Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

10+ Tips Sukses TOEFL ITP, Siapapun Bisa Raih Skor Tinggi

tips toefl itp

Sudah siap mengikuti TOEFL? Agar lebih percaya diri menghadapi tes kemampuan bahasa Inggris tersebut, kamu bisa mengikuti Kursus TOEFL.

Walaupun sudah belajar tekun, tetap saja rasa gugup bisa mengalahkan kepercayaan diri saat mengerjakan tes. Biar kamu semakin yakin, terapkan strategi mendapatkan skor TOEFL tinggi berikut ini.

blogpost inggris beasiswa

Persiapkan cukup waktu belajar sebelum tes

Pastikan kamu menyisihkan cukup waktu untuk belajar sebelum tes. Jangan belajar terlalu dekat dengan hari-H tes supaya persiapan lebih maksimal.

Kumpulkan materi belajar

Cari berbagai sumber materi dan buat rencana belajar. Kamu bisa mengumpulkan materi dari berbagai buku, aplikasi, situs, maupun sumber lainnya.

Pastikan materi belajar dari sumber terpercaya

Saat ini banyak tersedia materi TOEFL ITP di internet. Namun tidak semuanya kredibel. Sumber gratis tidak selalu berarti dapat dipercaya.

Tetapkan tujuan mengikuti TOEFL ITP

Apakah kamu mengikuti TOEFL ITP hanya sebagai latihan atau tes sesungguhnya? Hal ini akan memengaruhi tujuan kamu belajar.

Tetapkan target skor

Berapa target skor yang ingin kamu raih? Tentukan target untuk masing-masing seksi maupun total keseluruhan.

Hal ini akan membuat kamu fokus saat belajar. Jadilah ambisius, tetapi tetap realistis. Jangan menetapkan gol yang tidak mungkin diraih.

Tingkatkan kecepatan membaca dan kuasai banyak kosakata

Jangan hanya membaca bahan bacaan yang mudah. Cobalah membaca sumber yang beragam, seperti surat kabar, buku, blog, jurnal akademik, dan esai.

Dengarkan audio yang beragam

Latihlah kemampuan mendengarkan dengan audio yang beragam. Cari sumber dengan kecepatan berbicara, isi pembicaraan, dan aksen yang berbeda-beda.

Bertanya kepada orang yang sudah pernah mengikuti TOEFL

Cari tahu pengalaman orang yang sudah pernah mengikuti tes yang sama. Mereka akan bisa memberikan tips dan trik mengerjakan tes dengan baik.

Biasakan berbicara menggunakan bahasa Inggris

Cara terbaik meningkatkan kemampuan berbicara adalah menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Tidak perlu malu-malu, karena hal itu akan membantu kamu dalam ujian.

Pelajari instruksi masing-masing seksi TOEFL ITP

Pahami format dan instruksi ujian masing-masing seksi. Tujuannya agar kamu bisa segera menjawab tanpa menghabiskan banyak waktu untuk memahami instruksi.