Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

5 Buku Academic English Terbaik untuk Siswa dan Pengajar

buku academic english terbaik

Salah satu bekal utama sukses dalam studi di universitas internasional adalah kemampuan berbahasa Inggris. Untuk itu, kamu bisa mengikuti Academic English Course sebagai persiapan.

Academic English sedikit berbeda dengan bahasa Inggris yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Untuk bisa menguasainya dengan lancar, kamu bisa menjadikan buku-buku ini sebagai materi belajar.

Cambridge Academic English Student’s Book: An Integrated Skills Course for EAP

Buku ini terdiri dari tiga level, yakni B1+ sampai C1. Cambridge Academic English menyajikan pembelajaran terintegrasi untuk siswa pendidikan tinggi di universitas atau institusi lainnya.

Keterampilan analisis siswa semakin ditantang dengan banyaknya teks akademik yang harus dipelajari saat studi.

Siswa kini dituntut menguasai keterampilan akademik yang beragam, mulai dari penulisan esai, mencatat, diskusi kelompok, sampai menulis.

Melalui buku ini, siswa diharapkan mengembangkan kemampuan belajar dan berpikir kritis. Siswa juga akan berlatih mendengarkan kuliah dan berpartisipasi dalam seminar.

Oxford EAP Student’s Book: A Course in English for Academic Purposes

Oxford dikenal akan pembelajaran bahasa Inggris yang berkualitas. Termasuk dalam persiapan English for Academic Purposes (EAP).

Buku ini tersedia dalam berbagai tingkat kemahiran. Untuk membantu proses belajar siswa, Oxford EAP dilengkapi dengan DVD berisi rekaman audio.

Oxford EAP bertujuan mengembangkan keterampilan menggunakan Academic English yang nantinya akan bermanfaat dalam studi di tingkat sarjana sampai pascasarjana.

Oxford EAP cocok untuk siswa dari berbagai latar belakang program studi. Dengan struktur yang jelas dan mudah dipahami, Oxford EAP adalah referensi bagus untuk belajar Academic English.

English for Academic Study

Buku ini terdiri dari sejumlah seri yang menekankan subjek tertentu. Contohnya Reading & Writing, Research Skills, Pronunciation, dan masih banyak lagi.

English for Academic Study membimbing siswa langkah demi langkah mempelajari keterampilan berbahasa yang diperlukan dalam studi. Buku ini turut disertai tips yang membantu.

Siswa akan diberi simulasi yang mengharuskan menggunakan keterampilan yang sudah dipelajari untuk menyelesaikan latihan soal.

Setiap bagian disertai ringkasan untuk membantu mengulas kembali apa yang sudah dipelajari. Setiap unit pembelajaran disertai tautan yang menuju halaman rekaman audio untuk melatih keterampilan pendengaran.

English for Academic Purposes

Buku yang ditulis Edward De Chazal ini ditujukan untuk pengajar Academic English. Buku ini membahas pengajaran Academic English yang berkembang dengan cepat.

English for Academic Purposes menyediakan strategi menjawab yang tepat untuk setiap pertanyaan. Buku ini akan membantu pembaca lebih memahami konsep dan studi kasus.

Instant Academic Skills: A Resource Book of Advanced-Level Academic Skills Activities

Buku yang ditulis Sarah Lane ini merupakan panduan bagi pengajar Academic English.

Instant Academic Skills menyediakan berbagai latihan keterampilan akademik umum untuk siswa. Keterampilan yang dilatih meliputi membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.

Keterampilan tersebut dapat diajarkan secara individual atau sebagai satu kesatuan.

Buku ini juga menyediakan panduan untuk mengajarkan cara menentukan gagasan pokok, menulis, mencatat dengan efisien, hingga berbicara dengan efektif dalam debat dan presentasi bagi siswa.

Buku ini turut menyediakan rekaman audio dalam bentuk CD. Audio tersedia dalam berbagai aksen yang akan menambah keterampilan mendengarkan bagi siswa.