Makna Yin Yang dan Filosofi Keseimbangan 5 Elemen

yin yang

Kursus Bahasa Mandarin – Tentu kamu pernah melihat simbol lingkaran hitam-putih dengan dua titik atau disebut yin yang. Yin dan yang mengandung filosofi mendalam sejak dahulu kala, walaupun pada praktiknya dapat diimplementasikan dalam kehidupan modern sekalipun.

Berikut ini arti yin yang yang perlu kamu ketahui.

Arti Simbol Yin Yang

Simbol yin yang merepresentasikan keseimbangan dinamis antara dua kekuatan yang berseberangan, tetapi saling melengkapi dan berhubungan, atau dikenal sebagai energi chi.

Singkatnya, prinsip yin dan yang menunjukkan bahwa di setiap aspek dunia fisik, ada dualisme. Maka itu ada pula elemen di dunia metafisik, yang tidak kita lihat tetapi selalu dirasakan, berada di sekitar kita.

Tidak diketahui dengan pasti awal mula simbol yin dan yang berasal. Walaupun begitu, simbol ini sudah ada sejak zaman Neolitikum (3400 SM).

Yin dan yang juga ada di buku I Ching (Buku Perubahan) yang ditulis pada masa 1000-750 (SM) dan masih dipakai sama sekarang.

Teori ini beredar di literatur pada masa dinasti Yin dan Zhou (1047-256 SM), masa yang sangat berpengaruh di mana mulai muncul Konfusianisme dan Taoisme.

Apa Arti Yin?

Yin merepresentasikan energi Bumi, yakni lebih menerima, tenang, gelap, terikat dengan Bulan, lautan, dan bayangan. Yin diasosiasikan dengan energi feminin.

Yin juga diasosiasikan dengan musim dingin, sementara yang musim panas. Musim gugur lebih yin daripada musim panas, tetapi lebih yang daripada musim dingin.

Apa Arti Yang?

Yang merepresentasikan matahari, yakni cahaya, meluas, dan terkadang ceroboh atau nekat. Yang diasosiasikan dengan energi maskulin.

arti yin yang
arti yin yang

Keseimbangan 5 Elemen

Selain energi chi, dipercaya dunia berubah berdasarkan lima elemen dasar, yakni kayu, api, tanah, metal, dan air. Dua pandangan filosofis ini dikembangkan untuk menjelaskan dan memahami fenomena alam, termasuk tubuh manusia.

Kayu

Kayu diasosiasikan dengan hati dan kantung empedu, musim semi, warna hijau, emosi marah, lubang mata, jaringan tendon atau ligamen, keluarnya air mata, serta waktu antara 23.00 sampai 03.00.

Api

Elemen api diasosiasikan dengan jantung dan usus kecil, musim panas, warna merah, emosi sukacita atau ketakutan, lidah, jaringan pembuluh darah, keluarnya keringat, dan waktu antara 11.00 sampai 15.00.

Tanah

Elemen tanah diasosiasikan dengan perut dan limpa, akhir musim panas, warna kuning, emosi kecemasan, mulut, jaringan otot, keluarnya ludah, dan waktu antara 07.00 sampai 11.00.

Metal

Elemen metal diasosiasikan dengan paru-paru dan usus besar, musim gugur, warna putih, emosi kesedihan atau duka cita, lubang hidung, jaringan kulit atau rambut, keluarnya cairan dari hidung, dan waktu 03.00 sampai 07.00.

Air

Elemen air diasosiasikan dengan ginjal dan kandung kemih, musim dingin, warna hitam, emosi ketakutan atau teror, lubang telinga, jaringan tulang, keluarnya urin, dan waktu antara 15.00 sampai 19.00.

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.