Mengenal EPS TOPIK Korea: Pendaftaran dan Persiapan Belajar

eps topik korea

EPS TOPIK Korea adalah salah satu syarat yang umum disyaratkan bagi non Warga Negara Korea yang ingin bekerja di Korea.

Walau sama-sama ujian kemampuan bahasa Korea namun EPS TOPIK berbeda dengan TOPIK lho. Hal ini ada pada kegunaannya.

Sehingga jika ingin memilih kelas persiapan TOPIK kamu perlu memilih yang berfokus pada EPS TOPIK. Simak perbedaannya sebagai berikut!

Apa itu Ujian EPS TOPIK Korea?

EPS TOPIK Korea adalah singkatan dari Employment Permit System – Test of Proficiency in Korean. Jika digabungkan, EPS – TOPIK artinya adalah tes kemampuan berbahasa Korea untuk perizinan ketenagakerjaan, ditujukan bagi mereka yang ingin bekerja di Korea Selatan.

TOPIK sendiri merupakan test kemampuan bahasa Korea yang diakui secara internasional dan digunakan untuk keperluan apply pendidikan maupun pekerjaan di luar negeri. Ini merupakan syarat wajib ya!

EPS TOPIK digunakan untuk keperluan apply kerja di Korea sedangkan TOPIK digunakan untuk umum, misalnya untuk urusan pendidikan maupun pindah kewarganegaraan.

EPS TOPIK bahasa Korea diperuntukkan oleh para calon pekerja dan materinya seputar pekerjaan. Hasil sertifikat tes TOPIK umum tidak bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di Korea Selatan.

eps topik korea
EPS TOPIK Korea | Sumber gambar : Freepict

EPS – TOPIK, Tes Kemampuan Bahasa Korea untuk Pekerja

Tes EPS – TOPIK ini diselenggarakan oleh bagian Human Research Development, Kementrian Ketenagakerjaan Korea Selatan. Di Indonesia sendiri tesnya diselenggarakan dengan kerjasama dari lembaga BNP2TKI.

EPS – TOPIK sebelumnya dikenal dengan mana KLPT (Korean Language Proficiency Test), lalu berubah lagi menjadi EPS – KLT (Employment Permit System – Korean Language Test) sebelum akhirnya dinamakan EPS – TOPIK.

Ada dua jenis tes EPS – TOPIK yang bisa dipilih, yaitu PBT (Paper Based Test) dan CBT (Computer Based Test).

Untuk tes jenis CBT sendiri, memiliki dua jenis tes, yaitu umum dan khusus.

  • Tes CBT umum ditujukkan untuk kalangan umum, seperti tes jenis PBT.
  • Tes CBT khusus ditujukkan bagi mereka yang pernah bekerja di Korea Selatan melalui sistem EPS dan pernah menerima perpanjangan kontrak.

Syarat mengikuti EPS TOPIK

Syarat umum untuk bisa mengikuti tes EPS – TOPIK diantaranya

  • berusia 18 – 39 tahun
  • pendidikan minimal SMP atau sederajat
  • tidak sedang dicekal bepergian ke luar negeri
  • tidak pernah dipenjara, dan tidak pernah dideportasi dari Korea Selatan
  • telah bekerja di Korea Selatan selama 3 tahun masa kontrak resmi dan diperpanjang menjadi 4 tahun 10 bulan (Khusus EPS TOPIK CBT)

Jadi untuk kamu yang ingin mengikuti EPS TOPIK untuk keperluan kerja, perlu melihat beberapa syarat diatas sehingga kamu masuk kriteria yang diberikan.

Pendaftaran EPS TOPIK

Berapa kali ujian EPS TOPIK Korea? Tes EPS – TOPIK jenis PBT dilaksanakan satu kali dalam setahun, biasanya diadakan pada pertengahan tahun. Dan tes jenis CBT khusus dilaksanakan setiap tiga bulan sekali atau sekitar empat kali dalam satu tahun.

Untuk pendaftarannya bisa dicek di website resmi BNP2TKI. Penentuan tempat pelaksanaan tes menjadi wewenang BNP2TKI, dan biasanya diadakan di Jakarta dan Semarang.

Biaya pendaftaran yang dibutuhkan sebesar 24 USD, dan nominalnya dalam rupiah disesuaikan dengan kurs rupiah pada waktu peserta mendaftar.

Jika nantinya setelah melaksanakan tes peserta dinyatakan tidak lulus, biaya ujian yang telah dibayarkan akan dikembalikan secara penuh. Dengan syarat peserta terbukti tidak melakukan kecurangan apapun selama pelaksanaan tes.

Persiapan EPS TOPIK

Untuk mengikuti tes EPS – TOPIK peserta tidak diharuskan belajar di lembaga pelatihan Bahasa Korea sebelumnya. Peserta bisa juga belajar Bahasa Korea secara mandiri atau otodidak.

a. Materi yang diujikan

Aspek yang diujikan dalam tes adalah Reading (membaca) dan Listening (mendengarkan).

Poin-poin yang dinilai pada bagian Reading adalah perbendaharaan kata dan penggunaannya dalam kalimat, tata Bahasa dalam kalimat tertulis dan percakapan, pengetahuan seputar membaca informasi tertulis seperti pada papan penunjuk, tiket, atau tanda terima, dan terakhir penguasaan membaca materi dalam bentuk artikel singkat.

Untuk bagian Listening, yang dinilai adalah perbendaharaan kata dalam bentuk audio dan visual, pemahaman contoh percakapan dalam Bahasa Korea, dan penguasaan Bahasa dalam menganalisa dan mengambil informasi dari pernyataan pendek maupun panjang.

b. Minimal skoe EPS TOPIK

Berapa minimal nilai EPS TOPIK Korea? total skor maksimum dari tes EPS – TOPIK adalah 200, dan dibutuhkan minimal 80 untuk lulus.

Tetapi tidak semua yang memiliki nilai di atas 80 akan diluluskan, karena kewenangan untuk meluluskan peserta sepenuhnya ada di tangan Kementrian Ketenagakerjaan Korea Selatan.

Kelulusan juga bisa ditentukan berdasarkan jumlah peserta.

c. Aplikasi belajar EPS TOPIK

Ada beberapa aplikasi latihan soal EPS TOPIK Korea yang bisa kamu gunakan untuk belajar dalam persiapan EPS TOPIK. DIantaranya

  • Migii TOPIK 1-6 & EPS TOPIK
  • EPS Topik Practice (UBT, CBT)
  • EPS-TOPIK
  • EPS TOPIK Korean – Tes Kemahiran

Ada banyak EPS TOPIK Korea apk yang bisa dimanfaatkan untuk belajar mempersiapkan EPS dengan mudah.

Apalagi aplikasi ini bisa diinstall di perangkat telepon kamu, sehingga bisa belajar bahasa Korea dimana saja dan kapan saja.

Perbedaan TOPIK dan EPS TOPIK Korea

Jadi secara singkat mari kita lihat apa perbedaan antara TOPIK dan EPS TOPIK Korea sebagai ujian kemampuan bahasa Korea Selatan ini.

EPS TOPIKTOPIK
Tujuan penggunaanDigunakan untuk keperluan masuk ke dunia kerja di Korea Selatan. Digunakan untuk keperluan umum seperti pendidikan
Peserta ujianWarga negara asing yang ingin apply kerja di Korea SelatanUmum (Pelajar, masyarakat umum)
Fokus materiFokus pada kemampuan membaca dan mendengar Membaca, mendengar dan menulis
Penyelenggara ujian Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea) yang bekerja sama dengan organisasi keternagakerjaan di sebuah negara Dikelola oleh National Institute for International Education (NIIED) yang mengatur penyelenggaran TOPIK ke berbagai negara
Perbedaan TOPIK dan EPS TOPIK Korea

Jadi ada perbedaan yang mendasar ya antara EPS TOPIK dan TOPIK. Hal ini berkaitan dengan tujuan penggunaan hasil ujian dan juga hal-hal yang dipelajari dalam ujian.

Sehingga kamu perlu mengetahui perbedaan dari masing-masing ujian bahasa Korea dan bisa melakukan persiapannya ddengan baik.

Belajar EPS TOPIK dengan kursus bersama Lister

Belajar persiapan TOPIK bisa kamu lakukan bersama Lister. Lister menghadirkan kelas persiapan TOPIK yang bisa membantu kamu belajr dengan terarah.

Ada 3 jenis ukuran kelas yang bisa kamu ikuti mulai dari kelas private,kelas semi private dan group. Kelas dilakukan secara online dengan jam belajar yang fleksibel.

Kamu juga bisa request tutor sesuai dengan kebutuhan kamu. Informasi lengkap tentang kursus persiapan TOPIK bisa kamu dapatkan dengan konsultasi melalui Whatsapp!

Ada banyak promo dan juga manfaatkan program cicilan jika diperlukan. Daftar sekarang juga!

Sumber gambar sampul : Freepick

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts