fbpx

Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 & 2, Lengkap!

Materi Bahasa Indonesia Kelas 6

Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 & 2 perlu dipelajari untuk siswa sekolah dasar kelas 6. Sebagai pengajar, ibu/bapak guru perlu update materi nya yang tepat. Gunakan beberapa referensi buku untuk mendukung silabus yang akan diajarkan pada siswa kelas 6.

Apa saja materi pelajaran bahasa Indonesia kelas 6 SD? yuk kita jabarkan satu-satu bersama Lister!


Kursus English for Kids untuk Tingkatkan Kemampuan Bahasa Anak

Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 & 2

Di semester 1 kelas 6 ini, kita bakal belajar banyak hal seru seperti menulis karangan, memahami makna kata, dan mengenal lebih dekat ragam teks yang ada di sekitar kita.

Cek materinya sebagai berikut:

1. Bangga menjadi anak Indonesia

Tema “Bangga Menjadi Anak Indonesia” dirancang untuk membantu siswa memahami pentingnya keberagaman dan peran bahasa Indonesia dalam menyatukan bangsa.

Tujuan pembelajaran meliputi memahami perasaan teman yang baru pindah dan membantu mereka beradaptasi, menerima perbedaan asal-usul, serta memperluas wawasan tentang diaspora Indonesia di luar negeri.

Beberapa materi yang akan diajarkan di materi bahasa Indonesia kelas 6 adalah :

  • Siswa akan menyimak cerita pendek “Aku Anak Indonesia” untuk memahami nilai-nilai kebangsaan dan identitas anak-anak Indonesia.
  • Siswa akan mendiskusikan asal-usul anak-anak Indonesia, menggali lebih dalam tentang sejarah dan budaya mereka.
  • Siswa akan mencari informasi dari teks “Sekilas Sejarah Bahasa Indonesia” untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang bahasa sebagai bagian dari identitas bangsa.
  • Siswa akan membaca surel tentang perbandingan kehidupan diaspora untuk memperluas wawasan mereka mengenai kehidupan di luar negeri.
  • Siswa akan menulis surel berdasarkan pengalaman sendiri, melatih keterampilan menulis yang lebih pribadi dan reflektif.
  • Untuk mendukung pembelajaran, siswa akan bermain peran berdasarkan kisah “Aku Anak Indonesia” untuk memperdalam pemahaman cerita.
  • Siswa juga akan mempraktikkan cara mengirim surel dengan aman jika jaringan internet tersedia, sebagai keterampilan yang penting di dunia digital.

Selain itu, pembelajaran ini juga melatih siswa untuk memahami unsur intrinsik cerita, berdiskusi dan berbicara secara aktif, serta menulis kalimat yang benar sesuai kaidah.

Siswa diajak mencari informasi penting dari bacaan dan memanfaatkannya dalam menulis surel maupun surat resmi dengan cara yang tepat.

Baca juga : Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 & 2, Kur. Merdeka

Dengan kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar mengembangkan keterampilan berbahasa, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan memahami nilai-nilai keberagaman.

2. Musisi Indonesia di Pentas Dunia

Pembelajaran tentang seni dan budaya Indonesia bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga dan percaya diri bahwa karya seni Indonesia diakui di dunia, sekaligus memahami pentingnya seni budaya sebagai bentuk diplomasi lunak.

Siswa akan membuat peta pikiran mengenai potensi seni budaya Indonesia, menggali ide seni tradisi atau permainan tradisional untuk dipentaskan, serta mempromosikan kesenian lokal melalui poster dan brosur yang menarik.

Dalam kegiatan utama Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 ini, siswa akan:

menyimak artikel “Joey Alexander, Pianis yang Mendunia”, mendiskusikan topik “Seni sebagai Kekuatan Diplomasi Budaya”, mencari informasi dari transkrip wawancara “Panggung Dunia Eko Supriyanto”, melakukan wawancara, dan berdiskusi untuk membuat keputusan bersama kelompok.

Aspek kebahasaan yang akan dinilai di bab ini adalah

  1. Membuat peta pikiran
  2. Melakukan wawancara
  3. Menulis hasil wawancara

3. Taman Nasional dan Situs Warisan Dunia

Pembelajaran ini mengajak siswa untuk mengambil hikmah dari kisah-kisah legenda yang sarat dengan nilai moral dan kebijaksanaan.

Berikut beberapa materi yang akan dipelajari siswa:

  • Siswa akan memahami penggunaan gaya bahasa majas dalam cerita untuk memperkaya pemahaman mereka tentang keindahan bahasa.
  • Siswa akan diajak untuk mengelompokkan informasi dari catatan perjalanan yang mereka baca, sehingga dapat memilah data secara sistematis dan terorganisir.
  • Siswa akan berlatih membaca dan menulis fakta dari grafik, yang merupakan keterampilan penting untuk memahami dan menyampaikan informasi berbasis data.
  • Sebagai penutup, siswa akan menulis laporan hasil kunjungan ke museum, yang tidak hanya melatih kemampuan menulis mereka tetapi juga memperdalam apresiasi terhadap sejarah dan budaya.

Dengan kegiatan ini, siswa diajak untuk mengintegrasikan berbagai keterampilan sekaligus menumbuhkan rasa cinta terhadap kekayaan budaya bangsa.

Aspek kebahasaan dalam pembelajaran ini mencakup berbagai keterampilan penting yang membantu siswa memahami dan menggunakan bahasa Indonesia dengan lebih baik.

Untuk anda : Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Aspek kebahasaan dalam pembelajaran ini meliputi membedakan opini dan fakta, mempelajari berbagai majas, serta menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung untuk memperkaya penyampaian informasi. Siswa juga dilatih menganalisis grafik dan menulis laporan hasil pengamatan secara sistematis.

Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya memahami teori bahasa, tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan keterampilan komunikasi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Bahasa Indonesia Kelas 6
Materi Bahasa Indonesia Kelas 6

4. Jeda untuk Iklim

Pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya isu krisis iklim dan bagaimana cara menyikapinya dengan tepat.

Dengan materi sebagai berikut:

  • Siswa akan menyimak teks eksplanasi ilmiah tentang “Mengenal Krisis Iklim” dan menulis ringkasan dari teks tersebut untuk mengasah keterampilan menyusun informasi dengan jelas.
  • Siswa akan mencari sinonim dan antonim kata dalam kamus untuk memperkaya kosa kata mereka.
  • Siswa akan menanggapi teks berita tentang aksi jeda untuk iklim, melatih kemampuan dalam memberikan respons terhadap isu-isu penting.
  • Melalui analisis infografik, siswa akan memahami pesan mengenai perbandingan slow fashion dan fast fashion yang berpengaruh terhadap lingkungan.
  • Siswa akan diajak untuk membuat poster lingkungan yang mengkomunikasikan pesan-pesan penting terkait krisis iklim dan pelestarian alam.

Kegiatan ini melibatkan berbagai aspek kebahasaan, seperti memahami sinonim dan antonim, menulis ringkasan teks eksplanasi, serta memahami infografik.

Dengan cara ini, siswa tidak hanya belajar tentang masalah lingkungan, tetapi juga melatih keterampilan menulis, berpikir kritis, dan menyampaikan pesan secara visual yang efektif.

5. Anak-Anak yang Mengubah Dunia

Dalam pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat terinspirasi oleh kisah anak-anak muda yang telah mengubah dunia, seperti Melati dan Isabel Wijsen, Malala Yousafzai, dan Greta Thunberg.

Beberapa materi lainya adalah:

  • Siswa akan diajak untuk menyampaikan pendapat tentang isu lingkungan, meningkatkan kemampuan berbicara dan berpikir kritis mereka.
  • Siswa akan memahami dan menulis kutipan dengan benar, serta menulis naskah pidato yang berbobot untuk menyampaikan pendapat secara efektif.
  • Siswa akan melatih keterampilan berpidato dengan menyampaikan naskah yang telah ditulis dengan percaya diri.
  • Kegiatan utama mencakup membaca biografi Melati dan Isabel Wijsen, blog Malala Yousafzai, dan transkrip pidato Greta Thunberg sebagai sumber inspirasi.
  • Siswa akan membuat peta pikiran untuk merangkum ide-ide utama, menuliskan kutipan dengan benar, menulis naskah pidato yang efektif, dan berlatih berpidato untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka.

Melalui serangkaian kegiatan ini, siswa diharapkan tidak hanya memahami isu lingkungan, tetapi juga mampu mengungkapkan pendapat dan ide mereka dengan cara yang persuasif dan penuh makna.

6. Liburan Perpisahan Kelas

Pada bab “Liburan Perpisahan Kelas,” peserta didik diharapkan dapat memahami beberapa hal penting yang dapat membantu mereka dalam pengambilan keputusan dan memahami perkembangan teknologi.

  • Peserta didik akan diajarkan cara-cara pengambilan keputusan melalui rapat kelas, yang mengajarkan mereka pentingnya berdiskusi dan menyepakati keputusan bersama.
  • Dalam kegiatan ini, mereka juga akan belajar membandingkan iklan untuk membantu membuat keputusan yang tepat, seperti memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Peserta didik akan memahami bagaimana teknologi transaksi keuangan, seperti penggunaan uang elektronik, berkembang, serta bagaimana hal ini dapat mempengaruhi masa depan keuangan mereka.
  • Kegiatan utama dalam bab ini meliputi membaca cerita pendek “Liburan Perpisahan Kelas” yang akan mengajarkan mereka tentang prioritas dan cara merancang anggaran untuk kegiatan.
  • Mereka akan belajar cara menetapkan apa yang paling penting dan mengatur keuangan dengan bijak.
  • Peserta didik juga akan diajarkan cara menganalisis iklan untuk memilih produk dengan cermat serta mempelajari bagaimana uang elektronik dan otomatisasi berfungsi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Selain itu, mereka akan berlatih menulis fiksi ilmiah, yang akan mengasah imajinasi mereka serta kemampuan menulis dan berkreasi dengan ide-ide futuristik.

Aspek kebahasaan yang terlibat mencakup merancang anggaran yang melatih mereka membuat rencana keuangan,

menganalisis iklan untuk memilih dengan bijak, menulis kuitansi sebagai bukti transaksi, dan menulis fiksi ilmiah yang akan mengembangkan keterampilan menulis mereka dengan menggunakan bahasa yang kreatif.

Untuk anda : Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester 1 & 2

7. Aku Bisa Berempati

Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan empati kepada teman-temannya.

Khususnya dengan menolak perundungan dan berani untuk menegur pelaku perundungan serta membela korban.

Peserta didik akan lebih sensitif terhadap perbedaan dan lebih peka terhadap tantangan yang dihadapi oleh individu dengan keterbatasan melalui pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan penyandang disabilitas.

Dengan mengapresiasi puisi sebagai bentuk ekspresi seni, peserta didik diharapkan dapat menyampaikan perasaan dengan lebih halus dan memperluas wawasan emosional mereka.

Kegiatan utama di Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 adalah

  • Kegiatan utama mencakup membaca cerita “Teman Baru Frida” untuk memahami nilai persahabatan, serta mendiskusikan mitos dan fakta seputar menstruasi yang sering menjadi topik tabu.
  • Selain itu, peserta didik akan mengapresiasi puisi yang dapat membantu menghaluskan perasaan dan memperdalam pemahaman mereka tentang dunia perasaan.
  • Mereka juga akan membaca artikel “Menyesap Sepi di Kafe Sunyi” yang menggugah emosi dan menulis resensi buku sebagai salah satu keterampilan menulis.

Dalam prosesnya, peserta didik akan dilatih dengan penggunaan ungkapan, peribahasa, dan kalimat majemuk bertingkat dalam bahasa Indonesia, yang akan memperkaya kemampuan berbahasa mereka.

8. Aman di Dunia Maya

Peserta didik diharapkan dapat menghasilkan karya tulis yang berkualitas saat lulus dari Sekolah Dasar.

Materi dalam bab ini akan membimbing mereka melalui tahap-tahap penulisan, mulai dari merancang hingga menyunting naskah.

Salah satu wacana yang menjadi fokus penting dalam bab ini adalah tentang keamanan di dunia maya.

Peserta didik perlu memahami prinsip-prinsip keamanan di dunia maya untuk menjaga keamanan pribadi dan informasi yang mereka akses, mengingat pentingnya penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk riset.

Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 di bab ini adalah

  • Kegiatan utama yang akan dilakukan peserta didik mencakup membaca esai “Pada Masa Depan, Robot akan Menggantikan Pekerjaan Manusia,” yang akan mengajak mereka berpikir kritis tentang teknologi dan masa depan.
  • Mereka juga akan membaca tip tentang cara “Aman di Dunia Maya” yang memberikan panduan praktis dalam beraktivitas online, serta belajar merancang dan menulis esai argumentatif untuk menyampaikan pendapat secara jelas dan terstruktur.
  • Proses ini juga akan melibatkan keterampilan dalam menyunting esai argumentatif yang telah ditulis, serta membuat daftar pustaka sebagai bagian dari riset yang dilakukan.

Aspek kebahasaan yang ditekankan termasuk membedakan teks fiksi dan nonfiksi, serta keterampilan dalam menyusun dan menyunting kerangka esai argumentatif.

Dengan memahami berbagai aspek dalam materi Bahasa Indonesia kelas 6, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan keterampilan komunikasi dan berpikir kritis.

Melalui kegiatan yang beragam, mereka tidak hanya belajar bahasa, tetapi juga mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di dunia yang semakin kompleks.

Beri anak les bahasa asing, programs kids Lister bantu anak belajar dengan efektif!

Ingin maksimalkan kemampuan bahasa anak, selain bahasa Indonesia? bapak/ibu bisa coba kursus bahasa asing di Lister lho! ada kelas for kids dengan materi yang disesuaikan!

Lister menyediakan berbagai kelas, mulai dari English for Kids dan Mandarin for Kids yang dukung kemampuan bahasa anak makin cemerlang. Selain itu, tersedia juga berbagai kelas bahasa asing lainnya.

Lister juga menawarkan persiapan ujian bahasa asing seperti IELTS, TOEFL, Duolingo, JLPT, TOPIK, dan banyak lagi.

Jika ingin beri anak tempat belajar bahasa secara efektif dan optimal, Lister adalah pilihan yang tepat!

Kelas dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jam belajar yang fleksibel. Hubungi Lister melalui Whatsapp untuk konsultasi mengenai kebutuhan belajarmu!

Sumber gambar sampul: freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts