Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Analisis SMART: Pengertian, Contoh, dan Kelebihan

Kursus Business English – Dalam dunia profesional, ada kalanya kamu akan mengerjakan berbagai proyek menantang dan mesti diselesaikan dengan baik. Lalu, metode apa yang akan kamu gunakan saat membuat proyek?

Ada banyak metode yang bisa kamu gunakan. Salah satu metode yang sering digunakan dalam project management adalah analisis SMART. Pernah dengar?

Secara umum, metode SMART digunakan untuk mendapatkan gambaran objektif dari sebuah proyek yang akan dilaksanakan. Untuk penjelasan lebih jelas, simak ulasannya berikut ini. 

Apa itu Analisis SMART?

Analisis SMART adalah singkatan dari lima elemen yang digunakan dalam sebuah metode untuk membuat sebuah project management. Kelima elemen tersebut adalah specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bound goals. Lima elemen ini menurut Instagantt adalah elemen penting dalam menentukan tujuan dari sebuah proyek.

Jenis dan Contoh SMART

Nah, selanjutnya apa saja jenis dari metode SMART ini dan seperti apa contohnya?

1. Specific

Saat menetapkan tujuan untuk proyek akan kamu lakukan, tujuan tersebut harus jelas dan spesifik. Jika tidak, kamu akan kesulitan ketika harus fokus pada proyek tersebut.

Ada 5 aspek yang bisa jadi pertimbanganmu sebelum menentukan proyek yang akan dikerjakan. 

  • Tujuan yang ingin dicapai
  • Alasan tujuan tersebut penting
  • Siapa saja yang akan terlibat untuk mencapai tujuan tersebut
  • Tentukan lokasi yang relevan dengan tujuan
  • Identifikasi persyaratan atau hambatan yang dapat menjadi masalah dalam proses pelaksanaan

2. Measurable

Prinsip yang kedua adalah measurable atau terukur. Saat menentukan tujuan proyek, pastikan bahwa tujuan tersebut dapat diukur. Tentukan tugas yang spesifik dan tetapkan apa saja yang harus diselesaikan dan kapan tugas tersebut harus selesai. Ini akan memudahkanmu mengawasi jalannya proyek. 

3. Achievable

Unsur berikutnya dalam metode SMART adalah achievable. Agar tujuan proyek kamu dapat tercapai, tujuan tersebut harus realistis. Kamu boleh membuat proyek yang menantang tetapi tetap memungkinkan. Jadi, perhatikan baik-baik peluang yang sebelumnya terlewatkan.

Pikirkan juga sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan tujuan tersebut.

Kamu bisa melibatkan anggota tim dalam menetapkan tujuan proyek. Dengan begitu, mereka dapat memilih area proyek yang akan dikerjakan tergantung pada keahlian dan kemampuan mereka.

4. Relevant

Tujuan proyek haruslah relevan dengan misi perusahaan. Paling tidak, tujuan tersebut mencerminkan satu atau lebih dari nilai inti perusahaan.

Untuk memastikan proyek memberikan hasil yang diharapkan, kamu harus memastikan bahwa setiap tujuan proyek konsisten dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan.

5. Time-bound goals

Kamu perlu memiliki tenggat waktu yang jelas untuk benar-benar fokus dalam mencapai tujuanmu. Tanpa tenggat waktu yang jelas, kamu tidak akan tahu di mana dan kapan harus memulai.

Buatlah kerangka waktu yang realistis untuk dicapai pada setiap tahapan proyek. Untuk menghindari maraton yang tidak pernah berakhir dalam sebuah proyek, setiap tahapan harus memiliki tenggat waktu yang pasti.

Kelebihan Analisis SMART

Jika kamu mengembangkan analisis SMART untuk melakukan project management, ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan seperti:

  • Memperjelas visi akhir proyek yang kamu kerjakan 
  • Mendorong kamu untuk fokus terhadap proyek yang dikerjakan
  • Memastikan proyek berjalan
  • Membuatmu lebih disiplin
  • Mengingatkanmu pada prioritas
  • Memudahkan dirimu mengidentifikasi target yang tertinggal
  • Membagi tujuan besar menjadi tujuan kecil yang bisa dicapai

Kursus Business English, Solusi Raih Karier Cemerlang

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Alumni Lister Benny Asmara terbukti telah meraih keberhasilan di pekerjaannya sebagai karyawan swasta setelah mengikuti kursus di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!