Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

7 Kegiatan Saat Kuliah S1 Bisa Bantu Kamu Raih Beasiswa, Apa Saja?

lister.co.idHalo fellas, masih semangat meraih beasiswa? Untuk kamu yang masih S1, pas banget nih Lister akan membahas 7 kegiatan saat kuliah S1 yang akan berguna untuk meraih beasiswa di masa mendatang. Wah! Apa saja ya kira-kira?

BACA JUGA: Sifat Negatif dan Mental yang Harus Dihindari Agar Lolos Beasiswa

Dilansir dari goabroad.com, mimpi mendapatkan beasiswa bukanlah hal yang mudah untuk diraih. Ada banyak orang juga mengejar hal yang sama dan kita pun dituntut untuk bersaing. Tapi, bukan hal yang mustahil selama kita bisa melakukan strategi yang ampuh fellas. Seperti halnya beberapa rekomendasi kegiatan selama S1 yang bisa menjadi referensi kamu.

Rekomendasi Kegiatan Saat Kuliah S1 Untuk Meraih Beasiswa Studi

kegiatan saat kuliah S1
Source: giphy.com

Menjadi Volunteer Atau Mengikuti Program Pengabdian Masyarakat

Kita bisa menjadi relawan pendidikan atau relawan sosial sehingga bisa menjadi nilai plus untuk mendaftar beasiswa. Menjadi relawan sosial atau lebih dikenal dengan sebutan volunteer, sangat diperlukan sebab dapat memperbesar peluang kita dalam mendapatkan beasiswa dari universitas luar negeri. Hal ini bertujuan untuk melihat nilai lebih dari seorang mahasiswa selain dari sisi akademis.

BACA JUGA: Cerita Tutor Inspiratif Ala Lister: Erina Prastyani, Meraih Beasiswa Studi ke Swedia

Ikut Proyek Penelitian Dosen

Selain bagus untuk menambah nilai plus saat melamar beasiswa. Dengan ikut penelitian dosen mahasiswa juga bisa mendapatkan ide latar belakang penelitian dalam menyusun skripsinya atau bahkan ide untuk riset di studi lanjut, jika kamu benar-benar menaruh minat yang besar di bidang tersebut. Selain bagus untuk CV, ikutan proyek penelitian akademis di bangku kuliah akan mendekatkan kamu dengan sang profesor atau dosen senior, yang akan berguna apabila kamu ingin meminta surat rekomendasi untuk beasiswa studi lanjut.

BACA JUGA: Cerita Tutor Inspiratif Ala Lister: Santri Juga Bisa Kuliah ke Luar Negeri, Ini Buktinya

Menjadi Asisten Dosen/Lab

Menjadi seorang asisten dosen akan menambah pemahaman kamu tentang bidang keilmuan yang sedang dipelajari. Selain itu, jika nanti kamu menjadi pemburu beasiswa, cerita pengalaman kontribusi yang telah dilakukan sebagai asisten dosen tentu sangat menambah nilai plus.

BACA JUGA: Tertarik Kuliah ke New Zealand? Simak Dulu Cerita Agung Harahap Kuliah di The University of Auckland

Kerja Part Time/ Internship NGO

Apabila kamu memilih kerja part time saat masih menjadi mahasiswa, banyak manfaat yang akan kamu dapatkan ,fellas. Selain menambah uang jajan, bekerja part time juga menambah jejaring pertemanan kamu sehingga akan menjadi nilai plus untuk ke depannya. Dalam esai beasiswa, biasanya kamu diminta menceritakan kegiatan selama S1 selain kegiatan akademis, dari sini kamu bisa bercerita pengalaman dan hal-hal yang mengubah diri kamu menjadi lebih baik melalui bekerja part time itu.

BACA JUGA: Sharing Bersama Restu Febrianto: Ternyata Begini Rasanya Kuliah di University College London, Kamu Sudah Tau?

Aktif Berorganisasi di Kampus/ Luar Kampus

Aktif di organisasi kampus membuat kita belajar bagaimana cara bersosialisasi dengan berbagai tipe orang demi mencapai tujuan atau kepentingan bersama. Individu dilatih untuk berani tampil, mengemukakan pendapat di muka umum, dan menjalankan kerja tim. Kapasitas soft skill pasti meningkat. Kita jadi paham seluk beluk public speaking, handling complain, dan mengerti persoalan administrasi serta birokrasi, Yang lebih menarik, peluang untuk mendapatkan beasiswa atau kesempatan ikut pertukaran pelajar/mahasiswa juga lebih besar. Sebab, pengalaman berorganisasi kerap menjadi nilai tambah bagi calon pelamar.

BACA JUGA: Student’s Story: Yuk Simak Cerita Audrey Agriselva Ikut Kelas Speaking Foreign

Mengikuti Kompetisi Ilmiah Mahasiswa

Kamu pasti sering mendengar beragam perlombaan ilmiah seperti PKM, LKTI, Konferensi nasional maupun internasional yang intinya kompetisi membuat publikasi ilmiah. Tahukah kamu? bahwa kegiatan semacam ini bisa menjadi poin plus saat melamar beasiswa, lho. Terlebih jika kamu sering mendapatkan juara bahkan medali.

BACA JUGA: Daftar Wanita Inspiratif yang Membuat Kamu Bersemangat Kuliah ke Luar Negeri

Ikut Pertukaran Mahasiswa Dalam negeri/Luar Negeri

Siapa bilang program pertukaran mahasiswa isinya main-main doang? Eits, ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh fellas. Apakah kamu sering mendengar program semacam PPL di Luar negeri, KKN di daerah 3T atau Luar negeri, Youth exchange di daerah terpencil, atau international education exposure. Meski terkadang kegiatannya berbayar kamu masih bisa mengusahakan sponsor dari pihak fakultas/universitas. Program ini akan menambah pengalaman yang mengasah soft skill dan berguna saat melamar beasiswa. Daftar program mentoring beasiswa bersama tutor Lister sekarang juga! Klik di sini.

BACA JUGA YUK!