Arti Ago: Fungsi dan Contoh Penggunaan Kalimat yang Mesti Kamu Tahu!

lister blog juni arti fungsi dan contoh ago

Kata ago dalam percakapan bahasa Inggris memang sering terdengar dan mungkin disepelekan. Namun, penting lho untuk mengetahui lebih dalam tentang penggunaan kata ago ini.

Pada kesempatan kali ini, saatnya kamu mendalami pemahaman tentang apa arti kata ago dengan cara penggunaan dan contoh kalimatnya. 

Simak ulasannya di bawah ini ya!

Pengertian dan Fungsi kata ago

Secara harfiah, kata ago berarti yang lalu atau masa lampau. Sehingga, tak heran kalau penggunaan kata ago dikaitkan dengan kejadian masa lalu.

Biasanya tenses yang digunakan jika ada kata ago adalah simple past tense. 

Misalnya, “Ana went home one day ago”. Kata went adalah verb 2 yang menandakan penggunaan simple past tense.

Beberapa kata seperti ages ago, before, time was, since, back, from way back, etc adalah kumpulan kata yang mirip dengan ago yaitu menunjukkan waktu lampau.

Contoh kalimat & penggunaan kata ago

Agar semakin memahami penggunaan kata ago dalam kalimat bahasa Inggris, simak beberapa contoh kalimatnya di bawah ini ya!

  • How long ago did this happen? (Sudah berapa lama ini terjadi?)
  • Five years ago that day she had met Alex. (Lima tahun yang lalu hari itu dia bertemu Alex).
  • Long ago, almost everyone farmed. (Dulu, hampir semua orang bertani).
  • Three weeks ago she would have been embarrassed by such a conversation. (Tiga minggu yang lalu dia akan malu dengan percakapan seperti itu).
  • A few months ago she didn’t know the true meaning of love. (Beberapa bulan yang lalu dia tidak tahu arti cinta yang sebenarnya).
  • Not more than four hours ago he was so mad at her that he could hardly speak. (Tidak lebih dari empat jam yang lalu dia sangat marah padanya sehingga dia hampir tidak bisa berbicara).
  • She’s a friend of mine, for I met her in the Land of Ev, not long ago, and went to Oz with her. (Dia adalah teman saya, karena saya bertemu dengannya di Tanah Ev, belum lama ini, dan pergi ke Oz bersamanya).

Dari contoh di atas, dapat diidentifikasi bahwa ada catatan penggunaan kata ago dalam bahasa Inggris, yaitu:

  • Selalu ada expression of time yang mengikuti, seperti  a day, a month, a while, a year.
  • Disertai that clause
  • Waktu lampau memiliki hubungan dengan masa sekarang

Demikian materi pembahasan kata ago dalam bahasa Inggris yang mesti kamu pahami. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu punya, kamu bisa gabung di Program Grammar English. Yuk daftar sekarang!