8 Manfaat Belajar Bahasa Asing

8 Manfaat Belajar Bahasa Asing

https://lister.co.id/ Jaman sekarang, belajar Bahasa baru sudah menjadi tren tersendiri. Keren rasanya kalau bisa menguasai lebih dari satu Bahasa, apalagi kalau Bahasa yang dikuasai bukan hanya Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dengan luasnya jaringan internet sekarang. Kita jadi sering sekali terpapar konten-konten yang menggunakan Bahasa asing, sehingga lama-lama banyak orang yang tertarik untuk mempelajari berbagai Bahasa asing di dunia. Buat yang masih ragu-ragu dan takut untuk memulai belajar Bahasa baru, mungkin kalian bisa melihat daftar manfaat yang bisa kalian dapatkan saat belajar Bahasa asing di bawah ini:

  1. Melatih Otak

Bagi yang terjebak dengan rutinitas sekolah atau pekerjaan, terkadang hal itu bisa membuat otak kita lelah. Melakukan hal yang sama setiap hari bisa membuat otak kita menjadi kurang terlatih. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mempelajari sesuatu yang baru, misalnya dengan mempelajari Bahasa asing. Nantinya ada banyak sekali kemampuan otak yang bisa kalian asah saat belajar Bahasa baru.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Dalam belajar Bahasa baru, tentunya kita akan bertemu dengan banyak kosa kata baru yang harus kita hapal. Selain itu juga ada grammar dan teknik pengucapan yang berbeda-beda. Semua informasi ini tentunya dapat melatih daya ingat kita. Tidak perlu langsung mengingat banyak kata sekaligus, cukup beberapa kata setiap hari secara rutin.

  • Melatih Kemampuan Multi-tasking

Bagi yang menguasai lebih dari satu atau bahkan lebih dari dua Bahasa pasti sangat memahami kemampuan multi-tasking yang dimaksud di sini. Kemampuan ini biasanya muncul untuk digunakan saat kalian harus berbicara menggunakan lebih dari satu Bahasa. Otak akan secara otomatis berpindah-pindah menerjemahkan dan memikirkan perkataan kalian dalam berbagai bahasa. Nah, kalau kalian belajar Bahasa Asing, kemampuan muti-tasking otak kalian akan dapat teruji dan terasah dengan baik.

  • Membangun Rasa Percaya Diri

Dengan menguasai Bahasa asing berarti kalian memiliki satu kemampuan yang tidak dimiliki semua orang. Keyakinan seperti ini bisa meningkatkan rasa percaya diri kalian. Kalian juga bisa membantu teman-teman kalian untuk menerjemahkan sesuatu.

Walaupun mungkin masih malu dan takut untuk bicara dengan penutur asli, kalian tetap harus mencobanya sesekali. Belajar Bahasa baru bukan sesuatu yang mudah, butuh tekad dan ketekunan yang kuat. Lagipula kalau tahu kalian baru belajar, mereka tidak akan menertawakan kalau kalian salah. Mereka justru akan bangga karena ada orang dari negara lain yang mempelajari Bahasa mereka.

  • Memperluas Jaringan Pertemanan

Selagi belajar Bahasa asing, kalian akan banyak bertemu orang-orang baru, seperti teman kursus Bahasa kalian, teman belajar Bahasa dari internet, atau turis asing yang kalian ajak bicara di jalan. Kalian jadi bisa memperluas jaringan pertemanan dan bertemu banyak orang-orang dengan kepribadian dan budaya yang bermacam-macam. Suatu saat, kalian bisa saja membutuhkan koneksi ini, entah itu untuk sekedar jadi teman curhat atau mungkin untuk urusan pekerjaan.

  • Membuka Kesempatan Karir

Jika kalian sudah cukup mahir, kalian bisa mengambil berbagai ujian sertifikasi yang disediakan untuk tiap Bahasa. Jika skor yang didapat cukup tinggi, kalian bisa memasukkan ke dalam CV atau portofolio kalian. Nantinya jika kalian melamar pekerjaan baru, kemampuan Bahasa ini bisa menjadi nilai plus yang membedakan kalian dengan kandidat lain. Kalian juga jadi bebas memilih perusahaan dari negara yang menggunakan Bahasa yang kalian pelajari

  • Mengenal Budaya Baru

Selagi belajar bahasanya, kalian juga pasti akan bersinggungan dengan budaya di negara tersebut. Dengan mengenal berbagai jenis budaya di dunia, pikiran kalian bisa menjadi lebih terbuka. Kalian jadi bisa menghormati dan mengapresiasi berbagai perbedaan yang ada. Hal ini bisa menjadikan kalian lebih bijak dan lebih menghargai perbedaan sudut pandang manusia.

baca juga

    • Mencegah Penyakit Demensia dan Alzheimer

    Terakhir, ada manfaat dalam bidang kesehatan yang sangat penting. Demensia dan Alzheimer adalah penyakit berkurangnya kemampuan ingatan otak. Biasanya dialami oleh orang berusia lanjut. Dengan belajar Bahasa asing, kalian tanpa sadar melatih otak kalian untuk mengingat sesuatu yang baru setiap hari. Hal ini bisa menjadi faktor yang dapat mencegah atau menunda datangnya penyakit Demensia dan Alzheimer.