Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Apa itu Manajer? Ini Peran Pentingnya di Perusahaan

apa itu manajer

Meningkatkan kemampuan diri akan melejitkan karier profesional. Salah satu kemampuan yang perlu ditingkatkan adalah menggunakan bahasa asing. Untuk itu, kamu bisa mengambil kelas bahasa asing untuk karyawan di Lister for Company.

Dengan kemampuan yang mumpuni, bukan tidak mungkin kamu mendapat tawaran posisi manajer.

Berikut pengertian dan peran manajer dalam perusahaan.

Apa itu Manajer?

Manajer adalah pegawai perusahaan yang bertanggung jawab mengkoordinasi dan memimpin kerja suatu tim. Tugas utamanya adalah memberi arahan, memimpin, dan mengawasi bawahannya demi meraih tujuan organisasi. Ia juga memberikan laporan kinerja kepada eksekutif perusahaan.

Ia bertanggung jawab untuk operasi departemen. Dalam hierarki perusahaan, posisi manajer berada di atas sebagian besar pegawai, tetapi di bawah eksekutif.

Seorang manajer harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang mumpuni. Dengan begitu, tujuan perusahaan dapat dicapai dengan tepat.

Peran Manajer di Perusahaan

Manajer menjalankan peran dan fungsi berikut ini di perusahaan.

1. Perencanaan

Manajer merencanakan kerja setiap anggota departemen dalam rangka mencapai tujuan. Perencanaan dapat mencakup berbagai hal, mulai dari rencana bisnis, kebutuhan sumber daya manusia (SDM), target kerja, alur kerja, hingga anggaran.

2. Pengaturan

Selanjutnya manajer bertanggung jawab mengatur tim agar bekerja sesuai dengan tujuan organisasi. Termasuk di antaranya perencanaan kerja, pendistribusian tugas, penentuan target, penyusunan standar operasional prosedur (SOP), dan mengaplikasikan proses kerja yang efektif.

3. Pengawasan

Manajer mengawasi tim untuk memastikan kinerjanya baik. Manajer juga bertugas mengidentifikasi masalah yang muncul dan membantu mengatasinya.

4. Evaluasi

Manajer mengevaluasi dan menilai hasil kerja tim, apakah sudah cukup atau kurang mencapai target. Ia bertanggung jawab mencari tahu pokok permasalahan dan bagaimana memperbaikinya.

5. Kepemimpinan

Tugas utama manajer adalah memimpin tim. Ia harus mampu memotivasi anggota tim untuk bekerja sama demi tujuan organisasi.

Jenis-Jenis Manajer

Dalam perusahaan, terdapat berbagai divisi yang dikepalai manajernya masing-masing.

1. Manajer Keuangan

Manajer keuangan bertugas membantu merencanakan bisnis dan mengambil keputusan dengan memberi nasihat terkait keuangan perusahaan.

2. Manajer Personalia

Manajer personalia bertugas menyusun struktur organisasi, merekrut karyawan, mengurus administrasi, dan membantu mengembangkan potensi karyawan.

3. Manajer Operasional

Manajer operasional bertugas mendorong kinerja organisasi dan menekan potensi risiko.

4. Manajer Pemasaran

Manajer pemasaran bertugas memimpin kampanye perusahaan dan merencanakan strategi pemasaran.

5. Manajer Perusahaan

Manajer perusahaan bertugas mengelola karyawan dalam divisi tertentu.