Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Arti Gomawo Bahasa Korea, Lengkap dengan Variasinya

arti gomawo

Kesempatan kuliah dan bekerja di luar negeri kini semakin terbuka lebar serta dapat dijangkau siapa saja, termasuk di Korea. Namun untuk meraih kesempatan tersebut, dibutuhkan persiapan yang cukup.

Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus bahasa Korea. Dengan mengikuti kursus tersebut, kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Korea bersama tutor-tutor ahli dan terpercaya.

Sebagai persiapan mengikuti kursus, kamu dapat mempelajari berbagai kosakata bahasa Korea yang mudah dan pasti terpakai sehari-hari. Contohnya adalah ucapan gomawo yang pasti sering kamu dengar dalam drama atau film Korea.

Apa Arti Gomawo?

고마워 (gomawo) berarti “terima kasih”. Versi “terima kasih” ini digunakan dalam situasi yang tidak terlalu formal.

Kamu bisa mengucapkan 고마워 (gomawo) kepada seseorang yang cukup dekat atau berusia lebih muda daripada kamu. Kamu juga dapat mengatakannya kepada teman dekat, keluarga, atau anak kecil.

Dalam bahasa Indonesia, 고마워 (gomawo) dapat dipadankan dengan “makasih“.

Berikut contoh kalimatnya.

난 괜찮아, 고마워. (nan gwaenchana, gomawo) – Aku baik-baik saja, makasih!

선물을 사줘서 고마워. (seonmuleul sajwoseo gomawo) – Terima kasih sudah membelikanku hadiah.

“Terima Kasih” Versi Formal

Selain versi informal, terdapat “terima kasih” yang biasa digunakan dalam situasi lebih formal, yakni 감사합니다 (gam sa ham ni da). Kata ini adalah versi “terima kasih” yang paling umum di Korea.

Kamu bisa menggunakan kata “terima kasih” ini kepada orang asing atau orang yang lebih tua. Kata ini bisa kamu ucapkan dalam percakapan sehari-hari.

Berikut contoh kalimatnya.

시간 내주셔서 대단히 감사합니다. (sigan naejusyeoseo daedanhi gam sa ham ni da) – Terima kasih banyak untuk waktumu.

도와 주셔서 감사합니다. (dowa jusyeoseo gam sa ham ni da) – Terima kasih sudah membantuku.

염려해 주셔서 감사합니다 (yeomnyeohae jusyeoseo gam sa ham ni da) – Terima kasih atas perhatianmu.

Kata 감사 (gamsa) berarti “rasa syukur” atau “apresiasi” dalam bahasa Korea. Kata 합니다 (hamnida) berarti “melakukan”. Jika digabungkan, 감사합니다 (gam sa ham ni da) berarti “berterima kasih”.

감사합니다 (gam sa ham ni da) biasanya diucapkan cepat-cepat, sehingga kedengarannya seperti 감삼니다 (gam sam ni da).

Versi lainnya dari “terima kasih” yang informal adalah 고맙습니다 (go map seum ni da). Kata ini juga cukup umum digunakan untuk mengucapkan “terima kasih”.

Kamu bisa menggunakan 고맙습니다 (go map seum ni da) dalam situasi yang formal. Kata ini tergolong sopan. Artinya dapat digunakan kepada teman, keluarga, rekan kerja, dan lain-lain.

Kamu akan sering mendengar kata ini di siaran televisi atau acara formal. Kamu bisa menggunakan 감사합니다 (gam sa ham ni da) maupun 고맙습니다 (go map seum ni da).