Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Begini Meriahnya Oktoberfest, Bir hingga Hiburan Berlimpah

oktoberfest

Hendak pelesir ke Jerman? Akan lebih seru kalau kamu menguasai bahasa setempat! Kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jerman sebagai bekal.

Bulan September dan Oktober adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Jerman. Pasalnya kamu tidak akan melewatkan Oktoberfest, acara terbesar yang paling dinantikan di seluruh Jerman.

Oktoberfest adalah

Oktoberfest merupakan festival tahunan yang diselenggarakan di Munich, Jerman. Acara berlangsung mulai dari akhir September sampai Minggu pertama Oktober, yakni kurang lebih selama 16 hari.

Festival tersebut sudah diselenggarakan sejak 200 tahun lalu. Selama Oktoberfest, pengunjung menikmati berbagai wahana hiburan, penampilan musik folk, sajian makanan, dan tentu saja bir yang berlimpah.

Pengunjung dari seluruh Jerman dan seluruh dunia berbondong-bondong menghadiri Oktoberfest setiap tahunnya.

oktoberfest
Oktoberfest.

Sejarah Oktoberfest

Oktoberfest pertama diadakan pada 12 Oktober 1810. Acara tersebut awalnya merupakan resepsi pernikahan Pangeran Bavaria, yang kemudian menjadi Raja Louis I, dengan Putri Therese von Sachsen-Hildburghausen.

Acara berlangsung selama lima hari. Salah satu agendanya adalah pacuan kuda di area terbuka yang disebut dengan Theresienwiese, artinya Padang Rumput Therese.

Pada tahun berikutnya, ditambahkan agenda pameran agrikultur. Pada 1818, penjaja makanan dan minuman mulai dilibatkan, termasuk para pembuat bir.

Setahun setelahnya, pemerintah Munich mengambil alih penyelenggaraan festival. Patung Bavaria didirikan. Ayam panggang dengan resep tradisional disajikan di berbagai stan.

Pada 1950, dimulai tradisi Wali Kota Munich membuka festival dengan cara memukul tong bir menggunakan palu sambil berseru, “O’zapft is!” Lalu ia meneguk gelas bir pertama sebagai tanda pembukaan.

Area pintu masuk Oktoberfest pernah dibom pada 26 September 1980. Sebanyak 13 orang terbunuh dan 200 orang terluka.

Namun peristiwa itu tidak menyurutkan semangat perayaan orang Munich. Pada 1985, Oktoberfest ke-175 memecahkan rekor dengan menerima 7,1 juta pengunjung.

Pada 2010, diadakan pacuan kuda untuk memperingati 200 tahun terselenggaranya Oktoberfest. Pada 2020, festival tersebut ditiadakan akibat pandemi virus Corona. Oktoberfest rencananya kembali diselenggarakan pada 2022.

Selama 200 tahun sejarahnya, Oktoberfest pernah ditiadakan sebanyak 25 kali akibat wabah, perang, dan inflasi.

oktoberfest
Oktoberfest.

Fakta Unik Oktoberfest Kini

  • Oktoberfest adalah festival tahunan terbesar di dunia yang menarik minat jutaan pengunjung.
  • Menurut tradisi, hanya bir asli Munich yang dapat disajikan selama Oktoberfest. Terdapat enam pembuat bir yang berpartisipasi, yakni Augustiner, Hacker-Pschorr, Hofbräu-München, Löwenbräu, Paulaner, dan Spaten.
  • Festival dimajukan pada akhir September terkait alasan cuaca. Saat ini festival berakhir pada Minggu pertama Oktober.
  • Banyak pengunjung festival yang mengenakan pakaian tradisional Bavaria, yakni lederhosen untuk pria dan dirndls untuk wanita.
  • Setiap tahunnya festival memecahkan rekor baru, seperti jumlah bir dan ayam yang dikonsumsi selama acara.
  • Sejumlah kota di berbagai belahan dunia mengadakan festival serupa Oktoberfest. Salah satunya adalah Kitchener-Waterloo di Kanada.
  • Setiap Oktoberfest rata-rata menghabiskan 6 juta liter bir.