Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

5 Elemen Feng Shui: Asal-usul dan Tips Mempraktikkannya

Kursus Bahasa Mandarin – Masyarakat China sarat dengan budaya tradisional, salah satunya adalah feng shui. Walaupun berasal dari China, kaidah ini sering digunakan masyarakat di berbagai belahan dunia.

Sebetulnya, apa itu feng shui? Bagaimana cara mempraktikkannya?

Feng Shui adalah

Fēng shuǐ (风水) adalah sistem pengaturan ruangan, struktur, tata letak, tempat, dan orientasi. Fēng (风) berarti angin dan shuǐ (水) berarti air.

Tujuan feng shui adalah membuat aliran energi qi (chi) selaras dengan energi rohani yang berada di tempat tersebut. Dengan begitu, para penghuni dapat hidup dalam harmoni.

Jenis-Jenis Feng Shui

Terdapat dua jenis feng shui tradisional, yakni bentuk dan arah.

Feng shui bentuk

Jenis feng shui ini mengatur tata letak bangunan. Contohnya lokasi bangunan, posisi kamar, serta pengecualiannya.

Feng shui arah

Jenis feng shui ini mengatur distribusi energi sesuai arah bangunan dan waktu pembangunan. Tujuannya untuk menetralkan energi buruk.

Elemen Feng Shui

Terdapat lima jenis elemen feng shui. Kelimanya harus diatur dengan baik agar harmonis.

Kayu

Elemen kayu melambangkan pertumbuhan. Elemen ini mendorong pertumbuhan pribadi dan intuisi.

Elemen kayu ditandai dengan warna biru dan hijau. Elemen ini dapat dihadirkan melalui tanaman dan perabotan kayu.

Tanah

Elemen tanah menandakan kestabilan. Elemen ini melambangkan perdamaian, ketenangan, dan landasan yang kuat.

Elemen tanah ditandai dengan warna netral seperti coklat, hijau, dan krem. Elemen ini dapat dihadirkan dengan perabotan berbentuk balok, permukaan datar, dan gambar pemandangan.

Logam

Elemen logam atau metal berhubungan dengan mental dan ketajaman berpikir. Kurangnya elemen ini mengakibatkan hilangnya fokus.

Elemen logam ditandai dengan warna putih, abu-abu, silver, dan pastel. Elemen ini dapat dihadirkan dengan perabotan berbentuk bulat, berbahan logam, atau terbuat dari batu.

Api

Elemen api menunjukkan perubahan dan perkembangan. Elemen ini adalah yang paling stabil.

Elemen api ditandai dengan warna merah, merah muda, atau ungu. Elemen ini dapat dihadirkan melalui lilin, lampu, cahaya matahari, peralatan elektronik, dan motif binatang.

Air

Elemen air melambangkan pembaharuan, inspirasi, dan ketenangan. Elemen ini ditandai dengan warna gelap.

Elemen air dapat dihadirkan melalui cermin, kaca, bentuk-bentuk asimetris, akuarium, atau air mancur.

Qi

Qi atau chi (气) adalah kekuatan positif dan negatif yang ada di alam. Kekuatan ini menjadi bahan perhitungan feng shui. Qi adalah energi yang hidup dan dapat bergerak.

Tips Mempraktikkan Feng Shui

Bagaimana menjalankan ilmu feng shui dalam rumah? Berikut beberapa tips mudahnya.

Tata pintu masuk

Pintu masuk disebut sebagai ‘mulut qi‘. Tata barang-barang sebaik mungkin, sehingga tidak menghalangi jalan masuk. Bersihkan area sekitar pintu.

Hal ini membuat pintu masuk terkesan ‘mengundang’, sehingga energi baik dapat masuk. Selain itu, tambahkan penerangan yang cukup.

Bersihkan jendela

Jendela melambangkan ‘mata’ dari rumah. Bersihkan jendela secara rutin agar cahaya matahari dapat masuk.

Cahaya matahari dapat memberi energi dan penerangan di dalam ruangan. ‘Membersihkan jendela’ dapat diartikan sebagai ‘membuka mata’.

Pilih pintu yang sesuai

Pintu melambangkan suara dan komunikasi. Pastikan pintu dapat terbuka minimal 90 derajat. Pindahkan barang-barang yang dapat menghalangi terbukanya pintu.

Pastikan setiap pintu dapat berfungsi dengan baik. Jangan sampai ada bagian yang rusak atau menimbulkan suara berkeriut.

Selanjutnya, pastikan pintu dapat tertutup dengan baik di dalam kusennya. Hal ini akan memengaruhi masuknya energi dengan mulus.

Atur posisi perabotan

Tempat tidur melambangkan pribadi, meja kerja melambangkan karier, dan kompor melambangkan kekayaan.

Saat berada di tempat tidur, meja kerja, maupun memasak di kompor, pastikan kamu dapat melihat pintu tanpa langsung mengarah ke pintu. Perabotan dapat disusun secara diagonal terhadap pintu. Posisi ini menarik energi positif dan kesempatan baik.

Tanaman hijau

Tanaman memiliki energi kehidupan dan membawa kesegaran. Tempatkan tanaman hijau di ruangan yang mendapat banyak penerangan.

Ucapkan syukur

Feng shui meyakini setiap aspek yang ada di muka bumi adalah benda hidup, termasuk ruangan. Energi qi mengalir melalui ruangan dan rumah.

Kamu dapat mengucapkan syukur atas keberadaan rumah yang sudah menyediakan tempat untuk beristirahat dan tinggal.

Belajar Bahasa Mandarin: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di China adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Mandarin di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!