Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

20+ Negara yang Menggunakan Bahasa Prancis, Mana Saja?

Negara yang menggunakan bahasa Prancis

Tahukah kamu?

Setelah meraih kemerdakaan dan lepas dari Prancis, ada banyak negara yang tetap memakai bahasa Prancis sebagai bahasa komunikasi sehari-hari, meskipun tidak menjadi bahasa nasional.

Di bawah ini adalah 25 negara yang menggunakan bahasa Prancis dalam kehidupan sehari-hari yang mesti kamu ketahui. Simak ulasannya negara mana saja, yuk!

Baca juga: Gabung Kelas Bahasa Prancis Sekarang!

negara yang menggunakan bahasa Prancis, Lister

Daftar Negara yang Menggunakan Bahasa Prancis

Sebagai salah satu bahasa resmi PBB, bahasa Prancis dinilai sebagai salah satu bahasa yang dianggap penting di wilayah Eropa dan Afrika. Banyak negara yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa komunikasi mereka. Apa saja?

1. Burkina Faso. Negara ini memiliki populasi penduduk sekitar 13.200.000 jiwa dan terus tumbuh lebih besar.

2. Burundi. Negara ini adalah satu negara bekas jajahan Prancis yang kini diperkirakan memiliki populasi penduduk sebesar 10.395.931 jiwa.

3. Kamerun. Negara yang berkembang ini memiliki populasi penduduk sekitar 23.344.000 jiwa dan hampir semua masyarakatnya menggunakan bahasa Prancis untuk komunikasi.

4. Republik Afrika Tengah. Salah satu negara yang penting di kawasan Afrika ini kini diperkirakan memiliki populasi penduduk sebesar 4.900.000 jiwa.

5. Chad. Negara yang cukup berkembang di kawasan Afrika ini kini memiliki sedang tumbuh dengan populasi penduduk sekitar 14.037.000 jiwa.

6. Komoro. Negara kecil yang dahulu adalah salah satu bagian dari kekuasaan Prancis ini kini memiliki populasi penduduk sekitar 784.745 jiwa.

7. Republik Demokratik Kongo. Satu dari dua Kongo ini adalah negara yang menggunakan bahasa Perancis dan kini tumbuh dengan populasi penduduk sebesar 77.267.000 jiwa.

8. Republik Kongo. Sama seperti negara pecahannya, di negara yang sebenarnya didominasi masyarakat berbahasa Bantu ini memiliki masyarakat berbahasa Prancis. Populasi penduduk di sini sekitar 4.620.000 jiwa.

9. Pantai Gading. Salah satu negara Afrika di atas rata-rata ini merupakan bekas jajahan Prancis. Banyak dari total populasi penduduknya, yang berjumlah 23.919.000 jiwa, menggunakan bahasa Prancis.

10. Djibouti. Negara yang menggunakan bahasa Perancis satu ini merupakan negara kecil ber penduduk sekitar 888.000 jiwa saja.

11. Guinea Khatulistiwa. Negara yang bernama asli Equatorial Guinea ini memiliki populasi penduduk sekitar 1.430.000 jiwa.

12. Gabon. Negara yang cukup terkenal di Afrika ini memiliki populasi penduduk sekitar 1.725.000 jiwa.

13. Guinea. Negara ini memiliki populasi penduduk sekitar 10.628.972 jiwa.

14. Haiti. Negara yang menjadi salah satu jajahan Prancis dan berhasil memerdekakan diri ini kini berkembang, dan memiliki populasi penduduk sekitar 9.996.731 jiwa.

15. Luksemburg. Di negara dengan populasi penduduk sekitar 562,958 jiwa ini bahasa Prancis digunakan bersama bahasa Jerman.

16. Mali. Negara di Afrika yang terus melakukan cara untuk terhindar dari kekeringan ini memiliki populasi penduduk sekitar 17.600.000 jiwa dan banyak di antaranya berbahasa Prancis.

17. Mauritania. Negara ini memiliki populasi penduduk sekitar 4.301.018 jiwa.

18. Monako. Negara bekas jajahan Prancis ini kini tumbuh dan memiliki populasi penduduk sekitar 37.550 jiwa.

19. Nigeria. Negara ini dihuni oleh populasi penduduk sekitar 19.899.000 jiwa.

20. Senegal. Negara yang baru-baru ini berhasil mencuri perhatian lewat olahraga sepak bola ini adalah salah satu negara bekas jajahan Prancis, berpopulasi 13.508.715 jiwa.

21. Swiss. Negara yang berkembang pesat ini memiliki populasi penduduk sekitar 8.279.700 jiwa. Kebanyakan masyarakatnya menggunakan bahasa Prancis disamping juga bahasa Jerman dan bahasa Italia.

22. Togo. Negara ini adalah salah satu bekas jajahan Prancis dan kini salah satu negara yang menggunakan bahasa Perancis. Negara ini berisi populasi penduduk sekitar 7.305.000 jiwa.

23. Belgia. Belgia terbagi antara daerah penutur bahasa Belanda di Utara (Flanders) dan daerah penutur bahasa Prancis di Selatan (Wallonia). Bahasa Belanda dan Prancis merupakan bahasa resmi negara ini. Bahasa Prancis Belgia sangat mirip dengan bahasa yang digunakan di Prancis, hanya saja memiliki beberapa variasi.

24. Benin. Negara ini memiliki populasi penduduk kurang lebih 7.513.946 jiwa. Bahasa resmi yang digunakan oleh masyarakatnya adalah bahasa Prancis karena memang terkait sejarahnya yang bekas jajahan.

25. Prancis. Negara prancis tetap menjadi negara yang menggunakan bahasa Prancis terbanyak dibanding lainnya yaitu sebanyak 59 juta.

Mengapa Menggunakan Bahasa Prancis?

Bahasa Prancis adalah salah satu bahasa paling penting dari kelompok bahasa Roman setelah bahasa Spanyol dan bahasa Portugis.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, penggunaan bahasa Prancis banyak dipakai oleh beberapa negara pasca kolonialisme bangsa Prancis.

Bahasa Prancis yang dikenal sebagai bahasa Latin biasa adalah bahasa yang dulu digunakan oleh banyak bangsa Romawi.

Bahasa ini lalu disebarluaskan oleh koloni Romawi, namun akhirnya bangsa Romawi membuat banyak perpaduan budaya bahasa yang terjadi.

Selain karena pasca zaman kolonialisme Prancis, apa alasan lain yang membuat banyak negara menggunakan bahasa Prancis?

Bahasa Prancis menyebar di benua Afrika, Amerika, Eropa, hingga Asia karena perpindahan penduduk asli Prancis yang berpindah negara sehingga membentuk komunitas dan menyebarkan bahasa sebagai bentuk akulturasi budaya.

Diperkirakan lebih dari 80% masyarakat di beberapa negara Afrika adalah penutur asli bahasa Perancis. Walaupun ada pula di beberapa negara yang masih kental dengan dialek asli dan mencampurkannya dengan bahasa Perancis.

Sedangkan penyebaran di benua Amerika, salah satu penyebabnya adalah Perancis yang juga memiliki tanah di Amerika sebesar 827 square km di wilayah sungai Mississippi atau Louisiana. Bahkan hingga saat ini masih banyak masyarakat di sana yang masih memakai bahasa Perancis sebagai bahasa komunikasi.

Bahasa Prancis meski banyak digunakan di beberapa negara, namun dalam penggunaannya ada perbedaannya lho. Mulai dari dialek, arti, pelafalan, bahkan tata bahasa.