Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

11 Makanan Rusia Tradisional Paling Menggiurkan, Wajib Coba!

makanan rusia beef stroganoff

Tertarik dengan budaya Rusia? Tak ada salahnya sekalian mempelajari bahasanya! Kamu dapat mulai dengan mengikuti Kursus Bahasa Rusia sebagai awal mula.

Makanan Rusia mungkin bukan yang pertama kali kamu pikirkan saat hendak wisata kuliner. Namun sebenarnya negara tersebut menawarkan berbagai sajian kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan.

Apa saja makanan tradisional Rusia yang wajib kamu coba? Berikut daftarnya.

Borscht

Borscht adalah sup buah bit. Walaupun berasal dari Ukraina, makanan ini turut diadopsi masyarakat Rusia.

Tak hanya buah bit, sup berwarna merah ini juga terdiri dari daging dan berbagai sayur yang ditumis, seperti kubis, wortel, bawang bombai, dan kentang.

Borscht dapat disajikan dingin atau hangat. Biasanya sup ini disajikan dengan krim asam dan roti pampushka.

Shchi

Shchi adalah sejenis sup yang terbuat dari kubis segar atau yang sudah difermentasi. Sup ini biasanya juga ditambahkan kentang, wortel, bawang bombai, dan daging ayam.

Kubis dapat digantikan sauerkraut (acar kubis), sehingga disebut shchi asam.

makanan rusia borscht
Makanan Rusia Borscht.

Solyanka

Solyanka adalah sup kental yang mengenyangkan, biasanya dijadikan menu utama. Sup ini terbuat dari beberapa jenis olahan daging seperti sosis, bacon, ham, dan potongan daging sapi.

Selain itu terdapat beberapa jenis sayuran seperti kubis, wortel, bawang bombai, dan kentang. Sup ini disajikan dengan acar dan irisan lemon untuk memberikan rasa asam.

Terkadang solyanka dibuat dari ikan dan acar timun.

Ukha

Kamu penggemar makanan laut? Maka kamu wajib mencoba ukha, yakni sup ikan dengan kaldu bening. Sup ini dapat dibuat dari berbagai jenis ikan, seperti ikan lele, ikan tombak, hingga ikan ruffe.

makanan rusia pirozhki
Makanan Rusia Pirozhki.

Pirozhki

Pirozhki adalah salah satu kuliner terkenal yang berasal dari Rusia. Terkadang disebut dengan piroshki atau pyrizhky.

Pirozhki adalah pastry yang diisi dengan kentang, daging, kubis, dan keju. Pastry ini populer sebagai bekal sekolah atau kantor.

Pelmeni

Pelmeni adalah sejenis pangsit. Memang masih menjadi perdebatan dari mana pangsit berasal. Di Uzbek, makanan serupa disebut manti, di Georgia khinkali, di Timur Tengah kreplah, dan di China xiaolongbao.

Banyak yang beranggapan makanan tradisional ini dibawa bangsa China ke Rusia melalui Siberia dan Ural pada abad ke-15.

Di Rusia, membuat pangsit bersama menjadi tradisi keluarga. Isian pangsit terbuat dari tiga jenis daging cincang, yakni sapi, domba, dan babi. Pangsit lalu dimasak dan disajikan di mangkuk besar dengan krim asam.

makanan rusia blini
Makanan Rusia Blini.

Blini

Blini adalah panekuk tipis yang digulung, biasanya diisi krim asam, salmon, kaviar, atau jamur. Bisa juga diberi isian yang manis seperti selai buah, beri, atau susu kental manis.

Saking terkenalnya, terdapat hari libur nasional Maslenitsa pada seminggu sebelum musim semi. Selama seminggu penuh, orang Rusia makan blini.

Shashlik

Shashlik adalah kebab dari Rusia. Kebab ini dibuat dari daging yang dipotong dadu dan dipanggang bersama potongan sayur menggunakan tusuk sate.

Makanan ini berasal dari suku di Pegunungan Kaukasus dan menjadi sangat populer. Saat ini hampir setiap keluarga memiliki resep tersendiri membuat shashlik.

Stroganoff Sapi

Sajian ini sudah terkenal di seluruh dunia. Walaupun terkesan mewah, sebenarnya stroganoff sangat mudah disajikan.

Stroganoff terdiri dari irisan daging sapi yang dimasak dalam saus lembut bersama jamur atau tomat. Biasanya stroganoff disajikan bersama dengan nasi, mi, atau kentang.

makanan rusia salmon pancake
Makanan Rusia Salmon Pancake.

Syrniki

Syrniki adalah sejenis panekuk yang terbuat dari keju, telur, dan tepung. Cara membuatnya sederhana, sehingga syrniki sering disajikan sebagai sarapan.

Syrniki renyah di luar dan lembut di dalam. Biasanya panekuk ini disajikan bersama dengan krim asam, selai buah, madu, atau beri segar.

Kasha

Terdapat berbagai jenis bubur di Rusia. Namun Kasha adalah yang paling populer disajikan sebagai sarapan.

Kasha yang paling khas Rusia terbuat dari gandum hitam. Bahan tersebut direbus menggunakan air atau susu. Kasha gandum hitam dapat disajikan bersama dengan mentega, gula, atau susu kental manis.

Bubur gandum hitam adalah makanan bergizi yang seringkali disajikan sebagai menu utama saat sarapan.