Beasiswa KSE: Tunjangan, Timeline, Syarat dan Cara Daftar

beasiswa kse

Beasiswa KSE atau beasiswa Karya Salemba Empat merupakan beasiswa dalam negeri yang diberikan untuk anak bangsa di jenjang S1.

Kamu bisa ikuti beasiswa ini untuk dapatkan bantuan pendanaan kuliah. Cek timeline dan juga benefit beasiswanya disini.

Jika kamu tertarik mengikuti beasiswa dalam maupun luar negeri, Lister bisa membantu kamu di program Kursus mentoring beasiswa.

Beasiswa KSE (Karya Salemba Empat)

Beasiswa KSE adalah salah satu program bantuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Karya Salemba Empat (beasiswa karya salemba empat).

Program ini ditujukan bagi mahasiswa jenjang Strata 1 (S1) yang sedang menempuh pendidikan di universitas-universitas mitra KSE.

Mahasiswa yang ingin meraih gelar sarjana dan membutuhkan bantuan keuangan sangat dianjurkan untuk mendaftar beasiswa ini.

Beasiswa kse 2024 tidak hanya membantu mahasiswa dari sisi finansial, tapi juga menyediakan berbagai program pelatihan.

Seperti kepemimpinan, kewirausahaan, hingga coaching, untuk membantu penerima beasiswa menjadi lulusan yang lebih siap menghadapi dunia kerja.

Baca juga : S1 dengan Beasiswa Tanoto Foundation, Cek Jadwal dan Cakupannya!

Benefit Beasiswa KSE Dapat Uang Berapa?

Penerima KSE beasiswa akan mendapatkan tunjangan biaya hidup sebesar Rp 750.000 per bulan selama satu tahun akademik.

Jumlah ini tentu sangat membantu mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari selama kuliah.

Selain itu, untuk mahasiswa yang berprestasi dan aktif dalam kegiatan sosial, ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa unggulan, yang memberikan tunjangan tambahan berupa biaya SPP/BOP sebesar Rp 1.500.000 per semester.

Ada juga tunjangan untuk biaya skripsi atau tugas akhir yang besarnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan tunjangan tersebut, beasiswa kse adalah salah satu pilihan terbaik untuk mahasiswa yang ingin fokus pada pendidikannya tanpa terlalu terbebani oleh biaya hidup.

Kapan Beasiswa KSE Dibuka? (Timeline Pertahun)

Pendaftaran beasiswa karya salemba empat dilakukan secara bertahap, dengan jadwal pendaftaran yang berbeda untuk tiap universitas. Berikut adalah rincian jadwal untuk beasiswa kse 2024:

  • Tahap 1: 18-28 Februari 2024, untuk universitas seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Lampung (UNILA), dan Universitas Mulawarman (UNMUL).
  • Tahap 2: 29 Februari-10 Maret 2024, untuk universitas seperti Universitas Airlangga (UNAIR) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).
  • Tahap 3: 11-21 Maret 2024, untuk universitas seperti Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Udayana (UNUD).
  • Tahap 4: 22-31 Maret 2024, untuk universitas seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Penting bagi calon pendaftar untuk memeriksa tanggal pendaftaran masing-masing universitas agar tidak ketinggalan jadwal pendaftaran.

Baca juga : Beasiswa Indonesia Maju: Definisi, Timeline & Tunjangan

Alur Seleksi Beasiswa KSE

Alur seleksi Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) terdiri dari beberapa tahap penting yang harus diikuti oleh calon penerima.

1. Melengkapi syarat dokumen

Pertama, mahasiswa harus melengkapi berkas administrasi, seperti KTP, KTM, slip gaji orang tua, dan dokumen pendukung lainnya, serta membuat vlog perkenalan diri sesuai dengan persyaratan.

Setelah semua dokumen diunggah ke sistem pendaftaran online KSE, tim seleksi akan memeriksa kelengkapan berkas.

2. Wawancara

Tahap selanjutnya adalah proses wawancara, yang dilakukan oleh alumni penerima beasiswa, donatur, atau pihak manajemen KSE.

Proses ini bertujuan untuk menilai lebih dalam motivasi dan kesesuaian calon penerima dengan program KSE.

Jika dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa akan diumumkan sebagai penerima beasiswa dan diwajibkan melakukan registrasi ulang, termasuk menyerahkan data rekening bank untuk pencairan dana. 

Seluruh proses seleksi ini dirancang untuk memastikan penerima beasiswa benar-benar memenuhi kriteria yang diharapkan oleh yayasan.

Syarat Beasiswa KSE

Agar bisa diterima sebagai penerima kse beasiswa, ada beberapa persyaratan beasiswa kse yang harus kamu penuhi. Berikut syarat utama untuk mendaftar:

  1. Mahasiswa aktif di jenjang pendidikan S1.
  2. Telah menempuh minimal semester kedua.
  3. Belum menikah.
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari fakultas, universitas, lembaga, atau pihak ketiga lain.
  5. Berkuliah di universitas mitra beasiswa KSE.

Selain itu, ada beberapa berkas yang harus disiapkan, seperti KTP, KTM, slip gaji orang tua, tagihan listrik, dan foto diri dengan almamater. Dokumen-dokumen ini akan digunakan sebagai bukti kelayakan dalam proses seleksi.

Cara Daftar Beasiswa KSE

Untuk daftar beasiswa kse, kamu perlu mengikuti langkah-langkah yang cukup sederhana namun memerlukan ketelitian. Berikut adalah cara pendaftarannya:

  1. Kunjungi situs resmi di www.beasiswa.or.id.
  2. Buat akun di sistem pendaftaran online KSE.
  3. Lengkapi semua data yang diperlukan, termasuk mengunggah dokumen seperti foto diri, KTP, KTM, slip gaji orang tua, dan dokumen lainnya.
  4. Buat vlog perkenalan diri berdurasi 1—2 menit, di mana kamu menjelaskan latar belakang keluarga dan alasan mengapa membutuhkan beasiswa KSE. Vlog ini perlu diunggah ke Google Drive, dan link-nya dibagikan di sistem pendaftaran KSE.
  5. Setelah semua langkah selesai, pastikan kamu sudah melakukan registrasi dan menyimpan semua bukti pendaftaran.

Proses pendaftaran akan dilanjutkan dengan seleksi dokumen dan wawancara. Pastikan semua data yang kamu masukkan benar dan sesuai syarat yang ditentukan untuk meningkatkan peluang diterima.

Untuk anda : Beasiswa Indonesia Bangkit: Definisi, Tunjangan, Jadwal Pendaftaran

Manfaatkan Kesempatan Beasiswa KSE dengan Baik

Dengan peluang besar yang ditawarkan oleh beasiswa karya salemba empat, kamu bisa mewujudkan impian kuliah tanpa harus khawatir tentang biaya.

Program ini tidak hanya memberikan bantuan finansial, tetapi juga berbagai pelatihan yang bisa membantumu berkembang sebagai individu dan profesional.

Jadi, pastikan kamu memenuhi semua persyaratan beasiswa kse dan segera daftar beasiswa kse sesuai dengan jadwal pendaftaran universitasmu.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, cari tahu lebih banyak tentang cara mendaftar dan manfaat beasiswa kse adalah dengan mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang sudah dijelaskan di atas.

Dapatkan beasiswa terbaik, gabung mentoring beasiswa by Lister!

Mengincar berbagai beasiswa besar dari dalam maupun luar negeri? kamu bisa coba mengikuti Kursus mentoring beasiswa dari Lister.

Di program ini kamu dibimbing cara-cara, strategi dan langkah daftar beasiswa dan cara mencari beasiswa sesuai kebutuhan pendidikan kamu.

Tutor merupakan tutor berprestasi yang juga alumni awardee, jadi tutor Lister bisa bantu kamu memberikan insight maupun pengetahuan baru.

Mentoring beasiswa ini sangat membantu kamu mempersiapkan keperluan dengan terarah. Cek juga tutor Lister di halaman tutor!

Informasi lebih dalam tentang mentoring beasiswa bisa langsung konsultasi melalui Whatsapp Lister!

Sumber gambar sampul: Lister

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts