Bimbingan Dokumen Beasiswa

Pilih dokumen sesuai kebutuhan Anda!

Bimbingan Dokumen Beasiswa Terbaik No.1 di Indonesia

Mengejar Beasiswa, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Menuntut ilmu ke luar negeri bisa merubah hidup dan pandangan Anda tentang dunia. Anda bisa mengamati berbagai keindahan alam, budaya, sekaligus sistem pendidikan yang sangat berbeda dengan di Indonesia. 

Tersedia berbagai beasiswa yang bisa Anda pilih untuk mewujudkan mimpi Anda seperti beasiswa LPDP, AAS,  DAAD, Chevening, Fulbright, Erasmus Mundus dan beberapa beasiswa lain nya. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen penting untuk mendukung kelancaran pendaftaran beasiswa Anda, seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL/IETLS, passport, motivation letter, essay, hingga rencana penelitian Anda. Dokumen-dokumen yang harus disiapkan pun berbeda-beda, tergantung jenis beasiswa yang Anda pilih.

Persiapkan berkas beasiswa Anda dengan dibimbing langsung oleh para alumni penerima beasiswa yang Anda tuju. Dengan pengalaman mereka yang nyata, Anda juga bisa mengetahui semua tips dan trik agar dokumen Anda bisa menjadi nilai tambah untuk memperbesar peluang Anda untuk diterima beasiswa. 

Lihat E-Catalogue & Harga

Semua Program Lister

Deskripsi Program

Program ini memberikan kesempatan pada calon penerima beasiswa untuk mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan beasiswa dengan langsung didampingi oleh para awardee beasiswa dan tutor high qualified.

Karakteristik Siswa

Program ini cocok bagi siswa SMA yang ingin mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan Diploma dan Sarjana S1, Mahasiswa S1 yang ingin mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan Pascasarjana S2, dan siapa saja yang berada di bawah tuntutan pekerjaan atau masa jabatan untuk mendapatkan beasiswa.

Kursus Makin Ringan
Dengan Cicilan
Pembayaran!

Bunga 0%

Motivation Letter

Program ini bertujuan untuk memberikan petunjuk, tips, trik, saran dan juga inspirasi bagi Anda yang membutuhkan bantuan dalam menulis motivation letter sebagai salah satu syarat mendaftar di perguruan tinggi luar negeri maupun beasiswa.

Curriculum Vitae

Program ini bertujuan untuk membantu Anda mempersiapkan
CV yang sesuai dengan kebutuhan akademis atau profesional, hingga tips dan trik membuat CV yang baik dan menarik. CV umumnya berisi riwayat pendidikan, pengalaman profesional, prestasi, serta keterampilan dan kelebihan yang Anda miliki.

Recommendation Letter

Program ini cocok bagi individu yang ingin belajar bagaimana membuat recommendation letter yang baik dan berbobot untuk membantu memenuhi kebutuhan pelamar beasiswa. Surat rekomendasi akademik pada umumnya ditulis oleh guru atau dosen dari individu yang direkomendasikan. Sedangkan untuk surat rekomendasi dalam bidang pekerjaan, biasanya ditulis oleh atasan atau kolega.

Research Plan

Program ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai research plan dan bagaimana siswa dapat menuliskan rencana penelitian (baik S1, S2 maupun S3) dengan baik sehingga dapat mengkomunikasikan rencana studinya kepada universitas atau lembaga pemberi beasiswa yang dituju. Siswa akan belajar mengenai pengertian, tujuan dan struktur research plan, serta step-by-step menyusun rencana penelitian.

Lister Siap Membantu Anda Membuat Dokumen Beasiswa Yang Baik !

Client Kami

Rekomendasi Program Lainnya

IELTS

IELTS PREPARATION

Intermediate B1

Garansi IELTS 7.5

LP Disclaimer

TOEFL ITP PREPARATION

Basic A2

Belajar untuk Kebutuhan Pendaftaran Beasiswa

LP ebook optimized

SAT PREPARATION

Intermediate B1​

 Persiapkan Diri untuk Kuliah S1 Luar Negeri

3 optimized

GRE PREPARATION

Intermediate B1

Kuliah Di US Kini Bukan Lagi Mimpi

Daftar Beasiswa Luar Negeri Yang Paling Diminati Mahasiwa

 

  1. Beasiswa Australia AAS (Australia Awards Scholarships)

 

Beasiswa dari Pemerintah Australia ini memberi kesempatakan kepada kamu mahasiswa Indonesia untuk dapat melanjutkan studi di Universitas Australia. Dulu beasiswa ini bernama beasiswa ADS (Australia Development Scholarships)

 

Beasiswa ini dibagi menjadi 2 yaitu Beasiswa sektor public dan beasiswa terbuka. Untuk beasiswa sektor public ditujukan untuk calon mahasiswa dari Universitas negeri, dan Perusahaan milik begara (BUMN).

 

Sedangkan untuk beasiswa terbuka ditujukan bagi mereka yang berasal dari Universitas Swasta dan juga lulusan universitas. Untuk kategori terbuka ini tidak perlu persetujuan dari Pemerintah, jadi kamu bisa langsung mengajukan diri ke kantor Australia Awards dengan membawa sejumlah persyaratan yang diminta. Beasiswa yang ditawarkan pun seluruh program S1, S2 dan S3 semua jurusan.

 

  • Beasiswa Jepang Monbukagakusho

 

Beasisw dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan Teknologi Jepang (MEXT) adalah beasisw yang cukup dikenal oleh pelajar Indonesia. Jenis beasiswa ini meliputi biaya untuk pendidikan, biaya hidup selama pendidikan, dan kabar baiknya beasiswa yang diberikan ini tanpa ikatan apapun. Jadi kamu tidak terikat kontrak dengan mereka.

 

Setiap tahunnya Kedubes Jepang di Indonesia dan Konsulat di Surabaya, Makassar serta medan melakasanakan pendaftaran beasiswa ini. Dan melakukan penyeleksian untuk pelajar yang berminat. Apa kamu tertarik mengikuti beasiswa ini? Nah untuk program yang ditawarkan pun beragam, mulai dari

 

  1. Undergraduate dan Program Research Student untuk lulusan perguruan tinggi.

  2. Untuk lulusan SLTA ada program College of Technologi dan Professional Training College.

  3. Bagi Mahasiswa Program Studi Jepang ada program khusus bernama Japanese Studies

  4. Dan ada program Teacher Training untuk pra guru.

 

Jadi Program beasiswa ini menawarkn pendidikan Diploma 2 dan Diploma 3 serta S1 , S2, S3, dan program khusus pelatihan.

 

  • Beasiswa DAAD Jerman

 

Beasiswa DAAD adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Jerman. Beasiswa ini sendiri berupa beasiwa riset, program doctoral (S3) dan fellowship, namun juga ada beasiswa untuk program S1. Beasiswa yang ditawarkan DAAD untuk pelajar akan kami rangkum dibawh ini :

 

  1. Development-Related Postgraduate Course (Epos)

  2. Public Policy and Good Governance (PPGG)

  3. Indonesian-German Scholarship Program (IGSP)

  4. International Study & Training Partnership (ISAP)

  5. Research Grants – Bi-nationally Supervised Doctoral Degrees

  6. Research Grants for Doctoral Programs

  7. Research Stays for University Academics and Scientists

  8. Research Grants – One-Year Grants

  9. Study Scholarships for Foreign Graduates

  10. Study Visits for Academics – Artists and Architects

  11. Sustainable Water Management (NaWam)

  12. Study Visits for Groups of Foreign Students

  13. Re-Invitation Program for Former Scholarship Holders

  14. International Climate Protection Fellowships

  15. Hochschulsommerkurs-Stipendien für Fortgeschrittene Deutschlerner an indonesischen Hochschulen

 

Apakah kamu tertarik mengikuti beasiswa DAAD? Daftarkan diri anda sekarang, dan bagi kalin yang terkendala bahasa Jerman kalian bisa berlajar disini.

 

  • Beasiswa Inggris

 

Beasiswa selanjutnya dari Pemerintah Inggris yaitu Chevening Scholarships. Beasiswa ini diberikan untuk kamu kalangan professional yang mempunyai potensi menjadi seorang pemimpin di masa depan, pembentuk opini dan pembuat keputusan. Beasiswa ini menawarkan dukungan finansial untuk program master (S2) di Universitas terbaik di Inggris. Bukan hanya itu saja beasiswa ini juga termasuk beasiswa yang membentuk jaringan global yang paling dihormati. Berikut ini program beasiswa yang di sediakan untuk mahasiswa Indonesia :

 

  1. Chevening Indonesia Scholarships

  2. Chevening Central Partnership Awards

  3. Chevening Indonesia/University of Warwick Scholarships

  4. Chevening Indonesia/Prudential Life Assurance Scholarships

 

  • Beasiswa Pemerintah Prancis Bgf

 

Banyak beasiswa dari Prancis yang bisa kamu ikuti. Untuk beasiswa dari Pemerintah Prancis sendiri bernama BGF.

 

Pelajar Indonesia yang terpilih akan mendapakatkan beasiswa penuh. Bukan hanya beasiswa pendidikan tetapi juga mendapatkan fasilitas lain seperti visa bebas biaya, fasilitas jaminan sosial dan lain lain. Dan kamu juga mendapatkan fasilitas dari Pemerintah Indonesia berupa biaya bertahan hidup disana dan biaya perjalanan selama pulang – pergi. Asik kan tertarik untuk mencoba beasiswa ini?

 

Tertarik Mencoba Beasiswa Luar Negeri Bersama Lister

Lister adalah perusahaan pendidikan online yang akan membantu kamu dalam menangani masalah bahasa mulai dari bahas inggris, Jepang, Korea, Arab, German, China dan masih banyak lagi. Dan tentunya menghubungkan langsung antara siswa dengan guru secara global di seluruh dunia.

Nah di Lister sendiri membuka kelas Scholarship Masterclass, program ini merupakan program bimbingan yang mempertemukan Para Alumni Kampus Top Dunia penerima beasiswa bergengsi dengan calon pendaftar beasiswa untuk studi ke luar negeri

Bagi kamu yang memang tertarik untuk kuliah di luar negeri, Lister akan membantumu dalam menangani hal tersebut. Karena kursus ini akan mengajarkan kepada kamu seluk beluk kuliah di luar negeri dengan besiswa. Bahkan dengan mengikuti kursus ini pleuang kamu lolos beasiswa luar negeri sangat besar. Di Lister kamu akan dibimbing mulai dari awal, dengan step by step mendpatkan beasiswa seperti LPDP, AAS, DAAD, Chevening, Fullbright, Erasmus Mundus dan beasisw top lainnya.

Keuntungan apa saja bila kamu ikut kelas Mentoring Beasiswa di LISTER

  • Bimbingan mulai dari pendaftaran kampus

Kamu akan dibimbing dari awal bagaimana cara melakukan pendaftaran di Universitas yang kamu inginkan. Kamu juga akan diberikan pengarahan bagaimana kamu bisa menyiapkan berkas dan persyaratan dengan mudah dan dalam waktu singkat.

  • Bimbingan cari beasiswa

Nah di Lister juga disediakan beasiswa apa saja yang bisa kamu ikuti, mulai dari beasiswa prestasi, beasiswa setengah, dan lain lain, yang tenntunya menarik untuk kamu ikuti.

  • Bimbingan bikin motivation letter

Seperti artikel yang telah dijelaskan bahwa motivation letter sangat penting untuk menentukan di terima atau tidaknya kamu. Kamu akan diberikan step step khusus dan bagaimana cara membuat motivation letter yang menarik, dan tentunya bakalan di lirik oleh calon penyelenggara beasiswa.

  • Bimbingan interview

Bimbingan wawancara ini juga penting, karena kamu bakalan di latih bagaimana menjawab pertanyaan saat wawancara. Mulai dari jawaban yang basic sampai jawaban yang mampu membuatmu di pertimbangkan oleh pihak penyelenggara beasiswa.

  • Sharing Pengalaman para Awardee Beasiswa

Di Lister terbuka pengalaman sharing bersama para Awardee Beasiswa. Jadi kamu bisa memanfaatkan semaksial mungkin untuk menggali informasi yang menjadi pertanyaanmu.

Kenapa kamu harus memilih belajar bersama Lister?

  • Kursus Online Rasa Offline

Lister menggunakan Teknologi meeting Tatap muka secara langsung sehingga mampu menghadirkan Kualitas Pembelajaran maksimal layaknya belajar di kelas karena dibimbing oleh pengajar yang Profesional, asik, dan bersahabat.

  • Tutor Awardee Beasiswa LN

Setiap tutor English Studio wajib punya sertifikasi IELTS Band 7+. Kompetensi terbaik untuk membimbingmu. Para tutor sudah terbukti berpengalaman dalam mengajar, cara penyampaian materi yang asyik

  • Sistem Belajar Intensive

Kelas intensif setiap senin sampai Kamis dalam satu minggu akan membuat kamu memiliki pemahaman yang mendalam.

  • 24/7

 

Bimbingan setiap program Lister tidak terbatas ruang dan waktu! Dengan fasilitas kelas online, kamu bisa belajar kapan saja, dimana saja!

 

Scholarship Mentorship – 3 Beasiswa Yang Paling Bergengsi di Indonesia!

Yap, selamat datang pada artikel Specific Purposes, para pembelajar Bahasa Inggris! Kali ini kita akan membahas tema ‘Scholarship Mentorship’ yang dirasa menarik khususnya bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studinya kejenjang yang lebih tinggi, yaitu: Beasiswa Yang Paling Bergengsi di Indonesia.

Semakin lama, semakin banyak orang-orang yang merasa tertarik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun amat disayangkan, untuk sebagian orang, kendala biaya seakan-akan menjadi tembok besar yang sulit untuk ditumbangkan. Wajar jika semakin hari keberadaan beasiswa menjadi sebuah kebutuhan yang diincar banyak orang. Karena itulah pada artikel kali ini akan dibahas mengenai materi yang dirasa cukup penting, yaitu mengenai beasiswa, guna memudahkan para pembelajar tersebut.

Beasiswa? Untuk apa sih?

Dengan perkembangan zaman yang ada, semakin banyak pelajar yang lantas bermimpi untuk memiliki pendidikan hingga ke jenjang yang paling tinggi. Tidak tanggung-tanggung, universitas-universitas tujuan mereka pun bukan lagi hanya sebatas apa yang ada di dalam negeri saja tetapi juga tersebar hingga dunia barat. Wajar saja jika kebutuhan biaya pendidikan pun menjadi semakin mahal setiap harinya.

Kendati begitu, kondisi ekonomi dunia yang tidak menentu terkadang membuat para pelajar itu hanya mampu menggigit jari. Tidak sedikit pembelajar yang akhirnya menyerah pada mimpi mereka dan memilih untuk mengadu nasib dikota-kota besar sebagai buruh atau perkerja kasar. Pendidikan tinggi seakan menjadi sebuah diskriminasi sosial yang tidak dapat di salahkan kepada siapapun.

Namun sebagian pihak lantas mampu memberikan solusi terbaik untuk permasalahan ini. Ya, beasiswa. Pendanaan pendidikan bagi siapa saja agar berkesempatan merasakan pendidikan tinggi. Tidak hanya itu, beasiswa yang adapun semakin hari menjadi semakin terbuka lebar, banyak dan royal. Dengan perkembangan yang ada, beasiswa-pun tidak lagi hanya untuk mereka yang kurang beruntung saja, tetapi terbuka bahkan untuk seorang ‘anak raja’ sekalipun. Sudah sangat ‘menggelikan’ dewasa ini jika masih ada seseorang yang tidak mampu melanjutkan sekolah karena alasan tidak memiliki biaya.

Apa sajakah macam-macam beasiswa yang ada?

Secara umum, jenis-jenis beasiswa dapat dikategorikan menjadi beberapa tipe. Diantaranya yang paling umum dijumpai adalah sebagai berikut:

  • Hadiah Tanda Jasa (Merit-based).

Seperti namanya, beasiswa ini didapatkan setelah seseorang mampu melakukan jasa dan pencapaian-pencapaian yang dirasa membuatnya pantas untuk menerima beasiswa ini. Kebanyakan beasiswa ini hadir dalam bentuk hadiah tunai dari institusi tempat sang penerima bernaung.

 

  • Pembangunan (College-specific)

Beasiswa pembangunan biasa diberikan bagi mereka yang siap mengabdi untuk tujuan-tujuan sosial tertentu dan ditempatkan pada daerah-daerah yang perlu untuk dibangun. Beasiswa ini banyak diberikan oleh badan-badan pemerintah, instansi-instansi negeri, maupun organisasi-organisasi independen berskala internasional.

  • Atlit (Athletic)

Sesuai namanya, beasiswa ini diperuntukan untuk para atlit yang sudah mampu berprestasi dan mengharumkan nama suatu lembaga, instansi, maupun negara. Beasiswa seperti ini, selain juga bersifat hadiah, terkadang memang diperuntukkan sebagai kompensasi agar sang atlit mau membela pihak sponsor mereka pada pertandingan-pertandingan olahraga yang ada.

  • Siswa Berkebutuhan Khusus (Student-specific)

Beasiswa semacam ini biasa diberikan hanya kepada orang-orang dengan spesifikasi-spesifikasi tertentu saja. Beberapa kategori yang umum seperti beasiswa kurang mampu, daerah tertinggal, beasiswa pengungsi, dll.

  • Kedinasan (Career-specific)

Seperti namanya, beasiswa ini diberikan oleh instansi atau kedinasan tempat penerima beasiswa itu bekerja dengan tujuan agar ia mampu mengejar karir dan mengembangkan kedinasan/instansi tersebut.

  • Yayasan Perusahaan (Brand-scholarship)

Beasiswa yayasan perusahaan biasa dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan yang bermaksud memberi kesan branding yang baik kepada khalayak: menggambarkan bahwa mereka peduli pendidikan dan perkembangan generasi kedepannya.

  • Sayembara/Mini-proyek (Creative-contest scholarship)

Tentu saja akan mudah ditebak bahwa jenis beasiswa ini dimaksudkan bagi mereka yang mampu memenangkan sebuah sayembara atau pendanaan dari proyek-proyek kecil-menengah dengan maksud dan tujuan tertentu. Pada umumnya sayembara ini memerlukan pengajuan proposal seperti pada pendanaan penelitian ataupun produk jadi seperti sayembara pembuatan logo.

Selain itu, jika dilihat dari lingkup pendanaannya, beasiswa juga dapat dibagi menjadi dua:

  • Mahasiswa Baru (Freshman Awardee)

Beasiswa yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang belum dan baru akan memulai perkuliahan. Beasiswa ini biasanya akan mencakup seluruh pembiayaan, dimulai dari semester pertama hingga batas yang ditentukan.

 

  • Sedang Berlangsung (On-going Scholarship)

Jenis beasiswa ini diperuntukkan untuk mereka yang sudah dan sedang menjalani masa studi di berbagai institusi atau lembaga keilmuan. Pendanaan yang ada biasanya hanya diberikan satu kali, bisa dalam bentuk uang tunai atau potongan-potongan tunjangan.

Beasiswa paling populer di Indonesia.

Dari berbagai beasiswa yang ada, terdapat beberapa beasiswa yang terbilang paling bergengsi di Indonesia. Umumnya beasiswa-beasiswa ini memerlukan persyaratan-persyaratan kemampuan berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, yang perlu dipenuhi. Maka berikut ini beberapa beasiswa paling bergengsi di Indonesia beserta batas minimum persyaratan kemampuan berbahasa Inggris mereka:

  1. Beasiswa LPDP

Mungkin bisa dikatakan beasiswa satu ini adalah beasiswa yang paling diminati oleh semua pelajar diseantero Indonesia. Dengan besaran dan cakupan pendanaan yang begitu masif serta menyeluruh, membuatnya menjadi primadona beasiswa baik di dalam maupun ke luar negeri. Beasiswa ini dinaungi oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia dan ditujukan untuk semua WNI tanpa terkecuali – mencakup berbagai program pendanaan dengan berbagai varian.

 

Mengenai persyaratan kemampuan berbahasa Inggris, LPDP sendiri terbilang cukup bervariasi dan menerima berbagai bentuk. Rentangnya-pun cukup beragam sesuai dengan program, jenjang, serta faktor geografis kampus yang dituju: TOEFL ITP® 500-530; TOEFL iBT 61-94; IELTS 6,0-7,0; TOEIC® 630-850.

 

  1. Beasiswa Dikti

Tentu saja yang paling bergengsi selanjutnya jatuh pada beasiswa ini. Salah satu pendanaan yang paling dikenal miliknya adalah Beasiswa Bidik Misi yang biasa dirasakan oleh para pelajar kurang mampu di jenjang sarjana (S1). Tidak hanya itu, beberapa beasiswa pascasarjana (S2 dan S3)-pun tersedia dengan berbagai varian.

 

Untuk persyaratan kemampuan Bahasa Inggris, Beasiswa Dikti memperbolehkan beberapa jenis sertifikat tes dengan standar yang berbeda, diantaranya: TOEFL ITP® 500-550; TOEFL iBT 65-73; IELTS 5,5-6,0; TOEIC® 605-650; PTE 42-50.

 

  1. Beasiswa Unggulan

Satu lagi beasiswa bergengsi yang lagi-lagi dinaungi salah satu lembaga pemerintahan yaitu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Bisa dibilang beasiswa ini merupakan salah satu beasiswa paling lengkap yang menawarkan berbagai jenjang dari sarjana (S1) hingga pascasarjana (S2 dan S3). Salah satu varian yang paling dikenal dari beasiswa yang satu ini adalah Beasiswa Masyarakat Berprestasi yang mana menyediakan baik untuk mahasiswa baru maupun on-going.

 

Syarat kemampuan Bahasa Inggris yang dimintapun bisa dibilang cukup simpel dan tidak terlalu demanding dikarenakan penekanan beasiswa ini lebih kepada prestasi dan pencapaian yang pernah diraih. Untuk syarat Bahasa Inggris-nya berkisar pada: TOEFL ITP® 500; TOEFL iBT 61; IELTS 5,5.

Maka itulah pembahasan mengenai scholarship pada artikel kali ini. Mendapatkan beasiswa tentu saja merupakan impian setiap pelajar di dunia ini, dan bukan tidak mungkin, kalian lah salah satunya. Karena itu jangan lah berputus asa – pastikan dan pantaskan diri kalian agar beasiswa-beasiswa tersebut bisa kalian ‘amankan dalam genggaman’!