Kata-Kata Indah Bahasa Indonesia dan Artinya, Ide Nama Estetik!

kata indah bahasa indonesia

Kata indah Bahasa Indonesia jarang diketahui oleh masyarakat kita, pasalnya kosakata tersebut jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Tapi tahukah kamu kalau ada banyak kata kata indah bahasa indonesia yang memiliki makna yang dalam. Yuk cek ada apa saja kata Indah bahasa Indonesia di ulasan berikut ini.

Rekomendasi layanan Lister: kursus BIPA untuk penutur asing

Kata Indah Bahasa Indonesia

Hingga saat ini, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup dan juga terus mengalami perkembangan dengan penggunaan kosakata baru.

Baik melalui adanya penciptaan atau melalui penyerapan dari bahasa daerah dan juga bahasa asing.

Penggunaan diksi Bahasa Indonesia yang indah seringkali digunakan oleh seniman tarik suara atau sastra terkenal di Indonesia.

Kamu bisa melihat karya-karya mereka sebagai bahan referensi diksi dan metafora selain dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Kata-kata ini juga banyak ditemukan di platform media sosial, di mana banyak pengguna memanfaatkan istilah estetis yang berasal dari bahasa Indonesia untuk menjelaskan foto atau video yang menarik perhatian mereka.

kata indah bahasa Indonesia
Ilustrasi kata Indah bahasa Indonesia | Sumber gambar: Freepict

20 contoh kata indah bahasa Indonesia dan maknanya

Ada banyak sekali kata indah dalam bahasa Indonesia yang jarang diketahui. Baik itu diucapkan ketika berbicara dengan pasangan, keluarga, teman dan bahkan orang yang baru dikenal.

Bahasa sastra indah masuk ke dalam daftar kekayaan budaya Indonesia. Berikut ini daftar kata-kata indah bahasa indonesia.

1. Rahara

Kata indah bahasa indonesia yang pertama adalah Rahara. Kata “Rahara” punya makna yang mendalam yakni merujuk pada gadis yang sudah mencapai tahap kedewasaan. 

2. Sandyakala

“Sandyakala” adalah istilah yang kaya akan makna, kosakata satu ini berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti saat-saat indah ketika cahaya merah menyelimuti langit senja. 

3. Nayanika

Istilah “Nayanika” bisa kamu pakai buat bikin puisi nih, pasalnya arti nayanika adalah mata yang memancar dengan indah, mencerminkan keindahan dan daya tarik yang luar biasa.

4. Swastamita

Kalau kata “Swastamita” memiliki arti keindahan senja, senja yang tidak hanya menawarkan pemandangan memukau tetapi juga kaya akan makna budaya dan spiritual. 

5. Eunoia

Kata “Eunoia” berarti pemikiran yang baik. Istilah ini mencerminkan pentingnya memiliki pikiran yang positif dan kreatif yang hasilnya bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain. 

6. Arunika

Kata “Arunika” artinya kebangkitan (kehidupan baru), kehidupan yang muncul dari proses transformasi.

7. Bentala

Kosakata “Bentala” artinya bumi atau tanah, bentala juga berarti simbol dari pondasi dan stabilitas. Bentala mencerminkan pentingnya hubungan kita dengan alam dan lingkungan.

8. Renjana

Kata “Renjana” memiliki arti antusiasme, rasa semangat atau kegembiraan yang kuat terhadap sesuatu. 

9. Arutala

Istilah “Arutala” berarti cita-cita tinggi nan mulia, arutala bisa jadi menggambarkan aspirasi dan harapan yang luhur dalam hidup.

10. Drestanta

Kata “Drestanta” berarti panutan atau teladan yang bisa merujuk pada seseorang yang menjadi contoh bagi orang lain. Nama Drestanta mencerminkan nilai-nilai integritas dan kepemimpinan kuat yang dapat diikuti oleh orang lain. 

Baca juga : 100 Kata Bahasa Indonesia yang Jarang Diketahui, Estetik!

11. Abhipraya

Kata “Abhipraya” berarti harapan, mencerminkan keyakinan dan optimisme terhadap masa depan. Istilah ini menggambarkan perasaan positif yang mendorong seseorang untuk terus berjuang dan tidak menyerah. 

12. Nareswara

“Nareswara” berarti seseorang yang bermartabat, atau seseorang yang memiliki bakat dalam menulis atau seni. Kata ini mencerminkan karakter yang kuat dan kemampuan untuk mengekspresikan diri melalui karya seni. 

13. Giandra

“Giandra” berarti sentosa dan pintar, menggambarkan seseorang yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki kedamaian batin.

14. Nirankara

Kosakata “Nirankara” berarti keagungan Tuhan, Nirankara mencerminkan konsep ketuhanan yang tanpa batas dan tak terlukiskan. Istilah ini mengajak kita untuk merenungkan kebesaran dan keagungan yang ada di luar pemahaman manusia.

15. Kavindra

“Kavindra” berarti laki-laki namun lebih dari sekadar identitas gender, istilah ini juga bisa digunakan untuk mencerminkan karakter dan peran yang diemban oleh seorang pria dalam masyarakat. 

16. Ragnala

Kata indah bahasa indonesia selanjutnya adalah Ragnala.

Nama “Ragnala” berarti ingin agar anak tersebut nantinya menjadi pria yang penuh cinta dan kasih sayang.

Memiliki harapan agar menjadi sosok yang lembut dan penuh perhatian, yang tidak hanya kuat secara fisik tetapi juga memiliki hati yang hangat.

17. Tarendra

“Tarendra” berarti anak laki-laki yang berjiwa pemimpin, yang adil dan bijaksana kepada masyarakatnya. Istilah ini mencerminkan harapan akan generasi muda yang tidak hanya memiliki kemampuan untuk memimpin, tetapi juga memiliki nilai-nilai moral yang tinggi. 

18. Wanodya 

Nama Wanodya berarti gadis remaja, memiliki kesan yang anggun namun penuh dengan keceriaan dan semangat. Wanodya menjadi salah satu kata bahasa indonesia yang indah.

19. Amerta 

Kata “Amerta” berarti abadi, kosakata ini memiliki makna agar setiap sesuatu yang baik dapat menjadi abadi. 

20. Elegi 

Kosakata “Elegi” berarti syair, syair yang menceritakan dukacita. Bisa digunakan untuk menambah kesan magis dalam sebuah karya puisi. Kata estetik bahasa indonesia yang satu ini kerap terdengar pada sebuah syair lagu. 

Contoh kata kata aesthetic bahasa Indonesia di atas hanya sebagian kecil dari ratusan kosakata lainnya yang memiliki keindahan makna dalam setiap penyebutannya.

Kosakata indah bahasa Indonesia diambil dari bahasa Sansekerta yang masih ada tersimpan dengan rapi di dalam berbagai naskah-naskah kuno nusantara. 

Menarik dibaca: Kosakata Emotif: Pengertian dan Contoh Kalimat

Belajar bahasa Indonesia lebih luas, ada kursus BIPA untuk pentur asing dari Lister!

Lister adalah one stop language learning solution yang memberikan kursus bahasa termasuk bahasa Indonesia untuk penutur asing.

Kelas bahasa Indonesia di Lister masuk dalam program kursus BIPA dengan tutor profesional. Di kelas ini siswa akan belajar tentang bahasa Indonesia untuk komunikasi sehari-hari.

Materi pembelajaran, tutor dan jadwal belajar bisa disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Kelas private menjadi pilihan terbaik dengan harga mulai dari Rp1.525.750.

Selain itu juga ada kelas persiapan UKBI untuk kamu yang ingin menyiapkan ujian kemahiran bahasa Indonesia.

Informasi lebih lanjut termasuk harga layanan dan promo bisa langsung konsultasi melalui Whatsapp Lister ya! Update promo terbaru di halaman Instagram Lister!

Sumber gambar sampul: Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts