Gates Scholarship Cambridge Tawarkan Biaya Hidup Hingga 470 Juta Per Tahun

Gates Scholarship Cambridge

Gates Scholarship Cambridge adalah beasiswa pascasarjana penuh yang diberikan kepada mahasiswa internasional untuk belajar di University of Cambridge, Inggris.

Ketahui persyaratan daftarnya dalam artikel ini untuk mempersiapkan diri kamu dari sekarang! Untuk mendukung persiapan beasiswa, kamu juga bisa mengikuti program bimbingan beasiswa dari Lister lho!

Apa Itu Gates Scholarship Cambridge?

Beasiswa Gates Cambridge adalah beasiswa pascasarjana penuh yang diberikan kepada mahasiswa internasional untuk belajar di University of Cambridge, Inggris.

Beasiswa Gates Cambridge Scholarship adalah beasiswa yang diberikan oleh pendiri Microsoft, Bill Gates, dan mantan istrinya, Melinda Gates.

Yang ditujukan untuk kuliah S2 dan S3 di University of Cambridge, Inggris. Beasiswa ini memberikan bantuan kuliah gratis dan tunjangan yang besar kepada penerimanya. 

Beasiswa Gates Cambridge 2024 adalah program yang sangat kompetitif, dengan tingkat penerimaan hanya sekitar 1,3% dari total pelamar dalam beberapa tahun terakhir.

Gates Cambridge Scholarship
Gates Cambridge Scholarship | Sumber gambar: Freepict

Gates cambridge scholarship undergraduate dirancang untuk masa studi antara 1 hingga 4 tahun dan mencakup semua kebutuhan selama proses pendidikan, termasuk biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat, visa, dan tunjangan keluarga. 

Skema beasiswa Gates Cambridge ini merupakan program beasiswa yang diselenggarakan pertama kali pada Oktober 2000 melalui donasi dari Bill dan Melinda Gates untuk Universitas Cambridge.

Baca juga : Scholarship Artinya, Jenisnya & Bedanya dengan Fellowship

Donasi yang diberikan adalah 210 juta USD yang merupakan donasi terbesar yang pernah diberikan kepada universitas di Inggris. 

Tujuan dari program beasiswa Gates Cambridge adalah untuk membangun jaringan global antara pemimpin masa depan yang berkomitmen untuk memperbaiki kehidupan orang banyak.

Beasiswa ini diberikan untuk siswa postgraduate students (jenjang setelah S1) yang menunjukan standar intelektual yang tinggi, memiliki jiwa kepemimpinan, dan berkomitmen untuk membuat kehidupan yang lebih baik untuk orang banyak.

Cakupan Benefit Gates Cambridge Scholarship

Tujuan beasiswa Gates Cambridge Scholarship adalah untuk mendukung pendidikan mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia untuk melanjutkan studi di University of Cambridge, Inggris.

Beasiswa ini diprakarsai oleh Bill Gates dan Melinda Gates, pendiri dan mantan istri Bill Gates. Beberapa keuntungan yang didapatkan penerima beasiswa Gates Scholarship Cambridge, di antaranya: 

1. Biaya Kuliah Penuh 

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah secara keseluruhan, yang berarti semua biaya yang diperlukan untuk program studi di Universitas Cambridge akan ditanggung sepenuhnya.

Ini memberikan kesempatan kepada penerima beasiswa untuk fokus pada studi mereka tanpa khawatir tentang biaya pendidikan.

2. Biaya Hidup Sebesar £20.000 (Sekitar Rp407 Juta) Untuk Satu Tahun 

Penerima beasiswa akan mendapatkan tunjangan biaya hidup tahunan sebesar £20.000, yang cukup untuk menutupi kebutuhan dasar seperti akomodasi, makanan, transportasi, dan kebutuhan sehari-hari lainnya selama satu tahun.

3. Tiket Pesawat Kelas Ekonomi Pulang-Pergi 

Beasiswa ini juga mencakup tiket pesawat kelas ekonomi untuk perjalanan pulang-pergi ke negara asal penerima. Ini membantu mengurangi beban biaya perjalanan bagi mereka yang datang dari luar Inggris.

4. Visa dan Immigration Health Surcharge 

Penerima beasiswa akan ditanggung biaya visa yang diperlukan untuk belajar di Inggris, serta biaya Immigration Health Surcharge (IHS) yang memberikan akses ke layanan kesehatan selama tinggal di Inggris

Baca juga : Beasiswa KSE: Tunjangan, Timeline, Syarat dan Cara Daftar

5. Tunjangan Keluarga 

Bagi penerima beasiswa yang memiliki tanggungan keluarga, tunjangan keluarga disediakan untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka selama masa studi. Ini mencakup dukungan finansial tambahan untuk pasangan dan anak-anak.

6. Tunjangan Peningkatan Akademik Untuk Konferensi Atau Kursus 

Beasiswa ini memberikan tunjangan khusus untuk mendukung penerima dalam mengikuti konferensi atau kursus tambahan yang relevan dengan bidang studi mereka, yang dapat meningkatkan pengalaman akademik dan jaringan profesional.

7. Tunjangan Kehamilan (Maternity) Atau Menjadi Ayah (Paternity) 

Untuk mendukung penerima yang menjadi orang tua, beasiswa ini menyediakan tunjangan bagi mereka yang mengalami kehamilan atau menjadi ayah, memastikan bahwa mereka dapat menyeimbangkan tanggung jawab keluarga dengan studi mereka.

Tingkat penerimaan yang rendah menunjukkan betapa selektifnya program ini, dengan sekitar 1,3%.

Pelamar yang menerima beasiswa dalam beberapa tahun terakhir  sehingga hanya pelamar dengan prestasi akademik dan potensi luar biasa yang akan berhasil mendapatkan beasiswa.

Ini menjadikan Gates Cambridge Scholarship sebagai salah satu beasiswa paling bergengsi di dunia.

Gates Cambridge Scholarship Timeline 

Gates Cambridge Scholarship Timeline untuk tahun akademik 2025-2026 adalah sebagai berikut: Pendaftaran dibuka pada 4 September 2024, Beasiswa ini memiliki dua tahap seleksi. 

  • Juli- September : Aplikasi beasiswa dibuka
  • Oktober- Desember : Batas waktu pendaftaran
  • Desember – Januari : seleksi awal oleh panitia
  • Februari : Wawancara final
  • Maret : Pengumuman beasiswa

Mengenai tanggal pasti dari beasiswa ini, kamu bisa cek website Gates Cambridge Scholarship ya!

Persyaratan Daftar Gates Scholarship Cambridge

Berbeda dengan beasiswa pada umumnya, Gates Scholarship ini memberikan persyaratan yang lebih fleksibel, diantaranya:

1. Tidak Terbatas Usia

Salah satu keunggulan dari Gates Scholarship adalah tidak adanya batasan usia bagi pelamar.

2. Bukan Warga Negara Inggris

Beasiswa ini ditujukan untuk pelamar yang bukan warga negara Inggris. 

3. Memiliki Prestasi Akademik

Calon penerima beasiswa diharapkan memiliki prestasi akademik yang baik. Ini mencakup pencapaian dalam pendidikan sebelumnya.

Seperti nilai yang tinggi atau penghargaan akademik, yang menunjukkan kemampuan dan dedikasi dalam bidang studi yang dipilih.

4. Memiliki Alasan Memilih Jurusan

Pelamar harus dapat menjelaskan dengan jelas alasan mereka memilih jurusan tertentu. Ini menunjukkan bahwa mereka telah mempertimbangkan.

Pilihan akademik mereka dengan matang dan memiliki tujuan yang jelas dalam pendidikan mereka.

Untuk anda : S1 dengan Beasiswa Tanoto Foundation, Cek Jadwal dan Cakupannya!

5. Memiliki Komitmen Untuk Meningkatkan Kehidupan Orang Lain

Gates Scholarship mencari individu yang memiliki niat untuk memberikan dampak positif dalam masyarakat.

Pelamar diharapkan memiliki komitmen untuk berkontribusi dalam meningkatkan kehidupan orang lain, baik melalui penelitian, layanan masyarakat, atau kegiatan sosial lainnya.

6. Memiliki Kapasitas Kepemimpinan 

Calon penerima beasiswa harus menunjukkan kemampuan kepemimpinan, baik melalui pengalaman pribadi, kegiatan ekstrakurikuler, atau proyek yang telah mereka pimpin.

Ini penting karena beasiswa ini tidak hanya mencari pelajar yang cerdas, tetapi juga individu yang dapat memimpin dan menginspirasi orang lain di masa depan.

Gates Scholarship Cambridge menjadi beasiswa bergengsi yang memiliki tingkat persaingan tinggi, maka dari itu persiapkan diri kamu agar lolos menjadi awardee beasiswa ini.

Ingatlah bahwa jalan untuk menggapai cita-cita kamu harus diiringi dengan usaha dan perjuangan yang besar ya!

Kejar beasiswa sampai Cambridge, mentoring bersama Lister!

Ingin dapatkan beasiswa bergengsi dari Gates Scholarship Cambridge maupun beasiswa yang lainya?

Kamu bisa mengikuti program Bimbingan beasiswa dari Lister. Tersedia untuk kamu yang mencari beasiswa S1, S2 maupun S3.

Kelas Lister bantu kamu mempersiapkan kebutuhan beasiswa dengan maksimal. Kelas private bisa didapatkan dengan harga mulai dari 1 jutaan.

Ada banyak promo yang tersedia, mulai dari 10% sampai dengan 50%. Cek update promo melalui Instagram Lister.

Informasi lebih lengkap tentang bimbingan beasiswa Lister bisa langsung konsultasi melalui Whatsapp Lister ya!

Sumber gambar sampul: Lister

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts