Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Apa Itu Meme? Simak Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

Meme dalam bahasa Inggris

Beberapa tahun terakhir, ada banyak sekali gambar lucu, aneh, dan menggelitik yang tersebar di internet. Gambar-gambar itu yang kemudian disebut “meme”. Meme telah menjadi bagian dari cara berkomunikasi kaum milenial di era yang serba digital ini. Bahkan beberapa sumber mengatakan, meme telah ada sejak ribuan tahun yang lalu, hanya saja baru sebagian kecil orang yang menelusurinya. Namun, sebenarnya apa itu meme dan apa saja jenisnya? Simak selengkapnya di sini!

meme dalam bahasa Inggris

Pengertian Meme

Meme adalah ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Kata meme pertama kali diperkenalkan oleh Richard Dawkins pada tahun 1976, melalui bukunya yang berjudul The Selfish Gene. Dawkins yang merupakan
seorang ahli biologi, membutuhkan nama untuk replikator barunya.

“We need a name for the new replikator, a noun that conveys the idea of a unit imitation. ‘Mimeme” comes from a suitable Greek root, nut I want a monosyllable that sounds a bit like ‘gene’.

Sedangkan menurut KBBI, meme adalah cuplikan gambar dari acara televise, film, dan sebagainya, atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan cara menambahkan kata-kata atau tulisan yang bertujuan untuk menghibur.

Ciri-Ciri Meme

Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman.

Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain.

Jenis Meme

Meme ternyata memiliki banyak jenis yang berbeda-beda, tentunya mereka juga memiliki tujuannya masing-masing.

Meme Sindiran: Meme sindiran biasanya digunakan untuk menyindir seseorang dengan ciri khas tertentu. Meme ini cukup terkenal di kalangan remaja.

Meme Percintaan: Meme ini kebanyakan menggambarkan kegalauan para remaja ataupun remaja yang sedang menjalin hubungan (pacaran).

Meme Motivasi: Meme ini dikenal berisi pesan mengenai hal-hal positif yang sebaiknya dijalani dalam hidup.

Meme Joke: Meme joke adalah meme yang paling banyak diminati anak muda. Meme ini berisi kumpulan gambar-gambar lucu yang menghibur. Selain gambar, editan dan tulisan yang dibuat nyeleneh juga sangat menggelitik.

Meme Politik: Meme ini khusus membahas politik, tetapi tetap terdapat unsur komedi di dalamnya.

Contoh Meme dalam Bahasa Inggris

17 English Language Memes to Spark Your Fluency
17 English Language Memes to Spark Your Fluency
guinea pig drawing
tent
Screenshot 11
English memes