Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

20 Film Animasi Jepang Terbaik untuk Belajar Bahasa Jepang

Menonton film animasi Jepang dapat menjadi pilihan kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Jepang sambil mendapatkan hiburan.

Daftar 20 film animasi Jepang berikut dapat menjadi referensi kamu dalam memilih film mana yang akan ditonton terlebih dahulu.

film animasi jepang terbaik

Anime Movie

5 Centimeters Per Second

Film ini bercerita tentang Takaki dan Akari telah menjadi teman sekelas sejak duduk di bangku sekolah dasar dan sejak saat itu mereka menjadi teman akrab. Hubungan pertemanan mereka diuji saat Akari berpindah ke kota lain karena tuntutan pekerjaan orang tuanya. Meski begitu, keduanya berjuang mempertahan hubungan pertemanan tersebut dengan surat menyurat, namun waktu dan jarak perlahan benar-benar menjauhkan mereka. Ketika Takaki menemukan dirinya akan pindah ke tempat yang lebih jauh, ia memutuskan untuk menemui Akari untuk yang terakhir kalinya.

Dengan sentuhan efek visual dan animasi yang menganggumkan, petikan bunyi piano yang emosional dan indah, serta gaya bercerita yang pelan, hanya ada satu kata yang dapat merangkum film animasi ini yaitu sempurna! Tonton film ini jika kamu penyuka kisah romantis!

Castle in the Sky

Film animasi yang memperkenalkan dunia asing yang penuh dengan bajak laut udara dan kota-kota terbang, bergabung dengan pasangan muda dalam upaya untuk menjaga kristal ajaib dari tangan seorang pria yang ambisius dan kejam.

Pencarian melewati banyak tikungan dan belokan, berakhir dengan spektakuler. Ini adalah petualangan yang menyenangkan, indah dan penuh aksi film animasi.

Cowboy Bebop: The Movie

Film animasi ini yang muncul pada tahun 2001 ini adalah film adaptasi dari anime populer berjudul Cowboy Bebop yang telah dipublikasikan di TV pada tahun 1999. Tempat yang ada di film ini berada di planet Mars pada hari sebelum perayaan Hallowen pada tahun 2071, dimana Bebop crew sedang mengikuti insiden teroris yang membunuh 400 orang.

One Piece

Bercerita tentang petualangan Monkey D. Luffy, seorang anak laki-laki yang tubuhnya memperoleh sifat karet setelah memakan Buah Iblis secara tidak sengaja. Dengan kru bajak lautnya, bernama Bajak Laut Topi Jerami, Luffy menjelajahi Grand Line untuk mencari harta karun pamungkas dunia yang dikenal sebagai “One Piece” untuk menjadi Raja Bajak Laut berikutnya.

Detective Conan (TV & Movie)

Film animasi ini bercerita tentang detektif sekolah menengah Shinichi Kudo ( yang berganti nama menjadi Jimmy Kudo dalam beberapa terjemahan bahasa Inggris) kemudian berubah menjadi seorang anak saat menyelidiki sebuah organisasi misterius dan memecahkan banyak kasus sambil menyamar sebagai ayah sahabat masa kecilnya dan karakter lainnya.

Film Anime Romantis

After The Rain

Film animasi ini bercerita tentang Akira Tachibana, murid sekolah menengah yang bekerja part time sebagai pegawai restauran, yang jatuh cinta kepada manajer. Akira berjuang memutuskan mengapa ia jatuh cinta kepada Masami, dan apakah akan mengungkapkan perasaannya padanya atau tidak.

Your Lie in April

Serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Naoshi Arakawa ini bercerita tentang  Kousei Arima adalah seorang anak yang berbakat dalam bermain piano dan selalu tampil mendominasi dalam berbagai kompetisi, sehingga menjadikannya terkenal di antara para musikus cilik. Sepeninggal ibunya membuat diri Koursei terpuruk sampai ia bertemu dengan Kaori. Kaori adalah seorang pemain biola seumuran Kousei yang bersifat ceria dan penuh semangat serta memiliki gaya bermain musik yang bebas dan ekspresif, berlawanan dengan gaya bermain Kousei yang kaku dan terstruktur. Ia pun dapat mengubah hidup si Koursei kembali.

From Me to You

Film ini adalah drama percintaan Jepang tahun 2010 berdasarkan komik manga yang berjudul sama. Tokohnya bernama Sawako Kuronuma selalu dihindari oleh teman-teman sekelasnya karena namanya menyerupai “Sadako”, karakter utama dalam film horor tahun 1998. Film animasi yang penuh akan mengasah jiwa empati penontonnya.

Blue Spring Ride

Aoharaido, dikenal di dunia internasional dengan nama Blue Spring Ride merupakan seri mangashojo asal Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Io Sakisaka. Ini memulai serialisasi pada edisi Februari 2011 dari ShueishaBessatsu Margaret dan berakhir pada Februari 2015. Film animasi ini termasuk jenis animasi yang romantis.

Your Name (Ki Mi No Nawa)

Cerita yang berpusat pada dua karakter utama. Taki Tachibana yang tinggal di kota metropolitan Tokyo dan Mitsuha Miyamizu yang tinggal di pedesaan. Suatu hari, mereka diberitahu bahwa tubuh mereka saling berpindah satu sama lain, Taki dan Mitsuha menjadi saling mengenal sampai mereka terus dipertemukan dengan kondisi yang aneh.

Animasi Kartun Jepang

Death Note

Adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis oleh Tsugumi Ohba. Bercerita tentang Light Yagami, seorang remaja jenius yang menemukan buku catatan asing disebut “Death Note”. Buku itu dimiliki Shinigami bernama Ryuk, yang memberikan penggunannya kemampuan supernatural untuk membunuh siapa saja yang tertulis namanya di buku itu.

Dragon Ball

Dragon Ball bercerita tentang seorang bocah laki laki bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda yang pandai yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball. Film kartun yang seru!

Duarara!!

Tahukah kamu film ini sering disingkat menjadi DRRR!! Durarara!! bercerita tentang seorang dullahan yang bekerja sebagai kurir di Ikebukuro, geng anonim yang berbasis dari internet Dollars, dan kekacauan yang dibuat oleh orang-orang paling berbahaya di Ikebukuro. Ada versi sekuelnya juga lagi. Keren!

Eden of the East

Film ini diadaptasi dari kenyataan oleh Kamiyama, seri ini merupakan seri penyangan yang pertama di Noitamina. Bagi mereka yang menyukai film animasi fiksi ilmiah dengan petualangan yang romantis, maka Eden of the East akan menjadi resensi dan pilihan yang menarik. Meskipun dengan imajinasi teknologi tinggi yang ditampilkan, beruntung film ini berubah menjadi sejenis animasi laga – sehingga sejumlah waktu bisa dimanfaatkan lebih pada jalan cerita yang memang agak sulit diterka dan ditangkap.

Inuyasha

Ceritanya diawali ketika Kagome Higurashi, seorang siswi sekolah berusia 15 tahun dari Tokyo yang kembali ke Jepang pada masa  Sengoku setelah jatuh ke dalam sebuah sumur di kuil milik keluarganya, tempat di mana ia bertemu dengan siluman anjing setengah manusia, Inuyasa.

One Punch Man

Adalah sebuah anime yang diadaptasi dari serial manga Jepang yang menceritakan seorang superhero yang bernama Saitama. Saitama adalah seorang bocah laki-laki yang terobsesi menjadi seorang pahlawan. Untuk mengejar impian masa kecilnya itu, ia menjalani pelatihan tanpa henti selama tiga tahun. Dalam prosesnya, Saitama kehilangan semua rambutnya hingga menjadi gundul.

Naruto

Pasti tidak asing dengan film anime yang satu ini? Film Anime naruto berkisah tentang kehidupan tokoh utamanya yang bernama Naruto uzumaki, seorang ninja yang periang, hiperaktif, tapi ambisius. Ia memiliki cita-cita untuk menjadi hokage di desa konohagakure. Gelar hokage yang dimaksud disini adalah pemimpin dan ninja terkuat di desa konohagakure.

Itulah 20 jenis film anime Jepang yang bisa menjadi referensi kamu untuk hiburan sekaligus belajar Bahasa Jepang, fellas. Untuk progress yang lebih terarah kamu juga bisa ambil kelas di kursus Bahasa Jepang Lister. Sambil menyelam minum air!

Selamat mencoba!