7 Bandar Udara Terbesar di Dunia, Luasnya 700 Km2 Lebih!

bandar udara terbesar di dunia

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Bila kamu berpikir tentang bandar udara terbesar di dunia, apa yang terlintas dalam benakmu? Luas yang sangat besar tentu menjadi hal pertama yang diperhatikan.

Bandar udara memiliki peranan penting dalam menghubungkan berbagai destinasi di seluruh dunia. Sudah jadi hal yang pasti, bandar udara terbesar di dunia tentunya menawarkan berbagai fasilitas menarik.

Lantas, apa saja bandar udara terbesar di dunia? Berikut daftar lengkapnya, sebagaimana dihimpun dari Katadata.co.id:

1. King Fahd International Airport (Arab Saudi) – 776 Km2

Bandar udara terbesar di dunia yang pertama adalah King Fahd International Airport atau yang dikenal dengan KFIA. Terletak di King Fahd Rd, Dammam, Arab Saudi, bandara ini diresmikan pada 1999.

Bandar utara terbesar di dunia ini menjadi hub ketiga di Arab Saudi setelah Bandara Internasional Raja Khalid di Riyadh dan Bandara Internasional Raja Abdul Aziz di Jeddah. KFIA melayani penerbangan ke berbagai destinasi, termasuk Dammam, Khobar, Ras Tanura, Dhahran, Qatif, dan Jubail.

Selain itu, di perbatasan bagian selatan bandar udara, terdapat Saudi Aramco yang merupakan perusahaan minyak nasional Arab Saudi yang menempati area seluas 250 kilometer persegi.

Baca Juga: 55 Istilah Penerbangan Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Tahu Artinya

2. Denver International Airport (AS) – 135,71 Km2

Denver International Airport adalah salah satu bandar udara terbesar di dunia. Terletak di 8500 Peña Blvd, Denver, AS, bandar udara ini terkenal dengan landasan pacu terpanjang di Amerika Serikat.

Pada 2009, bandara internasional Denver dinobatkan sebagai bandara tersibuk ke-10 di dunia dengan 50.167.485 penumpang.

Selain itu, bandara ini juga menempati posisi keempat sebagai bandara tersibuk di dunia, dengan 600.606 pergerakan pesawat. Bandar udara ini juga berada di timur laut Kota Denver, menjadi bagian penting dari jaringan transportasi Amerika.

3. Dallas/Fort Worth International Airport (AS) – 69,63 Km2

Bandar udara terbesar di dunia ketiga ini terletak di antara kota Dallas dan Fort Worth. Dengan luas area 6.963 hektar, bandara ini menjadi salah satu bandara tersibuk di Amerika Serikat berdasarkan lalu lintas penumpang, dengan 652.261 pesawat.

Sebagai bandara tersibuk keempat di dunia, Dallas/Fort Worth International menawarkan koneksi mudah ke bandara lainnya seperti Bandara Dallas Love Field dan Bandara Corsicana. Jika kamu ingin berkunjung ke berbagai kota atau negara, bandar udara ini menjadi salah satu pilihan utama.

4. Orlando International Airport (AS) – 53,83 Km2

Terletak di tenggara pusat kota Orlando, Florida, bandar udara terbesar di dunia keempat ini menampung 44.611.265 penumpang pada 2017.

Orlando International Airport menjadi bandar udara tersibuk di Florida dan menawarkan penerbangan melalui berbagai maskapai seperti Silver Airways, Avianca, dan British Airways. Dekat dengan Bandara Melbourne dan Bandara Lakeland, bandara ini memberikan akses mudah ke berbagai destinasi.

5. Washington Dulles International Airport (AS) – 48,56 Km2

Washington Dulles adalah salah satu bandar udara terbesar di dunia yang resmi dibuka pada 1962. Terletak di timur Amerika Serikat, bandara ini melayani wilayah metropolitan Baltimore-Washington-Northern Virginia.

Diberi nama oleh John Foster Dulles, bandara ini dekat dengan Bandara Washington Ronald Reagan dan menyediakan berbagai maskapai seperti Avianca dan Delta Air Lines.

6. George Bush Intercontinental Airport (AS) – 44,51 Km2

Bandar udara terbesar di dunia keenam ini terletak 37 kilometer dari pusat kota Houston. George Bush Intercontinental menerima penerbangan dari berbagai negara dan memiliki beberapa rute internasional dan domestik tersibuk.

Bandara ini juga dikelola oleh Houston Sugarland Baytown, dan menawarkan rute ke Kota Meksiko, London, San Jose, dan banyak lagi.

7. Shanghai Pudong International Airport (lanjutan)

Shanghai Pudong juga menjadi simbol dari pertumbuhan ekonomi dan perkembangan industri penerbangan di Tiongkok. Bandar udara terbesar di dunia ini dilengkapi dengan dua terminal penumpang yang mampu melayani penerbangan domestik dan internasional.

Beberapa maskapai terkemuka yang mendarat di sini termasuk Aeroflot, Air Canada, dan Emirates. Bandara ini melayani penerbangan di Kota Shanghai sekitar 60%, dan memiliki berbagai fasilitas seperti tempat makan dan area pertokoan.

Jadi, ketujuh bandar udara terbesar di dunia ini tidak hanya berfungsi sebagai pintu gerbang ke berbagai destinasi global, tetapi juga sebagai contoh inovasi dalam desain, teknologi, dan efisiensi operasional. Dari Arab Saudi hingga Amerika Serikat dan Tiongkok, setiap bandara mencerminkan karakteristik unik dari kota dan negara tempat mereka berada.

KFIA menonjol sebagai hub minyak, sementara Denver International dikenal dengan landasan pacunya yang panjang. Dallas/Fort Worth menyediakan konektivitas yang luas, sementara Orlando International menawarkan akses ke tujuan wisata populer di Florida.

Washington Dulles menghubungkan wilayah metropolitan besar, George Bush Intercontinental menjadi penghubung internasional di Houston, dan Shanghai Pudong menandai kebangkitan industri penerbangan Tiongkok.

Bandar udara terbesar di dunia ini menjadi pintu gerbang yang menghubungkan berbagai negara dan budaya, membuktikan bahwa ukuran memang berarti segalanya dalam industri penerbangan.

Baca Juga: Pelatihan Bahasa Asing Jadi Modal Industri Penerbangan

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.