12 Ungkapan Bahasa Jepang Lucu, Nggak Nyangka Artinya!

ungkapan bahasa jepang lucu

Kamu ingin mempelajari budaya Jepang secara mendalam? Tentu kamu wajib mempelajari bahasanya. Untuk bisa menguasai bahasa tersebut, kamu disarankan mengikuti Kursus Bahasa Jepang.

Bicara tentang bahasa Jepang sehari-hari, tidak lepas dari bahasa gaul Jepang. Termasuk di antaranya berbagai ungkapan bahasa Jepang lucu yang tidak kamu sangka artinya. Yuk simak daftarnya!

1. 蛇足 (だそく) – dasoku

Kata ini berarti “kaki ular”. Maknanya adalah sesuatu yang sesuatu yang tidak perlu dan bisa jadi merugikan.

2. 犬猿の仲 (けんえんのなか) – ken-en no naka

Ungkapan ini berarti “hubungan anjing dan monyet”. Kamu bisa menggunakan frasa ini ketika membicarakan dua orang yang saling berselisih dan saling membenci satu sama lain.

3. 喉から手が出る (のどからてがでる) – nodo kara te ga deru

Artinya adalah “tanganku keluar dari tenggorokanku”. Kamu menggunakan frasa ini ketika kamu sangat menginginkan sesuatu dan kamu pikir kamu akan mati jika tidak bisa memilikinya.

4. 俎板の上の鯉 (まないたのうえのこい) – manaita no ue no koi

Frasa tersebut berarti “seekor ikan mas di atas talenan”. Artinya ketika kamu tidak berdaya dan tidak ada yang bisa kamu lakukan tentang keadaan sekarang.

bahasa jepang lucu
Ungkapan bahasa Jepang lucu

5. 耳に胼胝ができる (みみにたこができる) – mimi ni tako ga dekiru

Artinya adalah “aku menumbuhkan kapalan di telingaku”. Frasa ini diungkapkan ketika kamu lelah mendengar komentar, komplain, atau kata yang sama berulang kali.

6. 猫の手も借りたい (ねこのてもかりたい) – neko no te mo karitai

Frasa ini berarti “meminjam kaki kucing”. Kata-kata ini disampaikan ketika kamu sangat sibuk, kamu sampai ingin meminjam kaki kucing untuk membantu.

7. 爪の垢を煎じて飲む (つめのあかをせんじてのむ) – tsume no aka wo senjite nomu

Artinya yaitu “menyeduh dan minum dari kotoran kuku seseorang”. Apakah kamu ingin mengikuti contoh seseorang untuk meningkatkan kemampuan diri?

Kamu bisa “menyeduh dan minum dari kotoran kuku seseorang” dengan harapan kemampuan orang tersebut berpindah ke kamu.

8. 目の中に入れても痛くない (めのなかにいれてもいたくない) – me no naka ni iretemo itaku nai

Ketika kamu merasa seseorang atau seekor hewan peliharaan sangat imut, rasanya kamu ingin “meletakkannya di mata”. Artinya kamu sangat menyayanginya.

apa kabar bahasa jepang

9. 箸より重い物を持ったことがない (はしよりおもいものをもったことがない) – hashi yori omoi mono wo motta koto ga nai

Ungkapan ini berarti “tidak pernah mengangkat benda yang lebih berat daripada sumpit”. Kata-kata ini diungkapkan untuk mendeskripsikan seseorang yang mempunyai hidup yang gampang, misalnya karena terlahir di keluarga kaya.

10. 三日坊主 (みっかぼうず) – mikka bozu

Artinya “biksu tiga hari”. Kata-kata ini menggambarkan seseorang yang menyerah terlalu cepat, seperti biksu yang lepas jubah setelah tiga hari.

11. 天下り (あまくだり) – ama kudari

Ungkapan ini berarti “turun dari surga”. Kata ini merujuk pada politisi yang meninggalkan jabatannya dan menerima posisi sebagai eksekutif perusahaan bergaji besar.

12. 夏炉冬扇 (かろとうせん) – karotosen

Arti dari frasa ini yaitu “pemanas musim panas, kipas musim dingin”. Maknanya adalah sesuatu yang tidak pada tempatnya dan tidak berguna.