Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia, Apa Saja?

Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Kursus Bahasa Mandarin Ketahui deretan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Pasalnya, bahasa adalah alat komunikasi yang penting bagi kelangsungan hidup umat manusia. Mulai dari pertukaran informasi hingga penyampaian apa yang dihendaki atau emosi juga menggunakan bahasa. 

Di dunia, ada banyak sekali negara yang memiliki bahasanya sendiri-sendiri. Itu karena dipengaruhi oleh keragaman budaya dan geografi sehingga memungkinkan munculnya banyak bahasa. 

Di tengah era globalisasi yang berkembang secara masif, penggunaan bahasa lebih dari satu terutama bahasa internasional menjadi penting untuk bisa masuk ke berbagai lini kehidupan. 

Simak sederet bahasa yang paling banyak digunakan di dunia berikut ini.

Bahasa yang paling banyak digunakan di dunia

Di tengah keragaman kebahasaan di dunia, ada beberapa bahasa yang paling banyak digunakan di dunia sebagai penghubung atau jembatan saat berlibur atau menjelajahi negara. 

Oleh karena itu, dianggap penting untuk melakukan pemahaman terhadap bahasa yang mendominasi ini. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi salah satu kunci dalam memahami interaksi global dan peran pentingnya dalam membentuk dunia kontemporer.

1. Bahasa Inggris

Dilansir dari laman britannica, sedikitnya ada sekitar 25 bahasa yang digunakan oleh lebih dari 78 juta penduduk di dunia. 

Paling utama adalah bahasa Inggris. Dalam artikel tersebut menyebutkan kalau bahasa Inggris memiliki 400 juta penutur asli dan lebih dari 1 miliar penutur asing. 

Menurut Ethnologue, bahasa Inggris menjadi bahasa paling umum di dunia. Bahkan bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang banyak digunakan dalam dunia internasional, pariwisata, teknologi, dan pendidikan. 

Orang dengan kemampuan bahasa Inggris, maka bisa mengakses lebih dari 60 persen publikasi yang ada di dunia maya. 

2. Bahasa Mandarin

Bahasa yang paling banyak digunakan di dunia urutan kedua adalah bahasa Mandarin. Penutur bahasa tersebut memiliki jumlah hingga 1,1 miliar. 

Dengan kumulatif penutur bahasa asli mencapai 929 juta. bahasa Mandarin bisa menjadi salah satu jenis bahasa yang wajib kamu kuasai. 

Bahasa Mandarin merupakan sekumpulan dialek dari bahasa Tiongkok yang mana dialek ini sama-sama dipahami dan dimengerti satu sama lain. 

3. Bahasa Hindi

Selanjutnya, ada bahas Hindi dengan penutur asli mencapai 343 juta orang. Total penutur dengan bahasa lainnya hingga 602 juta orang. 

Bahasa Hindi sama dengan bahasa Inggris yang mana menjadi satu diantara 22 bahasa resmi yang digunakan di India. 

Salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ini juga digunakan oleh lebih dari seperempat masyarakat setempat di Nepal. 

4. Bahasa Spanyol 

Bahasa spanyol memiliki penutur asli mencapai 474 juta orang. Ekspansi kolonial Spanyol yang cukup luas dan masif membuat bahasa dan budaya Spanyol mudah ditemui hampir di Amerika, Afrika, dan Asia. 

Saat ini, ada sekitar 21 negara berbahasa Spayol di dunia yang menuturkan bahasa tersebut. Fakta menariknya adalah negara kedua dengan jumlah penutur bahasa Spanyol terbesar di dunia adalah Amerika. 

5. Bahasa Perancis

Bahasa yang paling banyak digunakan di dunia yang selanjutnya adalah bahasa Perancis. Bahasa tersebut menduduki posisi kelima dengan jumlah 300 juta penutur asli. 

Ada sekitar 29 negara yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi dan formal. Ada Belgia, Luksemburg, Madagaskar, dan Senegal. 

Selain itu, ada sekitar 11 wilayah luar negeri yang tersebar di seluruh dunia yang juga menggunakan bahasa Perancis. Seperti Guyana Prancis, Guadeloupe, dan Kaledonia Baru. 

6. Bahasa Arab

Bahasa Arab menduduki peringkat keenam sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Ada sekitar 26 negara yang ada di Timur Tengah dan Afrika Utara yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi. 

Total jumlah penutur yang menggunakan bahasa Arab, ada sekitar 422 juta. Selain itu, keberadaannya sebagai bahasa keagamaan yang sangat penting memberikan kontribusi besar terhadap pengaruh dan penggunaannya di dunia.

7. Bahasa Bengali

Bengali merupakan bahasa resmi di negara Bangladesh. Bahasa tersebut banyak digunakan dan dituturkan oleh masyarakat di India dan Myanmar. 

Walau termasuk negara dengan letak geografis yang kecil, tetapi penutur bahasa resmi tersebut cukup banyak hingga mencapai 272 juta. 

Kursus Bahasa Mandarin, Wujudkan Studi dan Karier Impianmu!

Syarat untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di China adalah menguasai bahasanya. Untuk meraih peluang lebih luas, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Mandarin Lister.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh mego-studio di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.