara makan siang dan makan malam untuk menikmati secangkir kopi dan sepotong kue.

Di masa-masa sibuk, orang Jerman tidak akan memiliki waktu untuk kaffee break setiap hari, terutama saat bekerja. Namun, pada hari Minggu dan hari libur, minum Kaffee masih menjadi tradisi penting.

Untuk ulang tahun dan perayaan lainnya orang Jerman sering mengadakan acara zum Kaffee. Tuan rumah juga akan menyajikan berbagai hidangan kue untuk dinikmati para tamunya.

Baca juga: Periode Aufklarung di Jerman

Makan Malam (Abendessen)

Makan malam tradisional Jerman terdiri dari roti gandum atau roti panggang, potongan daging dingin, keju, salad, acar sayuran, ikan kaleng, atau bahkan sisa makan siang.

Namun, banyak orang Jerman menikmati makanan hangat untuk makan malam, terutama ketika mereka tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan makanan yang dimasak saat bekerja.

Di restoran, kita akan menemukan berbagai makanan yang disajikan dingin seperti Wurstsalat, Restaurationsbrot, berbagai jenis keju, sosis, dan lain-lain. Sering ada menu terpisah yang disebut Vesperkarte, atau Brotzeitkarte. Hidangan pada menu ini juga tersedia pada siang hari.

Fakta Kuliner Jerman

Orang Jerman sangat suka barbekyu. Saat suhu mulai naik menuju angka 20°C, orang Jerman akan memanggang aroma daging dan sosis saat makan malam, didampingi dengan kentang.

Walaupun begitu, dilarang memanggang barbekyu di apartemen karena aromanya dapat mengganggu dan ada risiko terbakar.

Resep Makanan Jerman Kartoffelpuffer

Panekuk kentang Jerman adalah hidangan yang mudah dibuat. Makanan tradisional ini biasa disajikan pada hari Jumat. Kartofelpuffer disukai siapapun, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Kentang Kukus Jerman

Selain Kartoffelpuffer, panekuk kentang lain yang ada di Jerman yaitu Reibekuchen dan Kartoffelpfannkuchen. Meskipun Reibekuchen disajikan asin, dapat pula dimakan dengan saus apel manis atau kolak plum. Bahkan ada pula yang menaburkan gula di atasnya.

Panekuk ini juga dapat disajikan dengan Liverwurst, salmon asap, atau krim asam. Namun cara tradisional untuk makan panekuk kentang adalah dengan saus apel.

Bagaimana cara membuatnya?

Bahan

1 kilogram kentang tepung – mehlige Kartoffeln
1 bawang bombay – Zwiebel
3 butir telur ukuran sedang – mittelgrosse Eier
40 g (6 sendok makan) tepung terigu – Mehl
1 sendok teh garam – Salz
100 ml (1/2 cangkir) minyak bunga matahari – Sonnenblumenöl

Langkah-Langkah

  • Kupas dan cuci kentang, kupas bawang.
  • Parut kentang dan bawang ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan telur dan garam lalu aduk rata.
  • Panaskan sebagian minyak dalam wajan anti lengket, masukkan 1 sendok adonan kentang ke dalam minyak panas, pipihkan adonan dengan sendok.
  • Tambahkan sesendok lagi untuk 1 atau 2 panekuk lagi. Jika adonan menyatu dengan hati-hati pisahkan masing-masing Kartoffelpuffer.
  • Balikkan panekuk segera setelah tepinya berubah menjadi cokelat. Masak sampai berwarna cokelat keemasan.
  • Setelah panekuk selesai, keringkan di atas tisu dapur. Letakkan di atas piring hangat di oven yang sudah dipanaskan sebelumnya agar tetap hangat sampai selesai memasak seluruh adonan.

Tips

  • Untuk hasil yang renyah, ambil kurang lebih dari satu sendok adonan kentang, dan ratakan.
  • Jika kamu lebih suka bagian dalamnya agak lunak, ambil satu sendok penuh adonan, dan jangan terlalu banyak.

Kosakata Makanan Jerman

  • Wurst – mengacu pada semua jenis sosis
  • Würstchen – sosis seperti Frankfurter, Wiener, Bockwurst, dan Rindswurst, biasanya dipanaskan dalam air panas atau sup
  • Bratwurst – sosis
  • Aufschnitt – irisan sosis, salami, ham
  • Hausmacher Wurst – mengacu pada sosis hangat seperti Liverwurst dan puding hitam
  • Brot – roti, ada lebih dari 300 jenis roti di Jerman
  • Brötchen, Semmel, Schribbe – nama lain roti gulung, tergantung pada wilayahnya
  • Kuchen – kue | Torte – kue kaya dengan beberapa lapisan dan krim
  • Plätzchen – kue
  • Stückchen – kue kecil, scone, dan kue kering
  • Schnellimbiss – gerai makanan cepat saji yang menjual Bratwurst, hamburger, dan makanan ringan lainnya

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.